10 Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok


10 Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok

Anda gagal untuk menghentikan kebiasaan merokok? Mungkin ada beberapa langkah yang salah.
Coba lakukan cara ini 10 Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok

1. Niat
Sama halnya seperti kita mau beribadah. Harus ada niatnya dulu biar ibadah yang kita lakukan mendapat ridho dari Allah. Hal ini berlaku untuk anda yang mau berhenti merokok. Harus dan mesti punya niat yang kuat kalau anda itu benar-benar mau berhenti merokok.
Kalau tidak ada niat, itu namanya iseng-iseng. Biasanya sesuatu yang iseng itu jarang berhasil.

2. Tahu alasan berhenti merokok
Jika Anda ingin berhenti dari kebiasaan merokok, Anda harus tahu alasannya. Apakah itu karena dampak buruk yang dibawa oleh rokok, ingin terlihat lebih muda atau karena ingin melindungi keluarga dari asap rokok. Pilih alasan yang sangat kuat untuk bisa mengalahkan godaan merokok.


3. Berhenti Total
Sama halnya seperti proses PDKT yang terlalu lama. Bukannya bikin antusias, tapi yang ada bikin bosen. Hasilnya? Gagal! Oleh karena itu kalau memang niat berhenti merokok, ya harus benar-benar berhenti dari sekarang. Detik ini, menit ini, dan jam ini juga. tidak ada kompromi!


4. Kontrol Stres
Salah satu alasan orang merokok adalah, nikotin bisa membantu seseorang untuk lebih rileks. Setelah berhenti merokok, Anda harus menemukan cara lain untuk mengatasi stres, misalnya dengan dipijat, mendengarkan musik santai, atau mengikuti kelas yoga. Jika mungkin, sebaiknya hindari situasi stres pada minggu pertama ketika Anda mulai berhenti merokok.


5. Ubah Kebiasaan
Merokok itu awalnya cuma iseng-iseng. Ttapi akhirnya berujung menjadi kebiasaan. Bukti kalau merokok sudah jadi kebiasaan adalah ketika tiap kali selesai makan, anda buru-buru menghisap rokok. 


6. Jangan Anggap Remeh
Mungkin berhenti merokok terdengar mudah. Anda hanya perlu membuag semua rokok yang telah dibeli dan menahan diri untuk tak membelinya kembali. Sayangnya menghentikan kebiasaan ini tak semudah yang dikira. Sebanyak 95 persen orang yang mencoba untuk berhenti tanpa terapi atau pengobatan, akhirnya malah kembali merokok. Alasannya adalah ketergantungan yang ditimbulkan oleh nikotin. Otak menjadi terbiasa dengan nikotin dan membutuhkannya tiap saat.
Terus caranya buat ngilangin kebiasaan itu gimana? Gampang kok. Solusinya ya anda ganti rokok itu sama buah-buahan atau jenis makanan lain. Bisa kerupuk, keripik singkong, kue, atau lainnya.

7. Ganti Rokok dengan Permen
Biasanya perokok akan aktif merokok selain usai makan. Yaitu ketika punya banyak waktu senggang, bosan, atau saat mulut mereka benar-benar menganggur. Nah, hal ini yang benar-benar harus disiasati oleh anda yang memang berniat mau berhenti merokok

8. Lakukan terapi nikotin
Ketika Anda berhenti merokok, nikotin bisa membuat Anda merasa frustrasi, depresi, gelisah atau marah. Terapi pengganti nikotin bisa bantu atasi masalah ini. Studi menunjukkan permen karet nikotin dan lozenges bisa bantu melipatgandakan peluang Anda untuk berhenti dari rokok, bila dilakukan secara intensif. Namun hati-hati, penggunaan produk seperti ini sambil merokok tidak dianjurkan.

9. Lakukan Aktifitas Olahraga
Aktivitas fisik dapat membantu mengurangi kecanduan nikotin dan meringankan beberapa gejalanya. Bila keinginan merokok muncul, pakai sepatu olahraga Anda, dan lakukan jogging. Bahkah olahraga ringan seperti berjalan kaki ditemani hewan peliharaan, bersepeda atau berkebun juga memberikan manfaat yang berarti. Olahraga juga bisa bantu Anda menghindari kelebihan berat badan saat berhenti merokok.

10.Minta bantuan orang terdekat
Beritahu keluarga, teman dan rekan kerja bahwa Anda sedang berusaha untuk berhenti merokok. Bergabung dengan kelompok anti rokok atau berbicara dengan konselor juga bisa dijadikan salah satu alternatif. Dorongan mereka tentu memberikan peluang besar bagi Anda untuk segera menghentikan kebiasaan buruk ini.

Bagikan pengalaman dan komentar Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga artikelini  kepada rekan-rekan dan kenalan Anda.

Terima kasih


0 Response to "10 Cara Menghentikan Kebiasaan Merokok"

Posting Komentar