13 Niche Blog Bertraffic Tinggi yang Perlu Anda Coba




13 NICHE BLOG BERTRAFIK TINGGI YANG PERLU ANDA COBA


Topik, atau biasa disebut dengan istilah niche di dunia blogging adalah suatu istilah yang dimaksudkan untuk melambangkan topik yang dibahas di suatu situs, seperti berita, olahraga, kesehatan, gaming dan lain sebagainya.

1. Niche Blogger
Niche blogger adalah blog yang membahas tentang segala macam hal-hal yang terkait dengan teknik perbloggeran, dan pengunjungnya adalah sesama blogger. Blogger merupakan pengguna internet paling aktif dan bisa ditargetkan sebagai pengunjung tetap bagi blog berniche blogger. Bahkan sebuah blog berniche blogger mudah dihafal oleh pengunjungnya yang tak lain sesama blogger juga.
Niche blogger ini kurang cocok bagi publisher adsense karena pengunjungnya adalah sesama blogger, dan tidak sedikit pula pengunjungnya sesama publisher adsense. Jadi hal itu sama dengan jeruk makan jeruk. Tapi biarin ajalah karena seorang blogger biasanya menyukai artikel tentang sesuatu yang digelutinya, termasuk ngeblog. Meskipun dia seorang guru atau seorang dukun, pasti suatu saat mereka akan menulis artikel tentang cara membuat blog dkk.

2. Niche "Daftar Terbaik"

Niche "daftar terbaik" adalah sebuah niche blog dimana Anda diminta untuk memilah banyak 'hal', memberikan peringkat, dan menuliskan 'hal' tersebut kedalam sebuah daftar atau list terbaik dari kategori artikel yang dibuat. Sebagai contoh, 'daftar YouTuber terkaya', 'daftar Blogger terkaya', 'daftar film terbaik', 'daftar anime terbaik', 'daftar aplikasi android terbaik', dan lain sebagainya. Artikel pada blog yang menerapkan niche ini biasanya memiliki penulisan yang panjang, karena mereka harus mengulas setiap daftar 'hal' yang mereka masukan kedalam daftar terbaik ini dengan mencantumkan alasan kenapa 'hal' tersebut dimasukan kedalam daftar, serta kelebihan dan kekurangan dari 'hal' tersebut.Oh iya, niche blog "daftar terbaik" juga menjadi favorit saya dalam pemilihan niche yang paling banyak dicari, karena kemudahan serta tingkat persaingan yang menurut saya tidak terlalu menyulitkan. Contohnya, hanya dengan meng-copy paste sinopsis dan menambahkan sedikit ulasan dari suatu film untuk membuat artikel 'daftar film terbaik', hanya dalam kurun waktu 3 bulan artikel yang saya buat dapat menempati posisi pertama di halaman pencari dan artikel ini berhasil mendatangkan ratusan pengunjung per harinya.

3. Niche Aneh dan Unik
Niche aneh dan unik saat ini menduduki peringkat ketiga karena terlalu banyak persaingan, terutama situs besar. Banyak website besar yang juga memposting cerita aneh dan unik, misalnya 10 manusia tertinggi di dunia, 10 gunung berapi dengan ledakan paling dahsyat, 7 hewan yang makan sambil mengaum, 10 pria tercantik di dunia, dan sebagainya. Dulunya artikel aneh dan unik menjadi juara satu di search engine, tapi setelah internet mulai memasyarakat di semua kalangan di Indonesia maka artikel semacam itu dianggap artikel basi. Kini banyak pengguna internet lebih memilih artikel tentang teknologi yang berhubungan dengan internet. Niche unik dan aneh ini lumayan bagus untuk adsense karena bisa memunculkan iklan yang bervariasi. Pengunjung akan tertarik untuk mengklik iklan yang belum pernah mereka lihat daripada iklan yang setiap hari hanya itu-itu aja yang biasanya tampil di blog niche tertentu yang sangat spesifik.

4. Niche "Kesehatan dan Kecantikan"
Setiap orang pasti peduli akan kesehatan dan kecantikan (ketampanan untuk pria) mereka, dengan memiliki tubuh yang sehat, orang tersebut akan mendapatkan kemudahan dalam mencari pasangan, setidaknya, jika kamu terlihat menarik, entah itu tampan/cantik, kamu pasti bakal dikejar oleh lawan jenis. Kesehatan dan kecantikan adalah hal yang umum, semua orang bisa saja mencari informasi tentang bagaimana cara menjaga kesehatan mereka, sehingga peluang pengunjung yang didapat dari niche tentunya tidak dapat diragukan lagi. Adapun keyword yang memiliki volume pencarian tinggi dengan niche ini adalah: cara mempercantik wajah, cara memutihkan kulit, cara menghilangkan jerawat, cara membuat tubuh langsing, cara membentuk perut sixpack dan masih banyak lainnya. (Ini adalah sejumlah keyword dengan volume pencarian lebih dari 1000 pencarian untuk setiap keyword per harinya)Namun jika Anda memang tidak memiliki latar belakang pengetahuan apapun dalam bidang ini, harap jangan coba-coba untuk membuat blog dengan niche yang satu ini, karena nyawa bisa jadi taruhannya.

5. Niche "How to..."

How to, bagaimana cara, atau lebih dikenal dengan istilah tutorial adalah suatu niche blog dimana kita menghadirkan konten berupa tutorial untuk mengerjakan suatu hal.Dengan niche ini, Anda akan dapat membahas banyak hal, dan tentunya, potensi yang didapat dari pembuatan blog dengan niche ini tidaklah tanggung-tanggung, mengingat ada banyak orang yang tak terhitung jumlahnya memerlukan suatu panduan untuk mengerjakan suatu hal yang sebelumnya tidak pernah mereka lakukan. Disini, Anda dapat membagikan pengetahuan apa yang Anda tahu kepada publik, menuliskannya kedalam bentuk artikel, dan datangkan uang dari pengetahuan yang Anda miliki.


6. Niche "Vlog"

Vlog atau video blog adalah suatu blog yang kontennya dipenuhi dengan video, dan bukan artikel atau text seperti blog pada umumnya. Berbeda dengan niche niche lain yang saya bagikan disini, biasanya sumber lalu lintas vlog bukan dari organic keyword, melainkan dari sosmed dan direct access (akses langsung menuju situs). Untuk mendatangkan pengunjung, pemilik situs akan embankment tautan blog yang berisi video-video menarik yang di-embed dari YouTube, entah itu video yang berasal dari channel YouTube sendiri ataupun channel YouTuber lain.
Mereka tidak perlu repot-repot membuat artikel yang panjang ataupun menarik, cukup embed video menarik dari YouTube, bagikan tautan blog ke sosmed, dan dengan sendirinya akan ada orang yang membagikan tautan tersebut agar jangkuan audiance yang menonton video di blog tersebut semakin luas, dan dari situlah peluang vlog. Dimana semakin menarik video yang dibagikan, semakin besar pula pengunjung yang didapat.

7. Niche blog berita dan informasi

Niche blog ini paling banyak di minati di kalangan user internet, mereka rata rata datang setiap hari untuk mendapatkan informasi berita paling update. Jenis niche blog ini rata rata continues update, jadi hampir setiap hari ada artikel berita baru yang di suguhkan. Niche blog ini biasanya di kuasai oleh website papan atas, namun tidak menutup kemungkinan di gunakan oleh blog atau portal dengan sub kategori yang di pilih saja, misalnya.
Berita Politik
Berita Ekonomi
Berita kriminal
Berita Teknologi
Berita Kesehatan
Berita Olah raga
Berita Selebritis
Dan lain lain yang menyangkut informasi terupdate.


8. Niche blog sumber daya manusia dan alam

Niche blog ini menyajikan artikel yang bersifat eksplorasi terhadap sumber daya manusia dan alam sekitarnya. Biasanya antara sumber daya manusia dan lingkungan alam akan saling terkait. Niche blog ini akan tetap populer sepanjang masa, karena pengunjung membutuhkan informasi sajian yang terkait dengan hal hal di sekitar. Contoh sub niche blog tersebut adalah.
Blog tentang pertanian dan perkebunan
Blog tentang travel dan wisata
Blog yang mengulas aneka ragam budaya


9. Niche "Android"

Punya Android? Nah, kamu pasti tau kan, dalam mengoperasikan Android itu ada banyak hal yang harus kamu ketahui (terutama jika kamu gaptek), mulai dari panduan seputar tutorial, perkembangan harga gadget, keluaran gadget terbaru hingga aplikasi pendukung smartphone. Topik pembahasan Android itu luas, banyak hal yang dapat dibahas seputar Android. Jika kamu adalah salah satu orang yang maniak terhadap perkembangan gadget, kamu dapat menerapkan niche ini di blog yang kamu kelola. Peluang yang didapat dari pengembangan blog gadget ini kagak main, mengingat hampir 85% orang di jaman modern ini mempunyai setidaknya satu, atau dua smartphone, dengan banyaknya pengguna smartphone ini, pastinya volume pencarian seputar Android pasti akan meledak.

10. Niche "Komputer"

komputer adalah salah satu perangkat yang wajib dimiliki saat ini. Entah itu hanya sekedar untuk main game, mengerjakan tugas sekolah atau justru sudah mengarah ke hal yang lebih penting, seperti bekerja pada suatu hal yang membutuhkan komputer/laptop dalam mempermudah suatu pekerjaan.
Pokoknya, niche ini sudah pasti banyak dicari orang. Cangkupan pembahasannya pun tidak terbatas, dan saya yakin bahwa semua yang kamu ketahui tentang komputer tidak akan dapat memenuhi 5% dari semua hal yang berkaitan dengan komputer, karena saking luasnya knowledge seputar komputer.


11. Niche blog marketing dan bisnis online

Niche blog ini biasanya hanya fokus terhadap kegiatan marketing atau usaha online yang menghasilkan uang melalui internet, pada waktu ini dan waktu yang akan datang, jenis niche blog ini akan tetap populer. Perkembangan internet yang begitu pesat banyak di manfaatkan oleh para internet marketer untuk menggunakan niche ini sebagai penggerak usaha online.
Bisnis online
Marketing online
Toko online
Jasa online
Periklanan
Jual beli online




12. Niche "Pelajaran Sekolah"

hal yang paling ngangenin pada masa-masa sekolah saya adalah mencari referensi dari tugas yang diminta guru di Internet dan langsung melakukan copy-paste artikel yang didapat di suatu situs ke MS. Word, print, jidil, dan setor ke guru.Hampir semua anak sekolahan jaman sekarang menggunakan internet untuk mempermudah pemahaman materi yang diberikan oleh seorang guru guru.Bagi mereka yang masih sekolah, tugas adalah hal yang biasa diberikan oleh seorang guru/dosen, entah itu tugas untuk memahami suatu materi, tugas presentasi, tugas kelompok, maupun skripsi. Untuk mengerjakan semua itu, mayoritas pelajar akan mencari referensi dari Internet. Niche blog pelajaran sekolah ditargetkan untuk audiance anak sekolahan. Jadi, ada satu hal yang perlu Anda ketahui sebelum membuat blog dengan niche yang satu ini, dimana Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup luas dalam bidang pendidikan. Karena jika tidak, kualitas konten di situs Anda akan terlihat meragukan.Selain itu, pada hari libur, seperti masa libur akhir semester, blog dengan topik ini akan mengalami penurunan pengunjung yang sangat drastis. Jadi, bersiaplah untuk menghadapi suatu momen dimana penghasilan yang Anda dapat dari blog yang Anda kelola mengalami penurunan seiring dengan berkurangnya pengunjung.

13. Niche blog religius

Walaupun masuk dalam daftar niche blog paling laris urutan terakhir, jenis blog ini akan tetap abadi sepanjang masa. Kita boleh di sibukkan dengan urusan duniawi, tetapi jangan sampai melupakan hal hal yang bersifat keagamaan.Nah pasti banyak yang bisa dihitung dengan jari, siapa yang paling suka membaca blog dengan niche religius? Banyak di temukan blog dengan kategori jenis religius dan bahkan banyak di antara mereka (penulis) tidak memperdulikan uang sebagai imbalannya. Tetapi jangan salah….Banyak penulis blog ini yang menerima donatur tetap dari pihak pihak tertentu.


Kurang lebih, itulah sejumlah hal yang dapat saya sampaikan terkait topik artikel yang paling banyak dicari di Internet. Jika Anda merasa bingung atau ragu dengan apa yang saya jelaskan dalam artikel diatas, jika berkenan, silahkan tinggalkan sebuah feedback yang berisi hal yang membuat Anda ragu, dan jika memungkinkan, feedback Anda akan saya jawab secepat yang saya bisa.

0 Response to "13 Niche Blog Bertraffic Tinggi yang Perlu Anda Coba"

Posting Komentar