7 Ciri Bisnis Online Yang Menipu


7 Ciri Bisnis Online Yang Menipu

Di dunia yang serba online ini kita wajib berhati-hati karena sering terjadi penipuan. Baik itu jual beli barang maupun jasa. Ada beberapa contoh penipuan jual beli misalnya beli barang dari orang di facebook namun setelah uang di transfer ternyata barang tidak kunjung dikirim bahkan akun facebook penjual tiba-tiba menghilang, atau membeli barang misal sepatu yang dikirim sandal jepit. Sedangkan dalam bidang jasa ada juga penipuan misal buka kelas untuk belajar adsense diiming-imingi screenshoot earning berjuta-juta tapi setelah bayar 5 juta untuk masuk kelas ws tersebut eh malah dikeluarkan dari kelas tanpa ada alasan dan kejelasan sebabnya. atau sudah bayar 5jt tapi penyelenggaranya kabur. inalillahi... semoga uangnya tidak malah membawa bencana karena banyak orang yang di dzolimi atas kegiatan tersebut. Banyak yang bilang Mastah seperti itu namanya "MASTAH PENGHISAP DARAH NEWBIE" hiiii ceyem yah...


Ok lanjut saja agar kita lebih berhati-hati terhadap maraknya tindak penipuan di internet mari kita sama sama pelajari Ciri bisnis online yang menipu:

1. Berusaha Menyembunyikan Identitasnya

Seorang penipu itu selalu saja menutup-nutupi identitasnya, mulai dari Nama, Alamat, dan lainnya yang sifatnya mudah untuk dilacak. Tujuannya yaitu bila suatu sat mereka mulai melancarkan aksinya aka sang korban tidak mudah untuk menemukan sang pelaku.

2. Membatasi Jalur Kontak Terhadap Member
Jadi sebelum mendaftar menjadi member disebuah situs usaha online sebaiknya coab untuk mengubungi kontak yang ada di situs, tujuannyaa utnuk mencari tahu apakah sang pemilik respon atau tidak terhadap usaha onlien yang dikelolanya. Cobalah berikan pertanyaan tentang usaha bisnis miliknya. Perhatikan apa yang diberikannya, apakah bisa masuk akal atau tidak. Jika jawabanya berbelit-belit bisa dipastikan bahwa bisnis online tersebut merupakan salah satu usaha bisnis online penipu.

3. Produk atau Layanan Yang Ditawarkan Tidak Jelas
Dalam menjalankan usaha bisnis online tentunya akan ada namanya proses transaksi atas produk atau layanan dari penjual kepada pembeli. Maka sebelum memutuskan bergabung dengan sebuah usaha bisnis online, langkah selanjutnya yang harus dilakukan agar terhindar dari situs usaha bisnis online milik penipuan yaitu dngan mencari tahu apakah produk atau layanan yang mereka tawarkan benar-benar ada atau tidak. Jika tidak memiliki kejelasan tentang produk atau layanan yang mereka pasarkan, maka bisa dipastikan bahwa itu merupakan salah satu dari bisnis online yang memiliki niat untuk menipu.

4. Menjanjikan Income yang Tidak Masuk Akal
Misalnya saja sekarang ini banyak sekali iklan yang terpampang jelas disitus-situs, salah satunya, "Mau memiliki penghasilan 5 juta/hari hanya dengan modal 250rb saja tanpa harus bekerja, biarkan uang Anda yang bekerja kapada kami". Apakah iklan seperti itu masuk akal?? Jelas tidak. Bila Anda menemukan indikasi seperti itu pada sebuah usaha bisnis online, sudah dipastikan bahwa bisnis tersebut merupakan bisnis online yang menipu.

5. Sistem Usaha Bisnis Tidak Jelas
Bila suatu saat kita menemukan situs bisnis online yang menawarkan keuntunga-keuntungan yang sedemikian rupa, namun ketika kita ingin mengetahui sistem kerjanya, kita diharuskan daftar dan aktivasi member terlebih dahulu. Berhati-hatilah jika menemukan keaneh-anehan seperti ini segera untuk tidak mendaftar dan tinggalkan saja situs tersebut sehingga sobat tidak menjadi korban penipuan mereka.


6. Melakukan SPAM
Biasanya sebuah situs usaha online tidak sungkan-sungkan melakukan spam ke alamat-alamat email yang tidak dikenalnya, hal ini bertujuan agar calon dengan bahasa iklan yang mereka janjikan lalu mendaftar bergabung dengan mereka.

7. Menggunakan Nama Domain Dari Layanan Gratisan
Bila anda menemukan sebuah situs usaha bisnis online yang memiliki domain dari layanan gratisan, hal ini bisa dipastikan bahwa usaha bisnis online tersebut merupakan salah satu situs bisnis online yang menipu. Logikanya, bagaimana dia mau membayar para membernya kalau untuk membeli nama domain saja dia tidak mampu.


Demikian yang bisa saya jelaskan semoga ada manfaatnya
Jika ada pertanyaan kritik dan saran silahkan tulis di bagian komentar

Wassalamualaikum,wr,wb

0 Response to "7 Ciri Bisnis Online Yang Menipu"

Posting Komentar