11 Penyebab Tumbuhnya Jerawat


11 Penyebab Tumbuhnya Jerawat 

Wanita pasti tidak menginginkan hal ini, hal yang ditakuti oleh wanita yaitu munculnya jerawat di muka / wajah karena biasanya wanita akan trauma jika terjadi bekas kotor jerawat di muka yang tidak bisa hilang. Jika ada jerawat yang muncul di wajah anda, disarankan untuk segera menangani dan mengobatinya agar tidak menyebar ke area permukaan wajah lainnya. Jika tidak ditangani dengan benar, jerawat bisa meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan dan tentunya menjadi masalah dikemudian hari menyebabkan anda minder , tidak percaya diri dan penampilan anda menjadi kurang menarik. Jerawat bisa muncul dan berkembang karena berbagai sebab. Berikut beberapa hal yang menyebabkannya tumbuhnya jerawat:

1. Pubertas

Sebenarnya Jerawat bisa muncul pada segala usia tidak hanya para remaja saja, namun perubahan kadar hormon selama masa pubertas sering dikaitkan sebagai salah satu penyebabnya. Saat sedang dalam masa pubertas, produksi hormon testostero meningkat yang menyebabkan meningkatnya produksi sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak. Nah kelebihan minyak ini lah yang menyembabkan tumbuhnya jerawat.

2. Perubahan Hormon

Tidak selalu remaja, orang dewasa pun memiliki risiko mempunyai jerawat. Umumnya hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan kadar hormon. Hal ini seringkali terjadi pada perempuan, karena pada masa-masa tertentu terjadi perubahan hormon yang signifikan. Sebut saja saat masa menstruasi, pada saat ini biasanya jerawat muncul menjelang menstrusi. Selain itu perubahan hormon juga terjadi pada ibu hamil yang biasanya menyebabkan munculnya jerawat pada 3 bulan pertama masa kehamilan.

3. Make up Berlebihan

Bagi perempuan, penggunaan kosmetik wajah yang berlebihan dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat. Hal ini diperparah jika pemakaian kosmetik tidak diimbangi dengan membersihkan wajah secara teratur. Sebenarnya tidak hanya berlebihan saja, pemakaian kosmetik atau make up yang tidak cocok dengan jenis atau kondisi kulit pun dapat mengakibatkan munculnya jerawat. Jangan pakai make-up secara berlebihan. Obat jerawat sebaiknya digunakan sebelum menggunakan make-up, kemudian dibersihkan menjelang tidur. Untuk kulit berjerawat, pilih make-up dengan label bebas minyak dan tidak menyebabkan komedo (non-comedogenic). Ada pula jenis make up yang membantu menyembunyikan jerawat.

4. Asupan Makanan yang Tidak Sehat
Beberapa dari kita mungkin pernah mendengar bahwa ada beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Hal itu tidak sepenuhnya salah, karena makanan yang mengandung lemak tinggi dan tergolong tidak sehat bisa memicu produksi sebum berlebihan dan akhirnya muncul jerawat.

5. Memencet Jerawat
Seringkali jerawat yang tidak kunjung hilang atau malah membesar membuat kita geram ingin memencetnya supaya cepat hilang. Tapi apa tangan Anda bersih saat memencetnya? Terlepas dari kebersihan tangan, memencet jerawat yang sedang meradang memang akan menambah parah kondisinya. Karena saat Anda memencetnya, Anda malah menekan sumbatan pori makin dalam yang mengakibatkan bekas jerawat. Tindakan ini hanya akan menyebabkan masalah lebih lanjut. Memencet jerawat hanya akan menekan sumbatan pori ke bagian kulit yang lebih dalam, sehingga menyebabkan bekas jerawat. Memencet jerawat hanya akan membuat proses penyembuhan berlangsung lebih lama. Gunakan obat jerawat langsung pada lokasi jerawat yang akan menghentikan jerawat hingga akhirnya akan semakin mengecil. Tangan sebaiknya seminimal mungkin menyentuh wajah yang berjerawat, sebab minyak dari tangan dapat menyumbat pori-pori yang hanya akan memperparah jerawat.



6. Sering mencuci wajah
Kebanyakan orang beranggapan bahwa salah satu penyebab munculnya jerawat adalah kurang rajin mencuci wajah. Oleh sebab itu mereka mencuci wajah dengan frekuensi yang lebih sering dalam sehari, misalnya 3-4 kali. Nyatanya cara ini malah meningkatkan risiko jerawat muncul, mengapa? Karena saat Anda terlalu sering mencuci wajah, produksi minyak di wajah akan berkurang yang menyebabkan kulit akan terus memproduksi minyak berlebih. Karena itu Anda cukup mencuci wajah 2 kali sehari dengan produk pembersih wajah yang ringan. Mencuci muka cukup hanya dua kali. Gunakan air hangat dan sabun pembersih muka yang ringan. Hindari menggunakan kain waslap saat mencuci muka, cukup gunakan jari untuk membantu meratakan sabun pembersih.


7. Ponsel Kotor
Sadarkah Anda bahwa ponsel yang selalu berada di genggaman kita merupakan barang yang kotor? Mungkin sebagian dari kita belum tahu, atau sudah menyadarinya namun membiarkannya. Ponsel termasuk barang yang kotor adalah fakta, hal ini dibuktikan melalui penelitian yang mengatakan bahwa ponsel 18 kali lebih kotor serta mengandung banyak bakteri jahat dibandingkan pegangan pintu pada toilet umum. Cukup mengerikan? Tidak hanya itu, ponsel juga menjadi sarang tempat berkembang biaknya bakteri. Ponsel menjadi sarang bakteri karena kita sering menggeggamnya dalam segala kondisi tangan, tidak peduli kotor, berminyak dan lainnya. Kemudian kita sering menempelkan ponsel pada kulit sensitif yang dapat memicu munculnya jerawat, pada saat mengangkat panggilan telepon misalnya. Ponsel yang baru selesai dipakai menelepon akan terkena minyak dan keringat. Apalagi jika tekanan pada pipi kemudian memicu jerawat pecah. Jika kotoran tersebut tidak dibersihkan sebelum digunakan kembali, maka akan kembali ke kulit wajah beserta bakteri yang sudah berkembang. Jangan malas membersihkan layar ponsel. Sebagai alternatif, gunakan ear phone atau fasilitas lain yang memungkinkan wajah tidak menempel pada ponsel.


8. Stres

Stres memang menjadi biang dari berbagai macam masalah kesehatan, termasuk jerawat. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa stres dapat memicu kondisi jerawat menjadi lebih buruk. beberapa orang yang mengalami straes terbukti memiliki kecendrungan berjerawat di bandingkan dengan orang yang tidak stress.

9. Lingkungan

Lingkungan sekitar tempat tinggal Anda, atau tempat Anda bekerja juga memiliki andil dalam memicu jerawat. Misalnya lingkungan yang berminyak dari pabrik atau dapur, selain itu kondisi cuaca panas, tempat yang kotor, berdebu, atau tempat yang lembab , kering juga dapat mempercepat tumbuhnya jerawat.

10. Obat-obatan

Beberapa jenis obat juga bisa menjadii penyebab munculnya jerawat, seperti obat-obatan yang digunakan untuk pasien epilepsi dan jenis-jenis depresi, kortikosteroid, beberapa lithium atau barbiturat.

11. Makanan Berminyak

Salah satu penyebab munculnya jerawat saat ini adalah karena asupan makanan olahan yang berminyak. Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang digoreng dan diproses dapat memicu kelenjar minyak Anda dan memproduksi sebum, yang menyebabkan komedo dan jerawat. Untuk itu kurangilah makan makanan yang di goreng seperti tempe goreng, ayam goreng, kentang goreng , dll.

Demikian Semoga Artikel ini bermanfaat
Jika ada kritik dan saran silahkan ketik di kolom komentar !!!




0 Response to "11 Penyebab Tumbuhnya Jerawat "

Posting Komentar