7 Hal Wajib Anda Tahu tentang Thanksgiving


7 Hal Wajib Anda Tahu tentang Thanksgiving

Apakah yang disebut dengan hari Thanksgiving? Bagaimana sejarah asal mula hari ini dirayakan oleh warga di negara-negara Amerika Utara? Lalu kapan hari yang jika diterjemahkan bermakna Hari Pengucapan Syukur ini dirayakan setiap tahunnya? Thanksgiving Day adalah hari libur di Amerika Utara untuk mengucapkan terima kasih dan rasa bersyukur di akhir musim panen. Hari Pengucapan Syukur adalah hari libur resmi di Amerika Serikat yang jatuh pada Kamis keempat di bulan November. 


1. Bagaimana Awal Perayaan Thanksgiving di Amerika ?                                            
Thanksgiving dalam sejarahnya adalah hari khusus untuk mengucap syukur atas berkat-berkat kehidupan yang sudah didapatkan seseorang. Perayaan ini pertama kali dilakukan oleh Pastor Juan de Padilla pada tahun 1541 di Canyon, Texas. Lalu menyusul muncul pada tahun 1565 dirayakan oleh para pengungsi di St Augustine, Florida. Hal ini menjadi pertanda sejarah peringatan kedatangan gelombang pertama imigran Eropa ke Amerika Utara.  

2. Thanksgiving sebenarnya Budaya Mana?

Thanksgiving Day adalah hari libur di kawasan Amerika Serikat, yang sesuai namanya, ditujukan sebagai ungkapan terima kasih dan rasa bersyukur ketika tiba akhir musim panen. Perayaan seperti ini normal dirayakan di berbagai belahan dunia dengan nama dan pola yang berbeda-beda. Jika dirunut ke belakang, hari Thanksgiving di Amerika Utara, punya akar budaya dari tradisi Inggris yang dibawa ke ‘benua baru tersebut’. Jadi Thanksgiving budaya mana? budaya barat tentunya.

3. Kapan Perayaan Thanksgiving berlangsung ?

Perayaan Thanksgiving sendiri memicu banyak perdebatan, tentang kapan tanggal tepatnya. Untuk itulah,  dalam perang Saudara Amerika Serikat, Abraham Linclon menetapkan hari tersebut digelar pada kamis terakhir bulan November 1863. Hal ini dilanjutkan oleh Franklin D. Roosevelt pada 1939, yang mengubahnya menjadi hari Kamis minggu ketiga pada bulan November.


4. Apa Menu Thanksgiving ?

Dalam tradisinya, hidangan saat perayaan Thanksgiving tidak pernah absen dari menu utama seperti kalkun panggang, saus cranberry, dan pumpkin pie. Hidangan lain yang juga menghiasi meja adalah sayuran hasil kebun lokal seperti kentang, labu pie, bawang, bayam, kubis, wortel dan kacang polong.  


5. Thanksgiving disebut Parade Natal

Meskipun tidak berkaitan dengan Natal, namun Thanksgiving kerap disebut-sebut sebagai Macy Day Parade atau disebut juga parade Natal. Sebutan ini mulai populer sejak tahun 1924.

6. Thanksgiving menjadi hari ‘Ucapan Syukur Nasional’ Amerika

Selama Perang Saudara di Amerika (American Civil War), banyak pertempuran dan konflik yang menyebabkan penderitaan bagi warga Amerika. Namun pada tahun 1863, Presiden Abraham Lincoln mengeluarkan surat resmi agar setiap minggu ke-4 di bulan November menjadi Hari Ucapan Syukur Nasional. Sejak penetapan itu, Lincoln mengajak seluruh warga Amerika untuk mengambil waktu untuk bersyukur atas segala hal yang dilalui Amerika, baik penderitaan maupun luka-luka yang dialami warga akibat perang, menyerahkan segalanya ke dalam tangan pengasihan Tuhan.

7. Thanksgiving menjadi ucapan syukur atas persediaan Kalkun

Berdasarkan data penelitian oleh Yayasan Kalkun Nasional, dalam satu tahun Amerika mengkonsumsi sekitar 46 juta kalkun, yang berjumlah sekitar seperlima dari total semua kalkun. Dan kalkun biasanya menjadi makanan yang banyak dikonsumsi di libur panjang, tepatnya di akhir tahun. Tak heran bila Thanksgiving adalah ucapan syukur atas tersedianya bahan makanan favorit kalkun yang masih bisa dinikmati warga Amerika. Tidak heran bila Thanksgiving juga kerap disebut Hari Kalkun.

Bagikan pengalaman dan komentar Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga artikelini  kepada rekan-rekan dan kenalan Anda.


Terima kasih

0 Response to "7 Hal Wajib Anda Tahu tentang Thanksgiving"

Posting Komentar