12 Kegiatan yang Hanya Membuang-buang Waktu


12 Kegiatan yang Hanya Membuang-buang Waktu

Ada pepatah mengatakan "waktu adalah uang" time is money, dan "waktu tidak bisa diputar kembali". sisi dan makna dari pepatah pertama bukanlah waktu itu uang yang sebenarnya. namun, hanya menyuruh kita untuk menghargai waktu sebaik mungkin dan tidak membuang-buang waktu. Kemudian, inti dari pepatah yang kedua adalah kadang kita akan menyesal karena sudah melakukan hal yang sia-sia, tidak penting. membuang-buang waktu dan sebagainya. Ingat bahwa waktu itu tidak akan pernah kembali ke masa lalu.

Kadang kita kita tidak sadar dan baru mengetahui bahwa kegiatan itu tidak ada hasil nya. kita bisa melihat kembali dan menyadari apakah aktivitas yang sekarang kita kerjakan tidak membuang-buang waktu kita yang berharga. karena tidak jarang, seseorang akan sadar bahwa ia sudah melewatkan banyak waktu dan menghabiskan waktu yang ia miliki setelah mengetahui tak banyak hal yang sudah dilakukannya lalu menyesalinya. untuk itu pentingnya time management atau management waktu, anda harus bisa membagi waktu anda dan melakukan hal- hal yang bermanfaat dan mengurangi hal hal yang sekiranya hanya membuang-buang waktu saja.

Ada beberapa hal yang sering kali disesali banyak orang karena tidak melakukannya dan menyadari bahwa apa yang di lakukan sebenarnya hanya menyia-nyiakan dan membuang-buang waktu karena apa? karena tidak ada hasilnya misalnya tidak menghasilkan uang atau tidak ada manfaatnya. ingat kata bang Roma Irama "Begadang boleh begadang kalo tiada artinya begadang boleh saja asal ada gunanya".


1. Media Sosial
Kegiatan pertama yang hanya membuang-buang waktu kita adalah media sosial. kadang kita berpikir bahwa media sosial bisa mengatasi rasa bosan kita, kita mungkin berpikir akan hanya mengecek sejenak media sosial seperti Facebook, Instagram Twitter dan BBM, Atau kamu sering memiliki pola pikir hanya ingin menonton sejenak video di youtube. Namun tanpa disadari, satu jam sudah berlalu. kamu mungkin berpikir akan menyudahinya 5 menit lagi. hal ini akan kamu teruskan lagi setelah 5 menit berlalu hingga akhirnya kamu lupa waktu karena mengurusi media sosial milik mu. Tidak jarang diantara pasti selalu mengecek media sosialnya beberapa kali dan satu jam, namun kecanduan terhadap media sosial ini tidaklah baik dan hanya membuang-buang waktu. kita harus mempunyai waktu tertentu untuk memeriksa media sosial kita seperti pagi hari atau malam sebelum tidur.


2. Menjelajah Online yang tidak penting
 Kemudian. salah satu kegiatan yang hanya menyia-nyiakan waktu kita adalah menelusuri internet yang tidak penting. Ya, kita semua pasti pernah broswing di internet. internet juga dapat membuat kita lebih cerdas karena pusat informasi yang mudah untuk didapat. namun, hal ini akan menjadi negatif bila kita browsing yang tidak penting, seperti melihat artis idolamu, mengepoi pusat belanja online yang bahkan kamu tidak berencana membeli sesuatu. sesekali tak apa karena untuk melepas kepenatan yang kita rasakan, namun ada baiknya jika kita mengakses internet dan menjelajahi internet untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat dan mencerdaskan kita.


3. Menonton siaran video atau TV yang tidak bermanfaat
 Penyebab yang paling sering membuat waktu seseorang jadi terbuang percuma ialah terlalu banyak menonton televisi. Ya, memang di dalam televisi banyak sekali hiburan yang disuguhkan, tetapi kebanyakan isinya adalah sesuatu yang tidak mendidik dan bermanfaat. Sebagian besar acara televisi didominasi oleh sinetron, reality show, talkshow, dan drama. Aktivitas yang hanya membuang waktu kita adalah menonton video atau tv yang tidak bermanfaat. ya, sekarang sangat banyak dan beragam acara-acara televisi dan video-video berbagi. Pilihlah siaran yang bermanfaat dan mendidik untuk kita, pelajaran kehidupan dan sebagainya

4. Bermain Game
Perkembangan teknologi khususnya dibidang Game memang sudah sangat pesat berkembang, kamu mungkin mengenal PS, atau game smartphone dan lain sebagainya. ya, kita mungkin merasa kacunduang dengan game-game yang asyik dimainkan, ada juga diantara kita lupa waktu karena merasa penasaran terhadap game yang menantang. kemudian, ada juga bermain game hanya untuk memanfaatkan waktu luang dan salah satu cara menghilangkan bosan secara cepat. Namun dengan begitu, ketika bermain game, cobalah untuk tidak lupa waktu karena keasyikan bermain, dengan cara kita bisa mengaktifkan zona set waktu otomatis jika memungkinkan.

5. Terlalu sering mengatakan Ya
Tidak hanya aktivitas kita saja yang dapat membuang-buang waktu, tapi sifat kita pun bisa membuang-waktu kita. nah yang satu ini mungkin terlihat baik, Namun kenyataanya seringkali tidak seperti itu. kadang kita berpikir menjadi terlalu baik bukanlah jalan yang kita kehendaki. kita ingin membantu seseorang atau kita merasa tidak enak jika menolak sehingga menjawab ya ketika sebenarnya ingin mengatakan tidak. mendapati diri berjuang menyelasaikan sesuatu yang sebenarnya tidak ingin dilakukan dan tidak perlu untuk melakukannya. karena kita sudah terlanjur mengatakan ya terlalu sering. sebenarnya tidak ada apa-apa untuk mengatakan tidak jika kita tidak bisa dan mampu melakukannya.

6. Bermalas-malasan
Salaha satu aktivitaas dan kegiatan yang hanya membuang-buang waktu kita adalah bermalas-malasan. memang, malas adalah sifat alami manusia. semua orang pasti mengalaminya. namun hal ini tidak baik jika malasnya sudah berlebihan. bahkan untuk bangun dari tempat tidur pun sulit. sadar atau tidak, berada diposisi dan kondisi yang nyaman akan membuang banyak waktu tang kita miliki.

7. Membicarakan orang
Mengobrol selama itu bermanfaat dan menambah pengetahuan sih tidak masalah, malah dianjurkan agar kamu semakin pintar. Tapi jika ujungnya kamu malah membicarakan keburukan orang lain dan obrolan-obrolan yang gak jelas, lebih baik tinggalkan atau diam. Membicarakan sesuatu yang jelek tentang orang lain tidak akan memberi manfaat apapun untukmu.  Sama saja kamu membuang waktumu yang berharga. Coba bayangkan efek tidak bergosip, pekerjaanmu akan selesai lebih cepat. Jika pekerjaan selesai lebih cepat, waktu bersantai yang lebih lama pun bisa kamu dapatkan.

Ini adalah sesuatu yang harus kita perhatikan. kadang kamu tidak mau dibicarakan orang, namun kamu sendiri hobi membicarakan orang. apa alasan kamu untuk membicarakan orang.  kamu ngefans, kagum, iri atau apa ? tidak jarang, ketika kita membicarakan orang lain hanya hal-hal buruk dan negatif tentang orang tersebut. coba bayangkan jika kamu dibicarakan pada orang. bagaiaman perasaanmu. maka dari itu sebaiknya jika sedang membicarakan orang, bicarakanlah seputar yang baiknya saja. karena bicara yang baik akan selalu balik kepada pembicaranya. terlepas dari hal itu, membiacakan orang juga adalah sesuatu hal yang hanya membuang-buang waktu, So, daripada membicarakan orang, lebih baik kita yang dibicarakan orang.

8. Terlalu memikirkan apa kata orang
Sesekali kamu memang perlu mendengar pendapat orang lain, karena itu membantumu menjadi orang yang lebih baik. Tapi tak segala apa yang dikatakan orang perlu didengar. Akan selalu ada komentar negatif yang akan kamu terima, dan mendengarkan semua komentar orang adalah hal sia-sia yang kamu lakukan.

9. Berlarut-larut dalam penyesalan karena suatu kesalahan
Kebiasaan sering mengeluh tanpa kamu sadari telah membuang banyak waktumu. Ketika mengeluh, perasaan memang jadi lega. Tetapi kalau keseringan mengeluh tentang perubahan yang terjadi dalam hidupmu, itu sama sekali tidak ada manfaatnya. Lima menit waktu yang kamu pakai untuk mengeluh dama dengan 5 menit kamu membuang waktumu untuk bersyukur. 
Setiap orang pasti melakukan kesalahan, besar maupun kecil. Tapi dari situlah kita belajar jadi lebih baik dengan cara tidak melakukan kesalahan yang sama lagi di kemudian hari. Tapi menyesali kesalahan terus-terusan adalah hal yang bodoh dan sama sekali tidak perlu untuk dilakukan.
Kamu tidak akan bisa maju karena kamu terjebak pada masa lalu. Sebuah penelitian menemukan, bahwa ketika kamu terlalu menyesali suatu hal dan tenggelam dalam rasa bersalah yang mendalam, kamu cenderung akan melakukan kesalahan yang sama. untuk itu buanglah rasa penyesalan tersebut dan bangkitlah dari masa lalu.

10. Memulai hari tanpa rencana
Tentu saja kita harus mempunyai waktu untuk kita bersantai dan mengisi energi serta menghilangkan sejenak beban pikiran kita.  Namun jika kita merasa itu bukanlah yang kita inginkan untuk menghabiskan waktu luang kita. maka kita harus mempunyai suatu rencana dalam pikiran kita. dan memiliki tujuan yang ingin dicapai adalah suatu ide yang baik.

11. Melakukan Pekerjaan yang Tidak Kamu Sukai  atau Tidak Sessuai dengan Passion Kamu
Membuang waktu yang paling efektif adalah dengan melakukan sesuatu yang tidak kamu sukai tapi tetap dikerjakan. Kamu mengerjakan pekerjaan tersebut hanya untuk membahagiakan orang lain, dan mengabaikan kebahgiaan dirimu sendiri. Hidupmu tidak bermakna karena melakukan semuanya serba terpaksa. Belajarlah menolak berbagai permintaan yang tidak kamu sukai. Berikan mereka pengertian yang baik mengapa kamu sampai menolak permintaan mereka, dengan begitu mereka akan lebih memahami kamu dan kamu pun bisa berhenti membuang-buang waktu. Orang sukses adalah orang yang mengatakan “tidak” terhadap hampir semua tawaran.

12. Berpura-pura Bergaul atau Nongkrong
Buat apa membuang waktumu percuma hanya untuk bergaul dengan orang-orang yang sebenarnya tidak kamu suka? Hidupmu terlalu singkat untuk dihabiskan hanya untuk berteman dengan ornag yang tidak memberi manfaat pada hidupmu. Alhasil, waktumu hanya terpakai sia-sia untuk menyenangkan orang lain. Untuk membuat orang suka akan keberadaanmu. Ujungnya kamu akan lelah karena berusaha membuat orang-orang untuk menyukaimu dengan susah payah. Hingga pada akhirnya,kamu jadi kehilangan diri sendiri.


0 Response to "12 Kegiatan yang Hanya Membuang-buang Waktu"

Posting Komentar