Klik Bait itu Apa? Mengapa Harus Membuat Judul Klik Bait ?


Klik Bait itu Apa? Mengapa Harus Membuat Judul Klik Bait ?

1. Apa itu click bait ?

Click bait jika diterjemahkan berdasarkan etimologi kata dari bahasa inggris ke bahasa indonesia, Memiliki arti “Umpan Klik”. Sebenarnya kita sudah dapat sedikit menyimpulkan tentang pengertian yang sebenarnya dari istilah click bait ini. Click bait adalah suatu Judul konten yang dibuat dengan tujuan untuk menjebak seseorang, menjebak pengunjung untuk berkunjung ke website kita. Dengan membuat judul atau preview konten dengan semenarik mungkin, bahkan cenderung terlihat kontroversial, dan terlihat dilebih-lebihkan. Padahal isi dari konten, tidak sesuai atau malah jauh melenceng dari judul atau preview suatu konten yang diterbitkan. Terlalu wah tapi ternyata mengecewakan.

Sebenarnya klik bait ditujukan untuk mendapatkan penghasilan pemilik website dari iklan yang mereka pasang, Namun dengan mengorbankan kualitas atau akurasi konten, dengan bergantung kepada judul yang sensasional atau gambar yang menarik mata guna mengundang klik dan mendorong penerusan artikel tersebut melalui jejaring sosial. Judul umpan klik umumnya bertujuan untuk mengeksploitasi "kesenjangan keingintahuan" dengan hanya memberi informasi yang cukup membuat pembaca penasaran ingin tahu, tetapi tidak cukup untuk memenuhi rasa ingin tahu tersebut tanpa mengklik pada tautan atau link yang diberikan.

2. Ciri-ciri click bait

Ciri-ciri click bait sangat mudah dikenali. Kebanyakan orang awam pun tahu jika konten yang akan dilihat atau dibacanya adalah konten click bait. Namun, karena rasa penasaran manusia yang besar. Sehingga seseorang pun tertarik untuk mengklik dan melihat berbagai konten klik bait yang diterbitkan. Berikut ciri-ciri konten click bait :
1. Konten memiliki judul atau preview yang berlebihan (mengundang kontroversi), dan mengundang rasa penasaran orang yang melihatnya, Terkadang judul klik bait itu berbau m3sum.
2. Isi konten tidak sesuai dengan judul dan preview (thumbnail) yang diterbitkan. Atau juga isi konten sama sekali tidak ada hubungan nya dengan judul dan preview konten yang diterbitkan.

3. Contoh dan jenis click bait

Banyak sekali konten click bait yang beredar di dunia maya. Khususnya seperti di situs situs berita, sosmed, blog, youtube dan lain sebagainya. Pada umumnya , konten tersebut dibuat untuk menarik banyak pengunjung. Sehingga si pembuat konten mendapatkan banyak uang dari konten yang ia buat. Nah, berikut beberapa contoh sederhana konten klik bait. Artikel / berita click bait
Judul berita : Heboh, Ar1L mengunggah foto bug*l di akun instagramnya
isi konten : Foto Ar1L waktu masih bayi 
Judul berita : Seumur hidupnya, karina sudah melahirkan puluhan anak. Baca selengkapnya . . .
Isi konten : Ternyata si karina nama seekor Kucing


4. Tujuan pembuatan click bait

Tujuan dari pembuatan konten click bait ini tentunya sangat bervariasi. Karena memang, setiap orang atau kelompok mempunyai tujuan nya sendiri-sendiri. Namun biasanya, konten klik bait memiliki tujuan pembuatan seperti di bawah ini.

1. Menarik dan mengundang banyak pengunjung / viewer untuk mengeklik konten click bait.
2. Untuk mendapatkan banyak penghasilan dari iklan dari banyaknya pengunjung yang mengunjungi konten click bait kemudian mengeklik iklan.
3. Sekedar iseng dan hanya untuk guyonan / lucu-lucuan (prank)

5. Manfaat dari adanya click bait

Manfaat dari konten click bait, biasanya hanya diperoleh si pembuat konten saja. Karena dengan banyaknya pengunjung ke blog atau situsnya. Dengan demikian, penghasilan dari si pembuat konten dari iklan akan naik. Mereka dapat banyak pengunjung banyak traffik, dapat banyak uang, dan tentunya dari uang, sedikit banyak kebahagiaan dapat mereka peroleh. Meskipun mendapatkan dengan cara yang tidak baik. Dari segi pengunjung, jika konten click bait hanya di buat untuk lucu-lucuan saja. Maka kedua sisi sama-sama diuntungkan, karena sama-sama terhibur. Dari berbagai prank, yang tentunya tidak kelewatan. Akan menimbulkan canda tawa bagi pembuat, penyebar dan juga pengunjung atau yang melihat konten click bait.

6. Dampak buruk, efek negatif dari adanya click bait

Tentunya, dampak negatif dan efek buruk dari konten klik bait ini banyak dirasakan oleh pengunjung / visitor. Mereka akan disuguhkan dengan berita palsu, yang tidak akurat dan melenceng jauh dari judul yang ada. Sehingga menimbulkan rasa kesal dan jengkel di hati para pengunjung yang mengklik konten klik bait. Terkadang, malah menimbulkan banyak perdebatan. Karena beberapa konten klik bait sudah menyangkut nama baik orang atau suatu kelompok tertentu. Dan pada akhirnya berujung ke pengadilan. Bagi pembuat konten klik bait. Dampak buruknya, jika memiliki akun periklanan yang sangat sensitif, misalnya seperti google adsense. Karena konten palsu tersebut, baik berupa artikel dan video youtube click bait. Sehingga dapat menyebabkan penghapusan konten, situs dan chanel yang dibuatnya. Tentunya, akun google adsensenya terancam di b4nned.

Semoga artikel ini bermanfaat
Kritik dan saran silahkan ditulis di kolom komentar !!!

0 Response to "Klik Bait itu Apa? Mengapa Harus Membuat Judul Klik Bait ?"

Posting Komentar