Apa itu Black Friday ?


Apa itu Black Friday?

Black Friday adalah fenomena di mana berbagai toko saling berlomba memberi diskon besar-besaran. Bisa dibilang pengertian Black Friday sendiri ini juga menandai musim belanja liburan. Bagi kamu yang belum tahu, Black Friday sebenarnya merupakan hari setelah hari Thanksgiving di US.



Kapan Black Friday Berlangsung?

Sesuai dengan penjelasan diatas, Black Friday terjadi satu hari setelah Thanksgiving, yaitu pada hari Jumat di minggu keempat bulan November setiap tahunnya. Di 2018 ini Black Friday kira-kira akan berlangsung pada hari Jumat, 23 November 2018.


Sejarah Black Friday
Satu hal yang mungkin agak membuat penasaran adalah mengenai penamaan perayaan tersebut, kenapa harus Black Friday, kenapa tidak nama yang lain saja. Banyak sekali pendapat dari setiap orang mengenai hal tersebut, tetapi jawaban yang paling mendekati justru berasal dari Wikipedia, yaitu bahwa banyak sekali toko retail yang melaporkan tentang pendapatan tertinggi mereka yang berhasil dicapai pada perayaan Black Friday tersebut.

Kata Black atau hitam dari kalimat tersebut berasal dari catatan bisnis mereka yang ditandai dengan hilangnya tinta merah dan digantikan dengan tinta hitam, maksudnya adalah mereka berhasil menghilangkan kerugian mereka dan malah mendapatkan banyak keuntungan. Tradisi warna tersebut juga diterapkan pada berbagai software keuangan modern.


Berbagai macam cara dilakukan untuk melakukan promosi acara Black Friday, salah satunya adalah dengan iklan. Kebanyakan iklan telah dicetak di berbagai media pada hari Kamis atau saat Thanksgiving. Bahkan lebih parahnya lagi ada yang telah mengeluarkan iklan sejak awal November atau kadang-kadang malah di akhir Oktober. Beberapa toko juga melakukan promosi dengan menjual barang tertentu yang hanya dijual pada perayaan tersebut.

Tidak hanya berjualan di tempat saja, perayaan Black Friday ini juga dilakukan oleh toko secara online. Ada toko yang hanya berjualan offline saja, tetapi banyak juga yang menerapkan kedua sistem tersebut. Bahkan beberapa penjualan secara online malah sudah dilakukan sebelum hari Jumat.

Kenapa Black Friday Penting?

Bagi kita yang ada di Indonesia, momen Black Friday ini penting untuk kita manfaatkan jika ingin belanja dari toko online luar negeri dengan harga miring. Meskipun berasal dari US, tetapi mayorits toko online luar yang berasal dari berbagai negara turut memberikan diskon besar di momen Black Friday ini. Saya sendiri selalu memanfaatkan momen Black Friday untuk membeli domain, berlangganan server, membeli aplikasi, software, atau layanan yang memang saya inginkan dan sudah saya incar beberapa waktu sebelumnya. Hal ini karena saat Black Friday, harga berbagai macam produk dan layanan di luar negeri banyak yang turun drastis. Domain misalnya, jika di hari biasa saya harus membelinya seharga $10 lebih, saat Black Friday bisa saya dapatkan dengan harga hanya $5 saja. Lumayan kan menghemat pengeluaran... bisa buat borong dapat banyak hehehehe...


Bagikan pengalaman dan komentar Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga artikelini  kepada rekan-rekan dan kenalan Anda.

Terima kasih

0 Response to "Apa itu Black Friday ?"

Posting Komentar