8 Manfaat Kita Ngobrol atau Berbicara


8 Manfaat Kita Ngobrol atau Berbicara

Definisi / arti kata 'ngobrol' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah mengobrol / bercakap-cakap atau berbincang-bincang secara santai. Sebagai manusia tentunya kita biasa berbincang ngomong mengenai apa yang kita rasakan apa masalah kita agar kita bisa saling berbagi, agar kita menemukan solusi atas masalah kita. Berikut 8 Manfaat Ngobrol atau Berbicara yaitu

1. Orang yang bermasalah di dunia, bukan orang yg banyak bicara, tapi yang banyak diam.

Ciri org bahagia, ada keterhubungan. Suami istri yg bahagia, ada suara. Yaitu ngobrol. Itu yg bedakan keluarga dengan kos-kosan. Hadits, bicaralah yg baik atau diam. Yg disuruh adalah bicara dulu.

2. Ngobrol yang berkualitas

Anak ngomong, orang tua ngomong. Kalo anak kita rajin ngobrol, maka tidak nakal. Penelitian di newyork, anak yg rajin bicara lebih memiliki daya tahan terhadap lingkungan.

3. Muslim yang bergaul lebih baik daripada yang tidak bergaul. 

Karena jarang ngobrol, sehingga ngobrolnya justru saat ada masalah. Maka ngobrolnya jadi ga nyaman.

4. Banyak anak yang harga dirinya hancur, di rumah. 

Bukan di luar rumah. Berapa banyak anak yg betah duduk berlama lama di dekat org tua? Serem, garing, ga nyambung, galak, nyuruh2. Telinga mereka panas mendengar nasehat orang tuanya. Ternyata kalo caranya salah, nasehat bisa menghancurkan. Kenapa? Over dosis.

5. Jangan jadi orangtua yang Not Close Not Real.

Zaman dulu, orang tua membesarkan anak tanpa ada pesaing. 70 an blm ada tv swasta. 80an blm ada internet. Cukup teladan orang tua. Blm ada cara verifikasi informasi.
Menguasai teknologi: menggunakan untuk pengetahuan.
Dikuasai teknologi: menggunakan untuk kesenangan. 
Keywordnya: Di deket anak dan bersama anak.

Baca Juga :  10  Cara Mengobati Flu yang Terbukti Manjur

6. Jangan pula jadi orangtua So Close but Not Real.

Kalo hanya org tua yg ngomong, namanya taklim. Kalo anak juga ngomong, namanya baru ngobrol. Setiap anak lahir dlm keadaan fitrah. Apa yg disukai Alloh manusia menyukainya. Apa yg dibenci Alloh, manusia tdkmenyukainya. Jgn menyalahkan org lain krn yg mengubah fitrah adalah org tua. Jika pengaruh org tua besar, maka pengaruh lingkungan akan kecil.

7. Karena tidak punya skill ngobrol, maka bisa celaka dunia dan akhirat. 

Maka carilah skill. Kantor menginvestasikan banyak uang untuk training karyawannya, agar memiliki skill.

8. Tidak boleh ada anak pendiam di rumah. 

Banyak nasehat masuk telinga kanan keluar telinga kanan, krn tdk pernah dikeluarkan perasaannya. Ajak ngobrol, meskipun hal yg sepele. Wibawa ayah tdk dibangun oleh kejaiman. Namun oleh ketegasan dan tanggung jawabnya.


Bagikan pengalaman dan komentar Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga artikelini  kepada rekan-rekan dan kenalan Anda.

Terima kasih

0 Response to "8 Manfaat Kita Ngobrol atau Berbicara"

Posting Komentar