3 Sifat Ini Muncul Jika Kita Berani Hutang



3 Sifat Ini Muncul Jika Kita Berani Hutang

Bagi orang yg belum siap mental seperti saya dan anda, berutang adalah salah satu hal yang harus dihindari , terutama hutang riba atau hutang dengan sistem bunga dan denda. Mengapa hutang terutama hutang untuk kebutuhan konsumtif perlu dihindari?
Hutang itu memiliki 3 karakter:


1) Selalu Bertambah

Awalnya seseorang berutang pada teman atau saudara dengan nominal sesuai keperluan. Lalu dia mencari pinjaman agak besar untuk memenuhi kebutuhan dan gaya hidup. Awalnya mungkin pinjam ke koperasi atau rentenir. Lalu setelah dia makin paham berutang dia makin berani mengambil resiko dengan memanfaatkan produk Bank. Kalo sudah ada di level ini, berhati-hatilah. He he he, lanjut baca nomor 2

2) Bikin Ketagihan
Setelah seseorang tanda tangan kredit Bank, dan pembayaran lancar maka biasanya bagian kredit Bank akan berbaik hati banget nawarin utang2 baru dgn kata2 yg manis. Nama orang itu akan beredar di kalangan pemberi kredit. Utangan jadi gampaaang banget. Akhirnya orang itu akan semakin ketagihan untuk menggunakan produk2 Bank, mulai dari KTA, kartu kredit, kredit mobil, hingga kredit rumah (KPR). Saya mengalami hal-hal di atas, dan ujungnya ngeriii banget bikin kapok dan lanjut ke nomor 3.


3) Suka Berbohong
Saat berutang biasanya orang akan memutar otak mencari alasan untuk meminjam, lalu setelah dapat pinjaman, mencari alasan untuk meminjam lagi. Bagi yang kesulitan membayar, dia mencari alasan untuk menunda pembayaran, dan seterusnya. Saya pernah ngalamin 3 karakter akibat utang tadi, dan sekarang sedang tobat mengurangi utang.

0 Response to "3 Sifat Ini Muncul Jika Kita Berani Hutang"

Posting Komentar