Pengertian Dropship dan Cara Memulai Bisnis Dropship



Pengertian Dropship dan Cara Memulai Bisnis Dropship

Pengertian Dropship Menurut Wikipedia,  dropship adalah sebuah teknik pemasaran dimana penjual tidak menyimpan stok barang, dan dimana jika penjual mendapatkan order, penjual tersebut langsung meneruskan order dan detail pengiriman barangnya ke distributor/supplier/produsen.

Dropship adalah sistem dan pola bisnis yang popular terutama sejak kemunculan dunia digital internet. Dengan pola dropship, ada banyak pihak yang terbantu baik itu supplier, dropshipper dan konsumen atau pembeli. Supplier adalah pemilik barang yang memiliki stok, dropshipper adalah pihak penjual (marketer dan seller) yang menjual barang milik supplier, dan konsumen adalah pembeli yang membeli barang dari dropshipper.

Kalau Begitu, Apa Bedanya dengan Reseller?

Sebetulnya hanya satu yang membedakan antara reseller dan dropship. Apa itu? STOK BARANG. Kalau reseller biasanya harus punya modal terlebih dahulu untuk membeli barang tersebut dan kemudian menyetoknya. Sementara dropship, kita tidak perlu punya modal untuk bisa menyetok barang. Dropshiper bisa langsung menjual produk hanya dengan modal gambar dan spesifikasi produk saja sehingga lebih mudah memang untuk dijalankan.

Istilah dropship seringkali dicampuradukkan dengan reseller. Padahal, keduanya merupakan metode berjualan online yang sangat jauh berbeda. Untuk menjelaskan apa itu dropship serta perbedannya dengan reseller, kita bisa menyimak penjelasan di bawah ini. Dropship adalah sebuah metode jual beli online di mana penjual tidak melakukan stok barang ataupun proses pengiriman. Dalam sistem ini, akan sangat dibutuhkan seorang supplier sebagai pemasok barang. Penjual akan memajang foto-foto barang dagangan supplier di website atau akun media sosial sebagai tempat berjualan. Jika ada pembeli yang memesan, maka penjual cukup meneruskannya pada supplier. Berikan data-data pembeli seperti nama, alamat, pesanan serta nomor telepon disertai pembayaran barang pada supplier.

Diagram Pola Bisnis Dropship



Lalu Dimana Peluang Bisnisnya?

Sistem dropship ini sebetulnya bisa menjadi peluang bisnis menjanjikan. Anda bisa memulai bisnis bahkan tanpa modal sedikitpun. Kok bisa tanpa modal? Ya, bisa sekali karena dalam sistem dropship ini, anda bisa berperan sebagai seorang dropshiper yang tidak perlu memiliki stok barang. Sementara stok barang hanya cukup di pihak supplier saja. Sebetulnya di era ini, siapapun bisa menjadi seorang dropshiper yang penting ada kemauan untuk menjual karenanya skill menjual menjadi sangat penting.

Apa Saja Keuntungan Dropship?

Sistem dropship sebetulnya bisa memberikan keuntungan bagi siapa saja yang ingin terjun ke dunia bisnis. Bagi supplier, mereka dibantu barangnya dipasarkan secara lebih luas. Begitupun bagi dropshiper, ini bisa menjadi peluang mendapatkan penghasilan besar bahkan tanpa modal sekalipun. Dropshiper bisa menentukan keuntungan berapapun sesuai dengan keinginannya karena biasanya harga yang diberikan supplier sudah cukup murah. Sementara dropship rata-rata tidak membutuhkan modal besar. Bisnis dropship biasanya dilakukan oleh pemula, sementara mereka yang sudah punya cukup pengalaman akan menjadi reseller.


Apa Saja Skill yang Dibutuhkan?

Jika hanya sekedar mencoba untuk mulai ikut jalankan pola dropship, tak perlu modal khusus yang perlu dimiliki. Namun jika hasilnya ingin memuaskan, maka ada baiknya memang jika menambah skill anda dengan beberapa kemampuan lain khususnya dalam bidang marketing. Skill dasar yang harus anda kuasai adalah paham internet termasuk media sosial, marketplace dan lainnya. Sementara skill advance lain yang diperlukan adalah Search Engine Optimization (SEO), Social Media Optimization (SMO), copywriting, teknik closing, dan lainnya. Bisnis ini terutama dropship juga termasuk bisnis yang fleksibel karena sangat menghemat waktu. Dalam dropship terutama tidak akan dibutuhkan proses pengiriman barang sehingga kita memiliki lebih banyak waktu luang.

Bagaimana Cara Memulainya?

Kalau memang sudah jelas, maka hal selanjutnya tinggal cara memulainya. Namun terkadang ada banyak belum paham bagaimana cara memulainya. Agar bisa memulainya, hal pertama yang anda harus lakukan adalah dengan mencari supplier terlebih dahulu. Pastikan anda menghubungi pihak supplier termasuk meminta ijin untuk membantu menjualnya. Kita cukup mencari supplier dan mendaftarkan diri untuk menjadi dropshipper. Pendaftaran ini biasanya gratis tanpa ada persyaratan ataupun pembayaran tertentu. Kita bisa mulai berjualan setelah mendapat katalog produk dari supplier Bahkan bisa lakukan perjajian bersama supplier. Supplier yang dipilih pastinya yang terpercaya dan memiliki kualitas barang atau jasa yang bagus. Setelah menemukan barang yang pas dari supplier terpercaya, selanjutnya anda tinggal langsung menjualnya.

Kekurangan atau Kelemahan Droship
- Karena tidak memiliki stock barang maka jawaban ada atau tidaknya stock barang tergantung kecepatan respon dari komunikasi dengan suplier. Jika suplier lama dalam menjawab pertanyaan stock kita maka kita juga akan lama dalam menjawab pertanyaan stock dari konsumen.
- Jika terjadi perubahan harga secara mendadak kita tidak bisa mengupdate data kita dengan cepat karena data harga barang juga yang mengetahui suplier.
-Terkadang ada suplier yang nakal kita minta ditulis nama kita di bagian pengirim ternyata suplier masih mencantumkan nama mereka , baik nama website maupun nama toko mereka yang ada di marketplace, jadi konsumen / pembeli justru terpancing untuk mencari dari mana kita mengambil barang setelah ditengok oleh pembeli data suplier tersebut pembeli kecewa melihat harga barang yang dibeli tadi ternyata murah sedang kita jual sedikit lebih mahal (mengambil untung) dengan begitu pembeli tidak lagi membeli ke kita malah langsung beli ke suplier (ini kelemahan yg susah untuk kita hadapi karena bagaimana kita tahu suplier akan selalu menuliskan hanya nama pengirimnya kita saja, pasti ada saja yg menulis nama atau link suplier juga).

Semoga artikel ini bermanfaat
Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar.

0 Response to "Pengertian Dropship dan Cara Memulai Bisnis Dropship"

Posting Komentar