13 Cara Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum


13 Cara Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

Berbicara di depan umum bagi beberapa orang adalah suatu hal yang menakutkan sebagai contoh misalnya dalam rapat atau kegiatan perusahaan. Muncul rasa "deg-deg'an" atau grogi saat berbicara di depan umum adalah hal biasa bagi orang yang belum terlatih berbicara di depan umum,  walaupun sebenarnya berbicara di depan umum memiliki nilai positif bagi kita sebagai karyawan seperti dikenal oleh rekan kerja dari divisi lain atau menyampaikan usulan yang membangun. Berbicara di depan umum juga termasuk dalam kategori sebuah keterampilan, terutama jika Anda ingin melanjutkan karir yang lebih tinggi dan juga profesional. Akan tetapi, tidak semua karyawan memahami dampak positif tersebut. Bagi mereka, berbicara di depan umum merupakan hal yang menakutkan. Bagi yang belum terbiasa berbicara di depan umum pastinya akan merasa malu dan tidak percaya diri. Tak mengherankan, mereka memilih diam dalam suatu rapat atau kegiatan sejenis. Jika Anda salah satu dari mereka dan ingin keluar dari kondisi tersebut, jangan khawatir. Berikut 13 Cara Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum

1. Mengorganisir Keperluan Presentasi dengan Baik ,Lakukan persiapan sebaik mungkin

2. Lawan Rasa Malu Pada Diri Anda Sendiri

3. Coba untuk Membayangkan Kesuksesan Anda ketika Berbicara di Depan Umum

4. Mulai Berbicara di Depan umum dengan Melakukan Sesuatu dari Hal yang Terkecil dan Mudah

5. Berbicara dengan gaya Anda sendiri

6. Beratih dan Berlatih Lagi

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok

7. Mencoba Menjadi Diri Sendiri ketika Berbicara di Depan Umum

8. Fokus Pada Materi yang Dibawakan, Bukan Pada Audiens Anda

9. Ajukan pertanyaan kepada audience

10. Jalin Kedekatan dengan Audiens dengan Cara Kontak Mata

11. Berdoa terlebih Dahulu Sebelum Berbicara di Depan Umum

12. Cari Mentor Terbaik untuk Melatih Anda Berbicara di Depan Umum

13. Berdoa Sebelum memulai berbicara

jika anda akan berbicara di depan umum, buang rasa malu yang menyelimuti Anda. Berbicara di depan umum butuh persiapan, teknik, dan latihan. Dengan menerapkan cara-cara di atas, Anda akan mendapatkan ketiga faktor tersebut.

Teruslah menerapkannya sehingga menjadi kebiasaan yang akan mengubah Anda dari seorang karyawan yang takut menjadi ketagihan berbicara di depan umum. 

Terusalah mencoba jika ada kesempatan, semakin sering Anda mencoba, maka semakin berani dan semakin pintar Teruslah mencoba untuk berbicara di depan umum maka rasa deg-deg'an atau grogi anda akan berkurang dan lambat laun hilang. Anda berbicara di depan umum. Jadilah karyawan yang memiliki kemampuan berbicara yang hebat di depan umum.


Bagikan pengalaman dan komentar Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga artikelini  kepada rekan-rekan dan kenalan Anda.


Terima kasih

0 Response to "13 Cara Mengatasi Rasa Takut Berbicara di Depan Umum"

Posting Komentar