Tips Menghindari Penipuan Jual Beli Online di Bukalapak


Tips Menghindari Penipuan Jual Beli Online di Bukalapak

Sudah tahukah anda bahwa belanja di marketplace-pun ternyata juga bisa kena tipu? ya sebenarnya marketplace sendiri sudah memberikan fasilitas sedemikian rupa dan menanamkan kepercayaan agar antara penjual dan pembeli dapat bertransaksi jual beli dengan aman dan nyaman. Namun masih ada saja celah yang dengan sengaja dimanfaatkan oleh penipu untuk menipu korbannya walaupun berbelanja melalui marketplace. Akhir-akhir ini sering terjadi penipuan di MP sebutsaja B, modusnya bermacam-macam dan jika anda sebagai pembeli mengabaikan tulisan ini tentunya anda tidak akan mengerti, tidak paham kalau anda sedang dalam MODUS, atau akan jadi korban, jadi sebaiknya anda baca artikel ini sampai habis agar anda terhindar dari modus penipuan yang terjadi ketika anda berbelanja di marketplace.
Anda tak perlu khawatir karena ada tips aman untuk menghindari penipuan di Bukalapak yang bisa anda terapkan.



1. Pastikan Website yang Kamu Akses Diawali Https

Pertama, pastikan website yang kamu akses diawali dengan https. Bukan http saja, ya. Bukalapak sudah menggunakan https sejak lama demi keamanan para penggunanya.



2. Pastikan Website yang Kamu Akses adalah Milik Bukalapak
Pastikan website yang kamu akses adalah milik Bukalapak. Website resmi dari Bukalapak adalah www.bukalapak.com. Bukan yang lainnya.



3.Jangan Berikan Data Rahasia kepada Orang Lain
Yang ketiga, jangan pernah memberikan data yang sifatnya rahasia kepada orang lain. Misalnya data seperti username, password, OTP, dan lain sebagainya. Hal ini untuk menghindari pencurian akun yang bisa saja disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.



4. Abaikan Jika Mengalami Modus Phishing
Lalu jika ada modus phishing, abaikan saja, jangan diikuti. Apa saja yang termasuk modus phishing?

- Modus Proses Transaksi
Modus ini biasanya terjadi saat kamu melakukan transaksi. Oknum mengirimkan link phishing dan memintamu untuk mengonfirmasi pesanan dengan cara mengeklik link tersebut.
- Modus Mengatasnamakan Admin
Oknum mengirimkanmu pesan yang berisi bahwa kamu mendapatkan hadiah, promo, atau tawaran menggiurkan lainnya dan memintamu untuk mengeklik link yang diberikan.
- Modus Informasi Palsu
Modus ini ditandai dengan adanya oknum yang mengirimkan informasi palsu dan memintamu mengeklik link yang diberikan.


5. Jangan Mau kalau diminta TRANSFER ke rekening pribadi

6. Jangan Mau jika diminta TRANSFER oleh penjual dengan nominal yang tidak sesuai dengan nominal yang tertera di bukalapak.

7. Laporkan ke Tim Bukalapak Jika ada pihak yang meminta login dengan data kamu.


Demikian artikel dari saya semoga bermanfaat...
Wassalamualaikum,wr,wb

0 Response to "Tips Menghindari Penipuan Jual Beli Online di Bukalapak"

Posting Komentar