20 Ide untuk Startup yang Menarik


20 Ide untuk Startup yang Menarik

Mungkin dari kalian ada yang bingung mencari ide untuk startup kalian, awal membangun sebuah startup pasti membutuhkan ide atau gagasan agar startup yang kalian bangun nanti bisa menarik untuk dipasarkan , tidak hanya menarik namun juga memberi solusi bagi permasalahan banyak orang. Nah kali ini akan kita bahas contoh-contoh nama startup berikut ide berdirinya startup tersebut , agar anda bisa mencontoh maupun mengambil ide mereka untuk kemudian anda kembangkan menjadi startup versi anda sendiri. Ya bagaimanapun saat anda kesulitan anda pasti butuh contoh atau ide orang bukan ? bukan berarti 100% mencontek namun mungkin anda membuat yang mirip walaupun sejatinya adalah pengembangan dari ide yang pernah anda baca dari artikel ini.


1. Sejuta Bata
Sejuta Bata adalah platform yang bisa memudahkan kamu untuk berinvestasi pada bisnis properti, tanpa memerlukan modal yang besar. Lewat sistem crowdfunding, kamu bisa membeli sebuah properti bersama-sama dengan para pengguna lain. Properti tersebut kemudian bisa kamu sewakan atau jual, agar bisa mendapat keuntungan.
kategori Industri: Fintech, Properti

2. Rainbow
Rainbow adalah platform yang berusaha menghadirkan produk cat rambut yang organik, halal, dan lebih murah, untuk masyarakat Indonesia.
kategori  Industri: E-Commerce, Kecantikan

3.OrbLeaf 
OrbLeaf adalah sebuah development kit yang memungkinkan kamu untuk membuat berbagai jenis aplikasi, mulai dari sistem Point of Sales (PoS), hingga program loyalty.
kategori Industri: Internet of Things (IoT)

4. Kombucha
Kombucha adalah sebuah startup yang ingin memopulerkan produk olahan teh fermentasi yang memang bernama Kombucha. Mereka berniat untuk menjangkau pasar yang besar dengan cara menggandeng e-commerce, serta startup katering.
kategori Industri: E-Commerce, Makanan

5.RisetKita
RisetKita adalah platform yang bisa menghubungkan para pelaku UKM yang memerlukan data riset, dengan para pelaku riset di Perguruan Tinggi maupun lembaga riset lainnya. Lewat situs yang mereka sediakan, kamu bisa mengajukan sebuah topik riset, lengkap dengan biaya yang kamu tawarkan untuk pelaku riset tersebut.
kategori Industri: Pendidikan


6. TravPic
TravPic adalah marketplace yang bisa menghubungkan kamu dengan fotografer profesional di berbagai kota. Berbeda dengan startup serupa seperti Frame A Trip dan SweetEscape, mereka menetapkan biaya yang lebih murah, yaitu sekitar US$50 (sekitar Rp666 ribu).
kategori Industri: On Demand, Travel


7. PinterNgomong
PinterNgomong adalah sebuah platform yang bisa membantu kamu belajar cara berbicara di muka umum. Selain menghadirkan fitur belajar online yang berbentuk teori, mereka pun membuat fitur online untuk mempraktikkan keahlian berbicara. Sekarang juga berkembang startup seperti RUANG GURU dimana siswa dapat belajar diluar kelas biasa dengan hanya menggunakan aplikasi pada handphone, istilah kerennya les privat dari hp.
kategori Industri: Pendidikan

8. Prooqie
Prooqie adalah platform rekrutmen untuk para lulusan baru (fresh graduate). Lewat situs yang mereka sediakan, kamu bisa meningkatkan keahlian, serta memamerkan portofolio kamu agar bisa dilihat para calon pemberi kerja.
kategori Industri: Rekrutmen


9. Eatever
Eatever adalah platform yang bisa menghubungkan kamu dengan para ibu rumah tangga yang mempunyai keahlian memasak. Mereka akan melakukan kurasi terhadap setiap ibu rumah tangga yang ingin bergabung, demi memastikan kualitas makanan yang mereka sediakan.
kategori Industri: On Demand, Makanan

10. Brovest
Brovest adalah platform crowdfunding yang memungkinkan kamu untuk memberikan modal kepada bisnis restoran. Sebagai gantinya, kamu akan mendapat kepemilikan saham dari restoran tersebut.
kategori Industri: Fintech


11. HighRise
HighRise adalah platform yang bisa memudahkan para perusahaan dan head hunter untuk mendapat informasi karyawan yang berkualitas. Dari setiap karyawan yang diterima oleh perusahaan atau disalurkan oleh head hunter, mereka akan menarik sejumlah komisi.
kategori Industri: Rekrutmen

12. Egshare
Egshare adalah sebuah aplikasi yang bisa memudahkan kamu untuk menemukan stop kontak dan jaringan wi-fi di sekitar kamu yang bisa dipakai. Agar aplikasi tersebut bisa menemukan stop kontak yang tidak terpakai, Egshare menyediakan sebuah alat khusus untuk pemilik toko atau restoran.
kategori Industri: Internet of Things (IoT)

13.Gantiin
Gantiin adalah aplikasi yang bisa memudahkan kamu untuk menemukan para pekerja lepas yang bisa membantu kamu selama beberapa jam saja.
kategori Industri: On Demand, Rekrutmen

14. T-Farmer
T-Farmer adalah marketplace yang bisa menghubungkan kamu dengan para petani. Hal ini dianggap bisa memutus rantai distribusi produk pertanian yang saat ini cukup panjang.
kategori Industri: E-Commerce, Pertanian.

15. Mahoni

Startup asal Indonesia ini berhasil mengembangkan aplikasi BSE yang bekerja pada platform mobile Android dan iOS. Aplikasi ini menyediakan ebook gratis untuk anak-anak sekolah, mulai SD hingga SMA melalui platform mobile. Platform mobile ini dianggap lebih mudah dijangkau oleh pengguna. Terdapat sekitar 1300 buku pelajaran dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas yang dapat diunduh secara gratis melalui aplikasi ini. Sejak diluncurkan untuk platform mobile pada 15 Juli lalu, aplikasi BSE telah digunakan untuk mengunduh sekitar 20 ribu buku per hari.

16. Qraved
Qraved, sebuah jejaring sosial baru yang terfokus dalam pencarian tempat makan dan berbagi foto makanan favorit telah diluncurkan dalam versi beta. Qraved memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pengalaman kuliner terbaik dan membagi pengalaman tersebut melalui fitur photo sharing. Pengguna lain dapat meng-upvote foto makanan tersebut dengan meng-klik 'Qrave it'. Selain fitur pencarian dan photo sharing, pengguna Qraved juga dapat melakukan reservasi pada restoran yang tergabung di jejaring sosial ini. Selain Jakarta, nantinya fitur-fitur Qraved akan dapat digunakan di beberapa kota besar lainnya di Indonesia, seperti Surabaya dan Bali.

17. KreditAja
KreditAja merupakan versi Indonesia dari situs Garage Loan. Situs Kredit Aja memperkenankan pengguna internet yang ingin mendapatkan pinjaman secara mudah, praktis dan cepat. Dengan mengakses alamat situs tersebut, semua transaksi dapat dilakukan secara online serta lebih menyingkat waktu para pencari pinjaman. Selain sebagai sarana untuk mencari pinjaman kredit, situs Kredit Aja juga memberikan kesempatan bagi para kreditur untuk memberikan pinjaman secara langsung. Melalui sistemnya, Kredit Aja mampu mencocokkan Customer dan Kreditur sehingga keduanya mendapatkan kesepakatan pinjaman yang paling menguntungkan.

18. TipsDokter
TipsDokter merupakan situs layanan kesehatan online gratis besutan pengembang asal Indonesia. Dalam situs ini terdapat beberapa fitur menarik, salah satunya adalah 'Health A-Z'. Fitur ini mengusung lebih dari 100 artikel kesehatan mengenai gejala, diagnosis dan perawatan dari berbagai macam penyakit. Sejak diluncurkan pada bulan Mei 2012 yang lalu, TipsDokter telah memiliki sekitar 13 ribu pengguna aktif.

19. FontPro
Startup asal Indonesia ini berusaha mengambil celah lain dalam ruang stratup, typografi dan font type. Terdapat lebih dari 20 ribu jenis font yang tersedia secara gratis dalam situs FontPro. Dengan tampilan situs yang rapi, pengunjung akan dengan mudah mencari dan memilih font yang diinginkan. Browsing dan downloading juga tersedia dalam format umum, seperti HTML dan CSS.

20. Jalan2
Situs ini menyediakan review mengenai tempat-tempat wisata, baik di dalam maupun di luar Indonesia. Dengan adanya review ini, pengguna internet yang sekaligus penggemar travelling akan mendapatkan gambaran mengenai tempat yang akan dikunjunginya. Atau minimal dapat mendapat pengetahuan baru mengenai tempat wisata yang belum pernah dikunjungi. Dalam situs ini juga disediakan forum diskusi bagi para traveller. Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan jika bergabung dengan forum ini. Traveller akan dapat saling berbagi pengalaman travelling. Selain itu juga dapat bertemu teman-teman sesama traveller dari seluruh Indonesia dengan mengikuti gathering yang diadakan oleh Jalan2.com.



Ide kearifan lokal dari Indonesia tentang pertanian, peternakan, perikanan, atau karakter sosial masyarakat misalnya, bisa menjadi sumber inspirasi dalam pembuatan sebuah startup. Dan mungkin bisa menjadi penyegar dari ide-ide startup yang cenderung tidak bervariasi. Saat anda memerlukan ide anda jangan bayangkan startup-startup besar yang sudah jadi seperti saat ini misal gojek, tokopedia, bukalapak, traveloka, tiket*com , anda cukup membayangkan akan membuat website atau aplikasi mobile apa yang bisa membantu orang memecahkan masalahnya,  kemudian aplikasi tersebut memang bermanfaat , jadi jangan bayangkan yang berat berat dulu , bayangkan yang sederhana yang simpel, itu startup besar kan ada juga karena ide yang kecil terlebih dahulu baru berkembang-berkembang hingga menjadi sebuah perusahaan besar.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat
Jika ada kritik dan Saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

0 Response to "20 Ide untuk Startup yang Menarik"

Posting Komentar