Advertisment

10 Sifat Buruk yang Bikin Anda Gagal Jadi Pengusaha



10 Sifat Buruk yang Bikin Anda Gagal Jadi Pengusaha


Anda memiliki mimpi untuk membangun usahanya sendiri dan menjadi pengusaha sukses. Anda ingin memiliki usaha namun seringkali anda gagal, mungkin penyebabnya bisa jadi ada pada diri anda sendiri. Berikut 10 Sifat Buruk yang Bikin Anda Gagal Jadi Pengusaha

1. BELUM MENCOBA TAPI TAKUT GAGAL
Hal yang pertama kali dan paling sering dialami oleh pemula saat akan menjalankan usaha adalah "BELUM MENCOBA TAPI SUDAH TAKUT GAGAL" , belum melakukan tapi sudah membayangkan susahnya atau sisi negatifnya  /suudzon terlebih dahulu, membentuk pikiran bawah sadar diri mereka sendiri dan membentuk benteng kemudian membatasi dirinya sendiri untuk maju untuk sukses karena terus terbawa dalam alam pikirannya TAKUT TAKUT TAKUT , GAGAL GAGAL GAGAL , maka terjadilah anda menjadi orang yang GAGAL sebelum melakukan usaha.

2. Mencari alasan ALIAS "KAKEAN ALESAAAANNN"
Banyak orang gagal karena terlalu banyak mencari alasan, alasan ga ada waktu, alasan ribet, alasan sibuk , padahal alasan sebenarnya adalah MALESSSSS. ORANG PINTAR CARI CARA ORANG BODOH MENCARI ALASAN. Banyak orang gagal karena sering kali membuat alasan. Sementara, alasan yang paling umum orang gunakan ketika tak mampu mencapai tujuan ialah kehabisan waktu.


3. Malas alias MAGER (MALAS GERAK) 
Ini adalah sifat yang membuat anda menjadi orang GAGAL. Saya tanya pada anda (Bagi yang muslim)  Apakah anda tadi pagi shalat subuh??? pasti ada yang tidak shalat subuh. Alasannya apa? MALAS , ga bisa bangun pagi, bangun kesiangan, malas kena air wudlu, dingin mending tidur aja. Orang yang gagal adalah orang yang pemalas. Sering datang terlambat, tidak suka membaca, dan tidak suka bekerja keras itu sifat yang bisa membawa Anda ke jurang kegagalan.


4. Mengeluh  ALIAS "KAKEAN SAMBAT"
Ketika menghadapi kesulitan kesusahan, rasa capek kita sering kali mengeluh. Bahkan ketika bawahan tidak bekerja dengan maksimal dengan optimal kita seringkali mengeluh tanpa memberikan solusi maupun arahan bagaimana baiknya dan bagaimana seharusnya mereka bekerja agar hasil lebih optimal.Ya Mungkin, dibandingkan dengan berbagai sifat buruk, mengeluh adalah kebiasaan yang paling bisa mematikan potensi. Alasannya, ketika mengeluh orang tidak hanya memberikan alasan bagi dirinya sendiri namun berdampak buruk bagi orang-orang di sekitar yang mendengarkan keluhan tersebut.  Jika Anda sering marah dan mengeluh, jangan terkejut jika banyak orang tidak ingin berada di sekitarmu. Pengusaha sukses tidak mengeluh dan meratap. Jika ada hal yang layak untuk dikeluhkan, mereka akan berupaya untuk mengubahnya dan bukan larut dalam kemarahan.


5. Menunda Pekerjaan Alias "NKA - NKOOOO ahire lali"
Seringkali terjadi dalam pekerjaan kita adalah kita menunda pekerjaan, ah entar aja dikerjainnya nanti masih ada waktu kok . Akhirnya karena keseringan di tunda dan ditunda akhirnya pekerjaan jadi menumpuk, dan malah jadi beban. Para pengusaha sukses dan produktif meyakini segala pekerjaan yang bisa diselesaikan lebih cepat akan mendatangkan banyak keuntungan. Dengan menyelesaikan pekerjaan lebih cepat, seseorang sebenarnya tengah menghemat tenaga.  Sebuah tindakan juga akan menggerakkan tindakan lainnya. Sedangkan, semakin Anda menunggu, menimbun pekerjaan untuk besok, semakin sulit juga meningkatkan mental dan mood untuk bekerja. Dengan mengerjakan segala sesuatu lebih cepat, seseorang sebenarnya tengah menghindari menumpuk permasalahan. 



6. Suka menyalahkan orang lain
Paling sering dalam sebuah usaha maupun pekerjaan kita mendapati ada orang yang suka sekali menyalahkan orang lain. Setiap profesi apapun itu baik pengusaha, karyawan, dan  pejabat ketika mereka gagal melakukan suatu usaha dan menyalahkan pihak lain maka bisa dipastikan dia akan menjadi orang yang tak akan pernah berhasil mereka tidak pernah introspeksi kesalahannya sendiri namun pandai mengoreksi dan mencari cari kesalahan orang , menyalah nyalahkan orang lain. 


7. Tidak Jujur
Dalam usaha apapun hindari ketidak jujuran, anda harus jujur agar anda dipercaya Misalnya barang yang anda jual adalah BEKAS ya tulis saja barang bekas jangan anda jual bekas ngaku barang ORI Kecurangan juga merupakan bagian dari ketidakjujuran, jika anda melakukan usaha dengan cara curang  lambat laut anda pasti akan terbongkar dan ingatlah pepatah "SEPANDAI PANDAI TUPAI MELOMPAT AKHIRNYA JATUH JUGA" 


8. Ragu dalam mengambil keputusan
Untuk mengambil keputusan diperlukan informasi sebanyak mungkin, namun jika terlalu lama dalam mengambil keputusan  dan menghabiskan banyak waktu dapat menghambat pekerjaan lainnya. Harus konsisten dalam mengambil keputusan yakin jika A ya A jika B ya B jangan sampai ragu-ragu. Keragu-raguan hanya akan mendatangkan kesalahan dan kegagalan.


9. Tidak punya tujuan jelas alias ORA NDUWE TARGET
Maju tidaknya sebuah usaha tergantung dari pemiliknya. Untuk itu pengusaha mesti memiliki visi yang nyata untuk memajukan usaha.
Ada cita cita yang ingin dicapai dan cari cara untuk mencapai cita-cita tersebut, jadi bukan hanya sebatas angan-angan kosong saja.


10. Sulit kerjasama
Pengusaha yang egois merasa mampu mengatur setiap aspek bisnis mereka.  Padahal sebuah bisnis bakal lebih sukses jika memiliki tim kerja yang solid. Jadi anda harus mau dan mampu bekerja sama dengan orang lain. Dalam sebuah usaha meraih kesuksesan akan lebih cepat jika dilakukan secara bersama dan bekerja sama namun akan menjadi lama dan sulit jika semua dikerjakan sendiri.



Tulisan ini saya tulis juga sebenarnya agar saya selalu ingat dan menghindari  atau tidak melakukan 10 Sifat Buruk tersebut. Jika anda ingin menambahkan tulis di bagian komentar
Jika ada Kritik dan Saran silahkan tulis di kolom komentar



Semoga bermanfaat



Wassalamualaikum,wr,wb

0 Response to "10 Sifat Buruk yang Bikin Anda Gagal Jadi Pengusaha"

Posting Komentar