9 Langkah Mengajukan Pengunduran Diri yang Baik


9 Langkah Mengajukan Pengunduran Diri yang Baik

Mungkin anda berniat resign dari pekerjaan anda sekarang namun anda bingung bangaimana caranya.
Baca hingga selesai artikel ini , insyaAllah bisa membantu anda dalam menentukan langkah tata cara pengunduran diri atau cara resign yang baik.

1. Bicarakan Langsung Dengan Atasan Anda
Pastikan dulu kalau atasan Anda yaitu orang pertama yang tahu tentang gagasan pengunduran diri Anda. Jangan pernah beredar gosip kantor mengenai pengunduran diri Anda, walau sebenarnya Anda belum bicara langsung dengan atasan Anda. Bila hal semacam ini terjadi, bukanlah tidak mungkin saja atasan Anda terasa ‘sakit hati’.

2. Infokan Pengunduran Diri Anda Dari Jauh Hari
Pengunduran diri mendadak bakal merepotkan beberapa orang. Jadi, berikan saat sekurang-kurangnya 1 bulan pada ketika Anda ajukan surat pengunduran diri sampai hari paling akhir Anda bekerja. Saat itu dibutuhkan untuk transisi pekerjaan pada Anda dengan orang yang bakal menukar Anda.

3. Selama masih bekerja Tetaplah Bekerja Sebagus Mungkin
Meskipun udah mengundurkan diri, bukanlah memiliki arti Anda jadi bekerja sembarangan. Tetaplah bekerja sebaik-baiknya. Bila butuh, kerjakan seluruh pekerjaan Anda saat sebelum hari paling akhir Anda, hingga Anda meninggalkan kantor lama Anda dengan kesan positif.

4. Jagalah Bicara atau tutur kata anda
Mungkin saja Anda mengundurkan diri lantaran ketidakcocokan dengan atasan atau rekanan kerja Anda. Namun, tetap jagalah bicara Anda sampai ketika Anda mengundurkan diri, baik secara langsung ataupun di sosial media.
Menjelek-jelekkan atasan atau rekanan kerja Anda sebagai argumen Anda mengundurkan diri bakal meninggalkan kesan negatif pada diri Anda.

5. Kembalikan Seluruh Properti Kantor
Sepanjang bekerja, mungkin saja Anda mendapat utang seperti laptop kantor atau properti yang lain. Janganlah lupa untuk kembalikan beberapa barang ini saat sebelum Anda geser ke kantor baru.
Dari mulai kartu asuransi, ID card, laptop, BB, handphone, mobil, motor, serta yang lain mesti dikembalikan. Bila tidak, itu namanya kita maling. Umumnya kantor miliki form serah terima untuk hal sejenis ini. Pastikan dulu semua beres di hari paling akhir kita bekerja.

Baca Juga : Contoh Surat Resign


 6. Menjaga Privasi perusahaan
Meskipun udah tidak bekerja di kantor lama Anda, Anda tetap mesti melindungi kerahasiaan perusahaan dan klien Anda. Hal semacam ini semakin harus di perhatikan bila Anda pernah menandatangani non-disclosure agreement.

7. Pamit kepada Atasan dan Teman Kerja
Pamit pada semua rekanan kerja, baik secara langsung ataupun lewat e-mail, memberi kesan yang baik. Terima kasih yang simpel atas peluang Anda untuk bekerja serta pelajari hal baru di kantor Anda juga cukup, kok.

8. Janganlah Lupakan Klien Anda
Janganlah lupa memberitahukan pada klien atau pihak lain diluar perusahaan yang terkait dengan Anda tentang pengunduran diri Anda. Perkenalkan juga mereka dengan orang yang menukar Anda, untuk meyakinkan transisi pekerjaan yang mulus.

9. Jagalah Kontak Dengan Atasan Serta Rekanan Kerja
Jagalah networking Anda dengan atasan serta rekanan kerja di kantor lama. Bukanlah tidak mungkin saja networking ini bakal bermanfaat untuk Anda di masa-masa depan.

Baca Juga : 16 Alasan Resign Kerja yang Profesional

Bagikan pengalaman dan komentar Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga artikelini  kepada rekan-rekan dan kenalan Anda.

Terima kasih

0 Response to "9 Langkah Mengajukan Pengunduran Diri yang Baik"

Posting Komentar