7 Cara Mengubah Hidup Menjadi Lebih Baik



7 Cara Mengubah Hidup Menjadi Lebih Baik

Jika Anda berpikir cara mengubah hidup seperti menekan tombol Get The Rich, maka Anda salah besar. Jika Anda ingin mengubah hidup Anda, artinya Anda perlu bersedia untuk berproses. Orang-orang hebat itu adalah mereka yang sudah melalui proses, tidak terjadi begitu saja.

Seringkali kita tertipu oleh persepsi sendiri. Orang yang lebih baik itu sudah dari sananya, sudah takdir. Padahal tidak, mereka sudah melalui proses , melalui usaha untuk mencapai kesuksesan dan memerlukan waktu dan pengorbanan untuk sampai dalam tahap tertentu.

Orang yang memiliki jabatan tinggi, sebab dia sudah melalui proses yang mengubah dia menjadi pribadi yang pantas dan sanggup mengemban jabatan tinggi. Begitu juga, orang yang berpenghasilan tinggi pun, sudah melalui proses untuk mengasah insting dan kemampuannya dalam mendapatkan penghasilan besar. Orang alim pun sama mereka telah melalui proses menimba ilmu agama dalam waktu yang tidak sedikit belajar sampai ke luar negri sampai Kairo , Mesir hingga mendapat gelar atau tittle LC.

Lalu bagaimana cara mengubah Hidup Agar Lebih baik?

Cara Mengubah Hidup Itu Menyeluruh. Banyak yang mengira, jika dia sudah memiliki modal, segalanya akan lebih baik. Bisa jadi, jika yang lainnya sudah baik, misalnya mindset dan kemampuannya sudah baik. Kehadiran modal akan membuatnya lebih baik.
Namun tidak semua orang punya modal menjadi lebih baik. Bahkan, modal malah menghancurkannya. Mengapa, sebab baik dari satu segi itu tidak cukup.

Anda tidak akan menjadi baik jika hanya mengandalkan skill teknis saja. Diperlukan kemampuan lain untuk meraih sukses, bukan hanya masalah kemampuan teknis saja. Hanya bisa membuat ayam goreng, tidak akan bisa menjadikan Anda menjadi pengusaha ayam goreng. Diperlukan kemampuan yang lain.

1. Kejelasan
Jelaskah arah perubahan Anda. Seperti saat Anda mengendarai mobil, Anda akan mudah mengarahkan setir mobil jika sudah mengetahui tujuan dengan jelas. Jika tidak, maka mobil Anda bisa tidak tentu arah dan entah akan melaju kemana. Tentukan, apa definisi lebih baik itu dengan jelas dan terukur. Jika mau lebih baik dari sisi ekonomi, baik apanya? Misalnya penghasilan saya ingin lebih baik? Berapa lebih baik itu? Kapan? Artinya langkah pertama Anda harus membuat sebuah tujuan yang SMART, dimana tujuan itu lebih baik dari kondisi saat ini.

2. Tekad
Banyak yang ingin berubah, tetapi hanya ingin. Dia tidak juga melakukan perubahan. Mengapa? Sebab dia tidak memiliki tekad yang kuat.Keinginan yang kuat ditunjang tekad yang kuat akan menghasilkan perubahan yang berarti. Dalam proses perubahan, Anda akan bertemu banyak halangan dan rintangan, bahkan kecendrungan untuk kembali ke tempat semua. Nah, untuk mengatasi itu semua, dibutuhkan tekad yang kuat.

Tekad yang kuat artinya Anda harus siap dan mau “membayar” apa pun yang diperlukan (selama halal) untuk mengalami perubahan. Kenyataanya, banyak yang ingin berubah, tetapi mereka tidak mau memenuhi syaratnya. Keinginan dan tekad mereka lemah, kemudian akhirnya mereka berdalih bahwa kondisi saat ini sudah yang terbaik. Jadi bulatkan tekad Anda untuk berubah, sekarang. Kemudian bertawakallah.

3. Hati
Ingatlah bahwa di dalam jasad terdapat segumpal daging. Jika baik, maka baiklah seluruh jasad. Jika rusak, maka rusaklah seluruh jasad. Ketahuilah, bahwa (segumpal daging) itu adalah hati. (H.R alBukhari dan Muslim) Dari hadits ini sudah sangat jelas, jika Anda ingin berubah menjadi lebih baik, ubahlah hati Anda. Hati meliputi perasaan dan pikiran, maka wajar banyak metode pengembangan diri yang fokus membenahi perasaan dan pikiran. Bersihkan hati, dari dosa, dari perasaan negatif, dari berburuk sangka, khawatir, lemah, takut, ragu, dan berbagai penyakit hati lainnya, niscara Anda akan berubah menjadi pribadi yang jauh lebih optimis, semangat, dan memiliki energi yang tinggi untuk berubah. Penghalang perubahan itu ada di hati kita, maka bersihkanlah jika ingin berubah.

4. Prioritas
Hal pokok keempat yang perlu kita lakukan adalah mengatur prioritas kita. Prioritaskan mana yang paling penting , penting, dan kurang penting, urgent , harus segera dilakukan , maupun kegiatan yang bisa ditunda. Perubahan akan tergantung apa yang kita prioritaskan. Jika Anda memprioritaskan tindakan-tindakan yang biasa Anda lakukan, maka hasilnya pun akan seperti biasa. Mengapa berharap yang lain? Kadang banyak orang yang merasa sudah melakukan sesuatu untuk perubahan, tetapi tidak menjadi prioritas sehingga tidak memberikan hasil yang signifikan. Hasilnya akan didominasi oleh apa-apa yang Anda prioritaskan. Lihatlah apakah Anda sudah punya rencana untuk berubah? Maka prioritaskan tindakan Anda pada rencana itu.

5. Istiqomah
Kelanjutan dari memprioritaskan adalah Anda harus istiqomah dalam melakukannya. Anda harus secara terus-menerus, rutin, kontinyu melakukan usaha -usaha untuk menuju kepada kesuksesan yang ingin anda capai, bagi waktu anda buatlah schedule atau jadwal harian yang harus anda lakukan untuk menuju kepada kesuksesan tersebut. Jika tidak, maka hasilnya tidak akan berarti untuk mengubah hidup Anda. Lakukan terus dan terus sampai Anda merasakan perubahan itu. Konon, istiqomah adalah hal yang paling sulit. Menjaga istiqomah itu tidak mudah. Tapi, ini harus dilakukan jika Anda mau berubah.


6.  Motivasi
Istiqomah itu berat. Untuk itu, dibutuhkan energi yang lebih besar agar bisa terus istiqomah. Semakin jauh perjalanan, akan semakin dibutuhkan energi yang lebih banyak. Semakin jauh perjalanan, bensin haru siap sedia, jangan sampai roda berhenti berputar. Agar Anda terus istiqomah bertindak, maka Anda harus memiliki motivasi yang cukup sampai akhir. Jangan sampai berhenti ditengah jalan, sebab jika berhenti Anda tidak akan pernah sampai ketujuan. Anda harus memiliki senjata-senjata yang bisa memotivasi diri Anda.

7. Optimis
Semua hal diatas akan percuma jika Anda pesimis atau tidak percaya akan sukses. Kadang, perubahan itu membutuhkan waktu yang lama. Membutuhkan proses dan perjuangan. Anda hanya akan bisa berproses jika Anda memiliki optimisme yang tinggi. Optimis adalah yakin, bahwa Anda bisa berubah, meski setelah usaha panjang masih belum terlihat hasilnya. Anda terus menjaga keyakinan, suatu saat perubahan itu akan tiba Optimis menjadi sebuah pelengkap yang mutlak harus ada. Banyak orang yang tidak jadi berubah karena mereka kehilangan optimisme.



Jangan hanya menjadi NATO = No Action Talk Only

Jangan Kebanyakan Rencana tapi 0 Action

Lakukan apa yang anda rencanakan, rencanakan apa yang akan anda lakukan.

Jika ada saran dan kritik silahkan coret-coret di kolom komentar 





Semoga Bermanfaat....

Wassalam



Anhar

0 Response to "7 Cara Mengubah Hidup Menjadi Lebih Baik"

Posting Komentar