18 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Blogger Pemula


18 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Blogger Pemula

Ketika kita baru pertama kali mengenal dunia blogging tentu kita tidak tahu mana yang sebenarnya tindakan kita merupakan sesuatu yang benar, sesuatu yang efektif ataukah tindakan kita merupakan tindakan yang salah, yang sebenarnya merugikan diri kita, atau yang sebenarnya hanyalah tindakan yang sia-sia. Untuk itu berikut ini beberapa tips untuk menghindari kesalahan yang umum dilakukan blogger pemula:

1. Pemikiran/Anggapan Salah: "Nge-Blog Dapat Kaya Dalam Waktu Singkat"

Seperti yang disebutkan di judul thread ini, disini kita akan membahas segala hal yang berkaitan dengan kesalahan kesalahan yang sering dilakukan seorang blogger pemula. Salah satunya adalah pemikiran salah kaprah yang berfikir kalau 'Nge-Blog Akan Dapat Membuat Anda Kaya Dalam singkat / Sekejap Mata' .Nge-blog tidak ada bedanya dengan pekerjaan di dunia nyata, semakin banyak usaha yang anda buat, semakin banyak pula hasil yang anda buat. Sama dengan pekerjaan di dunia nyata, nge-blog juga membutuhkan waktu agar dapat menghasilkan uang. Anda tidak dapat membuat blog anda menghasilkan uang secara instan, karena yang ingin mendapatkan uang dari ngeblog tidak hanya anda saja, banyak orang yang akan saling berebut untuk mendapatkan traffic terbanyak, disini anda akan bersaing dari jutaan blogger lainnya untuk mendapatkan pengunjung di blog anda. Paling tidak, anda harus menunggu agar blog anda berumur 6 bulan dan diterima menjadi publisher Google Adsense (program pengiklan terbaik yang dapat membuat blogger dapat menghasilakan uang dari blog-nya). Itupun jika anda diterima, jika ditolak? Intinya, dalam nge-blog juga memiliki fase fase/tahapan yang harus anda lalui sebelum mencapai kesuksesan. Jadi, jika anda ingin mendapatkan uang dalam jumlah besar dalam waktu dekat, sepertinya nge-blog bukanlah pilihan yang tepat. Sebaiknya anda kembali meyakinkan diri anda bahwa nge-blog sebagai hobi, uang adalah nilai tambah yang muncul setelah anda menjalani hobi anda dengan konsisten dan tekun.



2. Berfikir Traffic Akan Meningkat Dalam Waktu Dekat

SEO semakin kesini semakin sulit karena google semakin cerdas. Jadi jangan pernah mengharapkan hasil instan dari SEO karena semua butuh proses. Jadi, jika anda merasa kalau traffic anda tidak kunjung mengalami peningkatan, anda tidak perlu khawatir, karena google mungkin sedang mensortir mana artikel yang layak untuk menempati halaman pencarian pertama mereka. Dan bukan tidak mungkin artikel anda-lah yang akan ditempatkan pada posisi tersebut. Umumnya, sebuah blog akan mengalami peningkatan traffic secara drastis pada bulan ketiga, dan itupun tergantung pada seberaba banyak dan kualitas artikel yang anda miliki.


3. Terlalu Terobsesi Dengan Page Rank (PR), Domain Authority (DA), dan Page Authority (PA)

Hal yang sering menjadi pembicaraan diantara para blogger sampai saat ini adalah tentang seberapa tinggi page rank, domain authority, dan page authority sebuah blog. Jika anda juga merupakan salah satu diantara mereka yang juga memperdebatkan hal ini, ada baiknya anda berhenti. Perlu diketahui bahwa Google sudah tidak lagi mengupdate Page Rank sejak 2 tahun yang lalu, jadi sampai kapan-pun blog anda tidak akan mendapatkan peningkatan page rank, seberapa keras-pun anda mencoba. Untuk Domain Authority dan Page Authority sendiri sampai saat ini masih tetap diupdate, namun ada baiknya anda tidak memikirkan hal ini, karena DA dan PA akan naik seiring berjalannya waktu.


4. Tidak Mengenal Audiens Anda

Satu kesalahan paling umum yang dilakukan blogger adalah mereka tidak tahu siapa yang jadi target audiens. Mereka menciptakan konten tentang banyak hal tanpa menyadari apakah pembaca mau membacanya. Sebelum mulai menulis, Anda harus punya gambaran yang jelas tentang siapa yang Anda targetkan. Setelah itu, Anda perlu melakukan riset tentang apa yang ingin dibaca oleh target audiens Anda.


5. Spam untuk Mendapatkan Traffic maupun Backlink

Backlink merupakan salah satu hal yang mempengaruhi SEO sebuah blog, yang juga dapat membuat sebuah blog mengalami peningkatan traffic. Mencari backlink bukanlah hal yang salah, namun jika anda melakukannya dengan cara yang salah, ini justru dapat membuat blog anda mengalami penurunan traffic. Seperti yang anda tahu, saat ini ada jutaan situs yang tersebar di seluruh dunia, platform ataupun domain yang digunakan-pun berbeda beda. Dalam kasus ini, Google benar benar sangat menyukai backlink .Edu dan .Gov, alasannya, situs situs dengan domain .edu dan .gov sangat sulit untuk dibuat (banyak persyaratan untuk membuat situs dengan domain ini), maka dari itu, situs dengan domain ini dinyatakan cukup langka. Saya yakin, jika anda biasanya mencari backlink, anda akan meninggalkan backlink anda di situs/blog acak. Namun dari pernyataan banyak pakar SEO, mereka menyatakan bahwa akan lebih baik anda hanya menempatkan backlink blog anda di situs dengan otoritas dan popularitas tinggi.


6. Inkonsistensi

Banyak blogger baru mulai dengan bersemangat berapi-api pada awalnya tapi seiring waktu mereka mejadi inkonsisten, tidak sering blogging, tidak dekat dengan pembaca, atau menulis artikel sekenanya saja. Mempertimbangkan jumlah blogger dan konten yang menyerang kita setiap harinya, menjadi inkonsisten bisa jadi kesalahan fatal seorang blogger. Pembaca akan lupa tentang Anda dengan cepat dan Anda akan kehilangan semua sumber traffic Anda. Sebelum mulai blogging, coba buatlah jadwal posting artikel, atur tugas dengan cara yang realistis agar Anda selalu tahu apa yang harus dilakukan. Buat kalender editorial bulanan untuk ide posting blog dan tulis sebanyak mungkin. Setelah menerbitkan satu posting, pastikan Anda punya waktu untuk mempromosikannya.


7. Tidak Memperhatikan SEO / Search Engine Optimisation

Ketika bicara tentang SEO, ada dua kelompok blogger berbeda, yang menulis hanya untuk kepentingan search engine, atau tidak mempertimbangkan search engine sama sekali. Untuk kelompok pertama, menulis hanya untuk masuk peringkat bisa membuat posting malah tidak terbaca. Menggunakan kata kunci tidak membuat Anda masuk sejauh itu dalam SEO. Sebaliknya, ada mereka yang sangat tidak mempertimbangkan SEO ketika menciptakan konten, baik karena terlalu rumit atau mereka tidak menyadari perlunya strategi SEO. Anda bisa membuat SEO mudah bahkan sebagai seorang pemula, dengan plugin seperti SEO Yoast yang memberitahu Anda dengan pasti apa yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan blog post.


8. Isi Blog Bukan Semata Tentang Anda

Baik sebagai individu atau perusahaan, banyak blogger membuat kesalahan dengan terlalu banyak bicara tentang diri sendiri. Untuk kasus individu, tak ada yang sangat peduli tentang Anda atau hidup Anda, yang mereka inginkan adalah informasi yang Anda janjikan. Yang mereka cari adalah nilai dari konten Anda,  bukan apa yang Anda lakukan belakangan ini atau seberapa buruk sakit yang Anda derita. Tapi ini bukan berarti Anda tidak boleh menyuntikkan hal pribadi dalam tulisan Anda, atau cerita tentang diri Anda, hanya saja Anda tidak boleh berlebihan melakukannya. Di blog bisnis, banyak yang sering bicara hanya tentang diri mereka, produk mereka, kenapa orang harus menggunakan produk mereka, dan apa yang membuat produk mereka sangat baik.  Ini tidak membuat orang ingin membaca blog Anda. Lagi pula kebanyakan mereka tidak percaya pada Anda atau pendapat Anda bila yang Anda lakukan hanya bicara tentang apa yang membuat produk Anda bagus.


9. Tidak Memiliki Niche yang Kuat

Satu kesalahan besar yang diperbuat blogger adalah menjadi semuanya bagi semua orang. Semakin jelas dan terdefinisi misi blogging Anda, berarti Anda mengembangkan niche yang fokus dan bernilai. Misalnya, bila blogger tentang perbankan tertarik dalam lead generation untuk pinjaman bisnis kecil, ia tidak perlu buang waktu dan energi mencoba menulis tentang pasar hipotek. Tapi ia perlu fokuskan energi pada niche dan topik menarik dalam pinjaman untuk bisnis kecil. Ini dimaksudkan untuk kekayaan topik yang lebih spesifik dan lebih menarik serta informatif bagi kelompok orang yang lebih kecil. Tertarik dengan bisnis kecil? Baca info kami tentang ide mengembangkan bisnis kecil.


10. Mencakup Terlalu Banyak Topik

Kesalahan lain yang dilakukan blogger adalah mencakup terlalu banyak topik. Banyak blogger ingin tampil untuk sebanyak mungkin audiens jadi mereka menulis tentang banyak topik. Masalahnya adalah lingkup blog bisa menjadi hilang dan mungkin tidak menarik bagi audiens. Mendefinisikan beberapa area kunci yang blog post akan cakup bisa dengan baik mengasah konten dan memfokuskan pengetahuan dan keahlian blogger.



11. Lebih Mementingkan Kuantitas dibandingkan Kualitas Artikel/Postingan

Saat ini, berapa jumlah artikel yang anda buat per harinya? 5 10 20 atau mungkin 50 Jika anda mampu, silahkan saja, namun beda cerita kalau artikel yang anda tersebut memiliki kualitas yang rendah, seberapa banyak-pun anda mengupdate artikel, anda tidak akan mendapatkan peningkatan traffic. Dalam hal ini, kualitas artikel yang rendah yang saya maksud adalalah artikel yang tidak informatif, tidak lengkap, ngasal-ngasal, dan tidak menarik untuk dibaca. Usahakan untuk membuat artikel yang memiliki kualitas baik, walaupun anda hanya bisa melakukan update hanya 1 kali sehari, itu lebih baik jika dibandingkan anda memaksakan diri untuk membuat puluhan artikel per hari namun semua artikel tersebut sama sekali tidak menarik. Google tidak pernah membatasi berapa banyak anda mengupdae artikel per harinya, jika anda mampu membuat 1000 pos per hari, Google akan semakin menyukai blog anda, dengan catatan anda tidak melakukannya seperti spam dan setiap artikel memiliki kualitas baik.

12. Tidak Berkomitmen pada Proses

Banyak orang yang masuk ke dunia blogging mengira akan menerima dampak langsungnya bagi bisnis mereka. Visibilitas mesin pencari dan traffic akan meningkat, lalu mereka menerima banyak uang. Tapi tidak seperti iklan pay per click, membangun blog yang membangun bisnis Anda butuh waktu dan usaha. Coba rencanakan menulis 2 atau 3 post per minggu selama 6 bulan untuk mendapat hasil yang diharapkan, atau lebih banyak bila mereka ada di industri yang kompetitif. Ini berarti lebih dari sekedar menulis, Anda juga perlu menulis post yang kaya kata kunci dengan cara persuasif, judul yang menarik yang akan dibaca, dijadikan tautan, dan dibagikan ke media sosial.


13. Struktur Postingan Blog

Cara Anda menyusun blog post bisa memiliki dampak besar pada keberhasilan blog. Bila sebuah blog post terstruktur dengan baik, ini membantu dari segi SEO dan juga membuat post lebih mudah dibaca. Sertakan gambar fitur, dan tambahkan lebih banyak gambar di post. Sub headline juga banyak membantu, baik untuk SEO dan keterbacaan. Dua tips sederhana ini bisa membuat perbedaan besar pada keterbacaan blog post Anda.

14. Fokus pada Kuantitas Bukan pada Kualitas

Banyak blogger fokus pada kuantitas daripada kualitas dan ini adalah sebuah kesalahan besar. Ada teori yang menyatakan Anda perlu blogging beberapa kali dalam seminggu untuk membuat blog selalu terlihat segar, baik dari perspektif konsumsi manusia dan juga dari perspektif mesin pencari. Butuh waktu untuk meriset, menulis, dan mengedit blog post yang bagus dan mendalam. Kecuali Anda perusahaan besar dengan tim penulis profesional, tidak ada cukup waktu dalam sehari untuk melakukan ini dengan baik, karenanya banyak blog muncul dengan materi yang di bawah standar. Tulisan yang Buruk ,Tujuan blogger sama dengan penulis lainnnya, untuk memperoleh dan mempertahankan pembaca. Semakin banyak pembaca, semakin baik. Tapi ada satu cara yang membuat pembaca reguler dan potensial pergi, yaitu tulisan yang buruk.

Dengan kemudahan akses untuk menciptakan blog saat ini, pentingya tulisan bagus dalam terbitan telah banyak hilang. Memang sering ditemukan kesalahan format, ejaan, dan tata bahasa di blog post dan artikel yang diterbitkan secara online. Kesalahan ini tidak hanya membuat postingan sulit dan tidak enak dibaca, tapi juga membuat intinya sulit tersampaikan, dan akhirnya membuat pembaca mengaggap blogger tidak profesional. Tentu tulisan yang baik lebih dari sekedar kalimat yang strukturnya benar dan telah diperiksa ejaannya. Tulisan yang bagus memiliki inti dan bisa diakses, dengan kata lain mudah dibaca dan dipahami. Gunakan spell check, luangkan waktu untuk meriset ide, fakta, dan konsep yang Anda tidak yakin, dan yang paling penting baca kembali tulisan sebelum diterbitkan.



15. Melakukan Copy-Paste 

Nge-blog tidak dapat dipisahkan dari praktek copy paste, saya yakin, entah anda blogger professional atau pemula sekalipun pernah melakukan copy-paste. Karena dianggap sebagai 'jalan pintas' untuk dapat memperbanyak konten blog, praktek copy paste adalah suatu fitur yang selalu dipuja puja. Namun setelah saya melakukan percobaan, copy-paste tidak mempan jika harus melawan Google, walaupun anda berhasil memperbanyak konten, Google tidak akan membiarkan blog blog kotor pengguna CTRL+C--> CTRL+V merajalela di halaman pencariannya. Sebagai contoh, sampai saat ini hasil pencarian untuk kategori teknik teknik SEO tidak ada yang memiliki kesamaan sebanyak 100% antara artikel satu dengan artikel lainnya. Ini dapat membuktikan bahwa google bukanlah sebuah sistem yang dapat anda bodohi dengan mudah.

Jikapun anda berhasil menduduki peringkat yang lebih baik dibandingkan artikel aslinya (yang anda copas), saya pikir posisi tersebut tidak akan bertahan lama. Paling tidak, dalam waktu 3-4 minggu artikel hasil copy-paste tersebut akan lenyap ditelan dari halaman pencari google. Selain itu, dari awal Google memang tidak menyukai blog hasil copy-paste, sedikit demi sedikit Google akan menjatuhkan penalty kepada blog yang melakukan teknik curang ini, dan jika anda melakukannya dalam jangka waktu panjang, jangan harap blog anda akan mendapatkan peningkatan traffic.



16. Headline Jelek

Headline yang buruk bisa menyebabkan traffic yang buruk. Judul jadi bagian yang menarik pembaca ke konten, jadi harus menarik perhatian. Yang biasa dilakukan blogger baru adalah mereka tidak memberi kejelasan tentang isi postingan, atau mereka terlalu berusaha keras untuk jadi cerdas atau lucu, sayangnya ini tidak berhasil. Semakin spesifik Anda tentang subjek yang ditulis, akan lebih baik. Ini tidak hanya memberi pembaca informasi lebih tentang seberapa berharga postingan Anda untuk mereka, tapi juga meningkatkan kemungkinan peringkat post di mesin pencari karena kompetisi yang kurang untuk istilah yang Anda gunakan. Sebisa mungkin buat headlines yang pendek, tapi tetap deskriptif. Jangan gunakan 10 kata bila Anda bisa mengatakannya dalam  7 kata. Google membatasi judul hingga 70 karakter jadi Anda harus selalu membuat judul di bawah jumlah ini.


17. Editan yang Kurang Baik

Pada banyak blog, baik yang baru atau lama, Anda bisa tahu kalau kontennya tidak diedit sama sekali, bahkan terlihat seperti diterbitkan segera setelah ditulis. Blog post yang tidak diedit atau sembarang diedit dengan masalah struktur bahasa, kalimat tidak efektif, penggunaan kata yang tidak perlu, dan sebagainya, menciptakan pengalaman membaca yang buruk dan hal ini mengkomunikasikan kalau Anda tidak memperhatikan hal rinci. Tiap orang membuat kesalahan, dan blogger tidak terlepas dari hal ini. Apa yang menurut Anda jadi kesalahan terbesar dan paling umum yang dilakukan blogger? Dan kesalahan apa yang Anda perbuat sebagai blogger? Semoga tips tentang blogging di atas bermanfaat.


18 Sering Mengganti-Ganti Template

Jika anda sering gona-ganti mengganti template, segera hilangkan kebiasaan anda tersebut, karena hal itu justru hanya merugikan diri anda sendiri. Bukan karena mempengaruhi SEO (yang membuat traffic mengalami penurun), melainkan karena hal itu hanya membuang membuang waktu saja! Dari pengalaman saya dulu, saya disarankan oleh banyak blog yang memiliki template yang memiliki loading 'sangat cepat', 'responsive', dll, namun sekarang, saya menyesali hal tersebut, karena hal itu hanya menghabiskan waktu saja. Bayangkan, hanya untuk mengganti sebuah template blog, saya menghabiskan waktu hampir seminggu untuk menemukan template terbaik dan membuat saya lupa untuk membuat artikel/postingan. Google tidak menilai sebuah blog dari template saja, banyak perhitungan yang dilakukan blogger untuk mengurutkan peringkat blog blog, dan sampai saat ini, KONTEN adalah perhitungan terbesar. Saat ini, saya hanya memakai template yang sederhana saja, dengan syarat: Template support mobile-friendly dan responsive. Cukup dengan itu saya sudah berhasil membuat traffic blog menjadi stabil.

Demikian artikel ini semoga bermanfaat
Jika Ada Kritik dan Saran silahkan tinggalkan di kolom komentar !!!





0 Response to "18 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Blogger Pemula"

Posting Komentar