4 Alasan Buku Masih Digemari dari pada Ebook



4 Alasan Buku Masih Digemari dari pada Ebook

Sekarang memang sudah zamannya e-book namun mengapa buku (fisik) masih digemari ? Zaman sudah berubah ebook sudah sangat banyak tidak hanya buku komputer, buku pelajaran, bahkan sekarang untuk membaca novel atau buku-buku non fiksi lainnya bisa dibaca melalui gadged anda. Anda bisa menyimpan banyak file e-book di gadged dan sangat praktis dibawa kemana-mana . Namun, kenapa banyak yang masih memilih membaca buku biasa? Mungkin ini beberapa alasannya....

1. Baca buku di gadget lebih melelahkan mata

Harus nonstop melihat ke layar handphone pasti merupakan hal yang melelahkan. Selain itu, mata kamu juga bisa rusak nih kalau kelamaan baca e-book.

2. Sulit fokus kalau baca buku melalui gadget

Karena terbiasa menggunakan gadget untuk berkomunikasi atau membuka media sosial, hal ini pasti jadi godaan buat kamu kalau lagi baca e-book di gadget. Biasanya kamu jadi susah fokus kalau baca buku di gadget. 

3. Terkadang pilihan e-book tidak sebanyak buku di perpustakaan

Tidak seperti di toko buku, persediaan e-book di gadget tentu nggak banyak ya, Sahabat Trivia. Belum lagi tidak semua penulis menyediakan buku versi e-book untuk dibaca oleh pembacanya nih. Jadi, pasti kamu akan tetap beli buku untuk membaca



4. Tidak bisa baca e-book kalau baterai gadget habis

Selain melelahkan mata dan sulit untuk tetap fokus, membaca melalui gadget pasti terbatas waktunya. Apalagi kalau gadget kita baterainya habis. Wah, pasti terganggu banget nih lagi asik-asiknya baca e-book harus tertunda karena baterainya harus di-charge!

Selain ke-4 itu masih banyak kelebihan buku fisik ,saya bisa bolak-balik halamannya ketika saya belum paham dengan mengulang membacanya. Yang bisa saya tempel sticky notes di bagian-bagian penting, atau saya beri coretan coretan kecil dengan pensil agar saya lebih mudah paham saat mencari materinya lagi. Bisa saya cium aromanya. Yang bisa saya bawa pada saat berjumpa dengan sang penulis, untuk meminta tanda tangannya.

Lagi pula, sudah ada banyak penelitian yang mengatakan buku fisik itu lebih baik dari pada ebook. Sebuah temuan dalam penelitian M. Julee Tanner, yang berjudul Digital vs. Print: Reading Comprehension and the Future of the Book, menyatakan buku-buku yang dicetak paling cocok untuk mata, kognisi, dan metakognisi yang dibutuhkan otak. Penelitian ini ternyata masih ada kaitannya dengan sebuah penelitian berjudul Reading in the Post-PC Era: Students’ Comprehension of Interactive E-Books. 


Penelitian itu menyebutkan, murid-murid yang menggunakan ebook memiliki tingkat pemahaman saat membaca yang lebih rendah dari pada saat mereka membaca buku fisik. Ternyata, hal ini juga terjadi pada orang dewasa. Hasil penelitian ini menunjukkan, orang dewasa sulit menangkap informasi yang mereka bawa lewat ebook. 

Sang peneliti, Anne Mangen dari Norway's Stavanger University menyebutkan, kurangnya daya tangkap disebabkan karena indra peraba dan rasa saat menyentuh lembaran buku tidak ada. Nah, karena ini, menurut Anne, orang-orang yang membaca ebook tidak mengalami rekonstruksi cerita dalam benak, sebaik ketika mereka membaca buku fisik. 

Demikian informasinya Semoga Bermanfaat

0 Response to "4 Alasan Buku Masih Digemari dari pada Ebook"

Posting Komentar