Menghitung Biaya Iklan dengan Profit Penjualan



Menghitung Biaya Iklan dengan Profit Penjualan

Bagi pemain yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan per penjualan yang besar, akan pilah pilih produk yang diiklankan, usahakan dapat produk yang spesifik, yang persaingannya tidak terlalu ketat, persaingan biaya per kliknya tidak di atas 2.000 per klik. Karena kalau yang stok stok produk harus diperhitungkan juga kemampuan packing tim kita sehari berapa kapasitasnya, supaya layanan tetap bisa kirim sebelum 1x24 jam. Supaya pembeli juga makin senang. Paket cepat diterima dan uang cepat cair ke rekening kita.

Kita butuh profit lebih untuk bisa bertumbuh, tidak sekedar packingannya banyak tapi ga untung !!!

Misal sehari dapat 10 orderan x profit bersih per barang 60.000 = 60.000
Cukup bungkus 10 orderan saja kan ?

Beberapa kategori produk di marketplace, sudah untungnya kecil dibawah 10.000, biaya per kliknya tinggi, convert ke orderannya kecil, padahal iklannya sudah jago.

Minim 30.000 - 35.000 lah ambil untung sekali proses order

Kalau mau dapat 300.000 per day ya bungkus / proses 10 order

Dapat bersih 300.000 per day dikali 20 hari = 6.000.000


Nah milih produk yang untungnya bisa di atas 30.000 itu yang tidak bisa langsung ketemu, kadang nyoba dulu, jalan iklan, setelah jalan ada orderan, profit lanjut, tidak profit ganti produk. Kadang nyarinya tidak cukup di online tapi blusukan ke produsen dan supplier di offline. Tapi keuntungannya bisa besar kalau nemu market-market yang kompetisinya tidak berat. Tapi profitable.

Bagi yang sudah tahu cara iklan yang bagus, optimasi biaya, ketepatan pemilihan keyword, tinggal gonta ganti saja produk kalau memang produknya tidak profit. Kalau main di produk yang terlalu mainstream, seberapa kuat biaya iklan kita, dan seberapa besar hasil yang didapat dari iklan.

Karena mengandalkan organik saja di marketplace itu tidak cukup, banyak yang sama-sama mainnya maunya organik saja, tapi untunngya jalan terus. Sama saya juga pinginnya seperti itu. Tapi semakin banyak penjual di marketplace. Maka marketplace akan semakin menyeleksi dan semakin bisa memonetize dan memilih seller yang mau keluar uang untuk biaya promosinya. Karena dari situ salah cara mereka dapat penghasilan.

Banyak praktek, banyak belajar, banyak analisa, kalau jam terbang sudah tinggi nanti akan lancar juga.

Screenshot iklan salah satu produk yang diiklankan selama satu bulan



Biaya Iklan 162.900
Omzet Penjualan 12.800.000

Bagikan pengalaman dan komentar Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga artikelini  kepada rekan-rekan dan kenalan Anda.

Terima kasih

0 Response to "Menghitung Biaya Iklan dengan Profit Penjualan"

Posting Komentar