17 Kelebihan Berjualan Secara Online


17 Kelebihan Berjualan Secara Online

Mengapa supermarket dan mall kini sepi pembeli? salah satu sebabnya adalah perubahan trand jual beli ke arah online.  Pembeli sekarang mulai terjangkiti oleh penyakit MAGER .Apa itu penyakit MAGER? ya, penyakit MALas GERak . Penyakit ini menyebabkan toko online semakin subur karena dengan masalas bergerak malas antri dikasir, malas membuang waktu untuk jalan-jalan itu berarti meningkatkan jumlah pembelian secara online. Mengapa demikian? mungkin anda bertanya apa sih kelebihan jualan online, kelebihan membeli secara online dibandingkan membeli di mall ? Berikut akan saya berikan 17 Kelebihan Berjualan Secara Online  agar anda semakin yakin dan tahu bahwa berjualan secara online dan membeli secara online itu banyak kelebihan dan manfaatnya.

17 Kelebihan Berjualan Secara Online :

1. Tidak perlu mengelurkan biaya lebih untuk menyewa toko secara fisik
Kelebihan jualan online yang pertama adalah anda tidak perlu repot-repot memiliki sebuah toko ataupun menyewa toko secara fisik. Ya, toko online anda bisa menggunakan berbagai macam platform dan media yang tersedia di dalam dunia internet. Karena itu, saat ini banyak sekali user yang berjualan online, karena kelebihan dari jualan online yang satu ini, yaitu tidak perlu membayar biaya tambahan untuk menyewa ataupun membeli sebuah toko yang ada secara fisik, yang pasti harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan hanya mengembangkan sebuah toko di dunia maya. ini berarti Efisiensi biaya operasional, Beriklan di situs online dan melalui penyedia iklan online lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan iklan secara offline. Hal ini jelas terlihat dari biaya yang kita butuhkan dan perlengkapan pendukung yang bisa terjangkau dan relatif murah.

2. Kemudahan pengelolaan Sumber Daya Manusia
Saat menjalankan pemasaran secara online, anda tidak perlu menggunakan banyak karyawan karena sistem yang digunakan berbeda. Karyawan anda hanya melakukan administrasi penjualan hingga menyiapkan proses pengiriman barang, dan melayani saat ada pelanggan yang mengalami kesulitan dalam pemesanan barang.

3. Dapat menekan harga, sehingga membuat harga jual menjadi lebih murah
Keuntungan dan juga kelebihan jualan online berikutnya adalah user alias penjual toko online mampu menekan harga, sehingga harga jual sebuah barang di pasaran bisa menjadi lebih kompetitif. Anda bisa menggunakan insting anda dalam berjualan, agar harga dari barang yang anda jual bisa ditekan semaksimal mungkin, namun tetap memberikan keuntungan bagi anda selaku pemilik toko online.

4. Omset yang tinggi
Omzet dari penjualan menggunakan pemanfaatan dari toko online juga tergolong tinggi. toko online yang sudah memilik target pasar yang jelas, serta sudah berkembang, bisa memiliki omzet yang sangat besar, sehingga hal ini akan menyebabkan banyak sekali orang tergiur akan kesuksesan berjualan dengan menggunakan sistem toko online, ataupun e-commerce. Anda bisa memperoleh omzet 2 hingga 3 kali lipat apabila anda membuka toko online, dibandingkan dengan ketika anda hanya membuka sebuah toko fisik saja yang hanya mengandalkan sistem offline.

5. Cakupan wilayah yang sangat luas
Ini merupakan kelebihan yang sangat hebat, yang bisa kita temui dari berjualan menggunakan toko online. ya, cakupan wilayah yang bisa dicapai oleh penjual yang meggunakan sistem toko online sangatlah luas. Tidak hanya cakupan wilayah dalam kota saja, bahkan luar kota, luar pulau dan juga luar Negara pun bisa dicapai. Jadi apabila kita lihat dari segi penjualan, target marketing dan juga target pasar dari produk yang kita jual sangat beragam dan juga tentunya sangat luas cakupan wilayahnya.
Target pasar yang lebih luas, Bayangkan bila anda berada di wilayah terpencil dan tidak memiliki banyak penduduk, target konsumen anda hanyalah masyarakat yang ada di sekitar wilayah tersebut. Bisnis anda tentunya tidak akan berkembang. Solusinya adalah dengan berjualan online. 

6. Gratis
Tentu saja, toko online adalah salah satu bentuk sistem jual beli yang gratis. Meskipun anda juga bisa mengembangkan sendiri toko online dengan membayar misalnya membuat website toko online sendiri dengan membeli domain dan sewa hosting. Namun, apabila kita berbicara mengenai sistem jual beli toko online di situs e-commerce dan media sosial, maka anda tidak perlu membayar sepeser pun untuk mempromosikan iklan anda di media sosial melalui posting status. (kecuali facebook ads, kalo  promosi iklan di fb ads ya bayar hehehehe )

7. Tidak perlu membutuhkan banyak modal yang besar dan memberatkan
Modal yang harus anda miliki hanyalah dua, ketekunan dan juga stok barang saja. Bahkan anda bisa juga berjualan online dengan sistem dropship, yang membuat anda bisa berjualan online tanpa harus melakukan stocking pada barang jualan anda. menarik bukan? Tidak perlu repot dalam mengatur modal, apalagi modal untuk menyewa toko dan juga membangun sebuah toko.

8. Mudah dalam mengaplikasikan
Aplikasi untuk berjualan online pun sangat mudah. Anda bisa menggunakan smartphone anda dengan mudah. Sudah banyak sekali smartphone yang mendukung situs – situs jual beli online, e-commerce, dan juga mendukung penggunaan web browser. Anda bisa melakukan itu semua hanya dengan sekali sentuh pada layar smartphone anda, dan keuntungan serta penjualan akan masuk ke dalam rekening anda.

9. Kemudahan Pengawasan
Untuk mengontrol dan melakukan pengawasan seluruh transaksi toko online, Anda bisa melakukannya kapan pun dan dimanapun. Hal ini memberikan kemudahan dan manfaat bagi penjual dan pembeli, serta pengusaha barang atau jasa. Kemudahan manajemen ini hanya ada di pemasaran online saja.

10. Modal awal yang lebih kecil
Keuntungan pertama dari menjual barang secara online adalah anda hanya memerlukan modal yang relatif lebih kecil dibanding berjualan offline. Karena anda tidak perlu mendirikan atau menyewa lahan sebagai tempat berjualan. Bahkan anda tidak memerlukan biaya operasional. Yang anda butuhkan hanyalah akses internet dan mungkin sebuah kamera untuk mengambil foto dari barang-barang yang ingin anda jual.


11. Bisnis beroperasi 24 jam
Keuntungan kedua dari berjualan online adalah anda tidak perlu khawatir lagi kapan waktunya membuka dan menutup toko, karena toko anda bisa diakses selama 24 jam. Bahkan bila anda menerima pesanan di jam tidur (sekitar 23.00 – 06.00) anda masih bisa memproses keesokan harinya. Sehingga bisnis anda bisa berjalan secara optimal.

12. Pantau dari mana saja dan kapan saja
Dengan bantuan internet, sekarang anda tidak harus lagi terpaku di satu tempat untuk mengelola bisnis anda. anda bisa mengakses dan mengelolanya dari mana saja dan kapan saja selama masih ada akses internet. Sehingga waktu anda lebih fleksibel dan lebih optimal.
Bisa dilakukan dalam waktu luang dan senggang, sehingga bisa tetap focus pada pendidkan ataupun pekerjaan lain secara real (bukan online). Enaknya lagi, yang merupakan kelebihan dari jualan online adalah segi waktu yng dibutuhkan. Anda dapat berjualan online di waktu senggang, hal ini karena anda hanya perlu mengecek handphone anda saja untuk melihat pesanan, lalu anda bisa melakukan packing pengiriman barang pada sore hari. Siang harinya, anda bisa bekerja di kantor, kuliah, dan melakukan kegiatan normal anda sehari – hari. Bagi ibu rumah tangga, berjualan online juga merupakan salah satu cara yang tepat untuk menghasilkan tambahan uang dan juga mengisi waktu luang ketika bosan berada di rumah.

13. Kemudahan dalam strategi pemasaran produk
Apabila anda memiliki produk dengan segmentasi pasar tertentu pada pemasaran online jelas sangat memudahkan anda membidik target market. Misalnya anda memiliki produk elektronik, maka manfaatkanlah forum elektronik, group di media sosial seperti facebook, atau membuka sebuah toko online untuk memasarkan produk anda.

14. Kemudahan manajemen dan organisasi
Menjalankan organisasi dalam bisnis sangat penting agar menghasilkan tingkat efisiensi dan produktifitas perusahaan. Namun dalam bisnis online, kemudahan menjalankan bisnis terlihat jelas. Misalnya pada bisnis online anda hanya perlu membuat sebuah katalog produk yang menawarkan barang kepada pelanggan secara online serta kemudahan menyusun komunikasi pemasaran yang efektif.

15. Kemudahan pengelolaan kontrol persediaan
Apabila anda menjual barang secara online anda bisa memanfaatkan supplier pertama untuk menampung barang anda sebelum adanya pesanan, sehingga anda tidak perlu melakukan memindah-mindahkan barang setiap saat.

16. Produktifitas meningkat
Peningkatan produktifitas jelas terlihat karena jam operasional pemasaran online tidak terbatas. Anda bisa memaksimalkan keuntungan dan produktifitas karena semakin meningkatnya para pengguna internet, dimana saat ini semua transaksi bisa dilakukan via smartphone.

17. Memudahkan melakukan Riset Pemasaran
Teknologi webiste saat ini berkembang pesat, anda bisa melacak pengunjung website dari mana mengakses toko online anda. Hal ini akan membantu anda untuk melakukan analisa pasar dan bahkan memberikan promo pada saat-saat tertentu.



Kelebihan toko online bagi PEMBELI adalah:

1. Pilihan barang lebih banyak dan mudah ditemukan
Sebuah toko online yang besar biasanya sudah memiliki database berbagai macam produk. Jadi, jika anda ingin mencari satu jenis barang, satu toko online biasanya sudah menyediakan banyak pilihan untukmu, dan anda tinggal memilih yang cocok dan sesuai dengan yang anda cari tanpa harus repot-repot berpindah dari satu toko ke toko lain. Selain itu, toko online biasanya menyediakan fitur pencarian yang detail, sehingga anda bisa melakukan pencarian secara spesifik dan mendapatkan pilihan yang jauh lebih akurat. Tidak perlu lagi menjelaskan panjang lebar ke penjaga toko dan ditawari barang yang tidak diinginkan.

2. Harganya bisa lebih murah
Toko online biasanya tidak memerlukan modal yang besar. Karena itu, penjual di toko online bisa menawarkan harga barang yang lebih murah dibanding toko konvensional, tanpa mengorbankan kualitas sama sekali.

3. Bisa membandingkan produk dengan mudah
Ketika belanja di toko konvensional, anda biasanya harus masuk ke semua toko, dan mengingat harga barangnya satu per satu untuk membandingkannya sebelum mulai mengambil keputusan. Merepotkan, bukan?  Nah, jika anda belanja di toko online, anda bisa membandingkan barang cukup dengan membuka barang di satu halaman, dan membuka barang yang ingin anda bandingkan di halaman lainnya. Beberapa toko online bahkan menyediakan fitur perbandingan seperti itu.


Demikian artikel yang bisa saya tulis. Jika ada yang ingin menambahkan atau  ingin memberikan kritik dan sarannya silahkan tulis di bagian komentar. Semoga Bermanfaat.



Wassalamualaikum,wr,wb

0 Response to "17 Kelebihan Berjualan Secara Online"

Posting Komentar