4 Tahap Menjadi Master


4 Tahap Menjadi Master

Kali ini saya ingin membahas tentang bagaimana caranya menjadi seorang Master, ingat master loh bukan Mastah. Master apa yang dimaksud? Master dalam hal apapun , mahir dalam sesuatu hal. Apapun profesi Anda saat ini, setidaknya ada 4 Tahap yang perlu ditempuh agar seseorang bisa menjadi seorang master, memasuki level mastery pada bidang tertentu. Berikut adalah 4 Tahap Menjadi Master:

1. Unconscious Incompetence
Di tahap pertama ini, maksud dari unconscious incompetence adalah, kita Belum Sadar kalau sebenarnya kita Belum Berkompeten (belum bisa) di suatu hal tertentu.

2. Conscious Incompetence
Nah, ketika kita ingin berbenah, ingin mulia naik level, kita mulai mempelajari sesuatu. Pada tahap inilah yang dinamakan dengan tahap conscious incompetence. Di tahap ini, kita mulai Sadar (tahu) bahwa ternyata kita tuh belum bisa melakukan sesuatu dengan benar.

Baca Juga : 10 Hobi yang Menghasilkan Uang 


3. Conscious Competence
Di level ini, kita sudah mulai Sadar bahwa sebenarnya kita tuh Bisa melakukan dan menjadi hebat dalam bidang tertentu yang kita pelajari. Nah, ini adalah tahap Terberat yang akan dilalui sebelum mencapai tahap mastery. Kenapa berat? Karena semaunya harus dilakukan dengan penuh kesadaran.

Sama seperti ketika kita belajar naik kendaraan, walaupun kita sudah tahu teori naik kendaraan, tetapi di tahap ini kita pasti akan merasa kaku, kikuk, salah-salah dalam mengemudi, dan kesalahan-kesalahan lain khas orang yang sedang belajar. Ya, kesalahan yang tak perlu dilakukan.

Tahap ini adalah tahap dimana kita sedang melakukan proses instalasi program-program di Pikiran Bawah Sadar. Pada tahap ini pula di otak kita sedang terjadi yang namanya proses penyambungan antar sinapsis (sel-sel otak) untuk menciptakan sirkuit-sirkuit. Dimana ketika sirkuti-sirkuit tersebut sudah terbentuk, maka kita akan masuk di tahap selanjutnya, yaitu...

4. Inconscious Competence
Di tahap ini, semua yang dibutuhkan sudah terbentuk. Nah, ini adalah tahap yang menarik, yaitu tahap dimana kita sudah Lupa (nggak sadar), bahwa ternyata kita sudah bisa/mahir melakukan sesuatu. Dan inilah yang disebut sebagai tahap Mastery, alias sudah jadi master di bidang tertentu. Fenomena di tahap ini sama seperti ketika kita sudah mahir berkendara. Meskipun kita melamun di jalan, kita nggak sadar kalau kita sedang mengendarai kendaraan, toh sampai juga kan kita di tujuan.

Semoga artikel ini bermanfaat
Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar!!!

0 Response to "4 Tahap Menjadi Master"

Posting Komentar