Banyak Orang Gagal Bisnis itu karena Terlalu Keburu NAFSU & MARUK


Banyak Orang Gagal Bisnis itu karena Terlalu Keburu NAFSU & MARUK

Sebenarnya, mau memulai sesuatu yang modal dan resikonya tinggi, sebaiknya dimulai dari langkah yang bisa mengurangi risiko gagal-nya. Sama saja analoginya seperti: Batita yang akhirnya bisa berlari diawali dari ngesot dulu. Mau beli parfum harga ratusan ribu di marketplace yang kita gak pernah tau wanginya cocok apa nggak, salah satu manajemen resikonya, kita beli dulu testernya. Ibaratnya, coba mulai dipikirkan sebelum kalian menginvestasikan waktu dan uang kalian untuk sesuatu yang nilainya besar, mulai dipikirkan kira kira langkah apa yang bisa ditempuh terlebih dahulu untuk mengurangi resiko gagalnya. Contoh Mau buka bisnis jualan pakaian, karena melihat teman yang bisa konveksi sendiri, omsetnya sampai ratusan juta per minggu. Apa yang mereka "do" dan berhasil, belum tentu begitu kamu yang "do" hasilnya akan sama. Pengalaman dan Sistem yang terbentuk sangat berperan disini. Karena Bisnis pun butuh Proses, BUKAN CUMA DUIT. JIKA kalian ingin memulai bisnis (produk) yang bener bener kalian awam. Ini kalau dari saran saya ya.

STEP 1: JADILAH DROPSHIPPER terlebih dahulu
terhadap produk tersebut. margin sedikit ya wajar, harga modal jadi lebih tinggi ya gak papa. Jangan MARUK merasa "duh kalau saya beli sama supplier disini, harga modalnya kena 100ribu, padahal kalau saya bikin sendiri/import sendiri, modalnya cuma 80ribu", Karena kembali lagi saya tekankan. Ini adalah produk yang kalian belum fasih sebelumnya. Bikin sendiri mungkin kedengaranannya lebih murah, tapi banyak resiko dibalik semua itu, jika kalian terlalu terburu-buru.

Kelebihannya apa dengan menjadi dropshipper, kalian jadi tau:
1. Kelebihan dan Kekurangan dari produk tersebut
2. Repetisi pembelian produk tersebut
3. Keberatan² dari Customer yang akhirnya gak jadi beli
4. Lama produk yang out of stock hingga restock kembali.
5. Produk varian mana yang paling digemari
6. Banyaknya jumlah pembelian produk dalam sehari.
7. Jumlah chat pembeli yg sanggup kalian ladeni dalam 8 jam
8. Kendala dari produk yang kalian jual, baik dari segi konsistensi bahan, kerapihan pembuatan, daya tahan dengan situasi pengiriman (rentan/tidak). Dan yang terpenting, dari hasil dropship ini kalian akhirnya memiliki Database Customer yang pernah belanja di kalian.

STEP 2 : NAIK PERINGKAT menjadi STOCKIST
8 hal diatas itu akan menjadi bekal catatan dan analisa kalian untuk berganti profesi dari Dropshipper menjadi Stockist yang harusnya bisa mendapatkan harga lebih rendah dari pabrik. Nah ketika menjadi Stockist, kalian sudah memiliki bekal ilmu dari apa yang bisa distock yaitu yang tentunya yang paling digemari dan tingkat repetisinya tinggi, dan jumlah yang distock. Disinipun ketika penghasilan sudah mumpuni, dan orderan makin banyak, kalian juga ada catatan, oh saya dalam 8 JAM sehari, bisa melayani chat pembeli sebanyak 50 orang dengan efektif. Ini yang akan jadi patokan kalian ketika mencari CS, kalian sudah tau flow jawaban terhadap keberatan para pembeli, jadi tinggal kasih script ke CS, dan jumlah leads tinggal dibuat tiap CS melayani 50 pembeli. Dari mulai gaji CS, bisa mulai hire orang desain untuk bikin image produk yang mau dijual di Marketplace/Sosmed/Website

STEP 3 : NAIK PERINGKAT menjadi PRODUSEN 
Dengan pengalaman yang sudah mumpuni, dan semakin banyaknya DATA dari 8 hal diatas, ditambah lagi pengalaman ketika sudah menjadi stockist. Barulah bisa mulai jadi produsen, kalian sudah tau apa saja yang mau kalian produksi sendiri dalam jumlah banyak, DAN kualitas apa yang bisa kalian perbaiki di branding produk kalian sendiri ini yang merupakan masukan dari keberatan² para customer ketika kalian menjual produk milik orang lain . Resiko kegagalan jauh lebih berkurang, dan kesuksesan jauh lebih nyata.

0 Response to "Banyak Orang Gagal Bisnis itu karena Terlalu Keburu NAFSU & MARUK"

Posting Komentar