16 Cara Mengurangi Kecanduan Gadget pada Anak


16 Cara Mengurangi Kecanduan Gadget pada Anak

Anda memiliki anak yang suka rewel. suka menangis , kemudian anda memberikan Hp agar anak anda berhenti menangis, memberikan hp dengan alasan agar tidak rewel agar berhenti menangis, hati-hati mungkin anak anda sedang kecanduan hp. bagaimana cara mengetahui anak kecanduan hp atau tidak? ciri ciri anak yang kecanduan hp adalah jika anda minta hp saat anak sedang bermain hp maka anak anda selalu menolak, berkali kali diminta tetap menolak, yang kedua adalah durasi anak anda bermain hp sangat over atau berlebihan, anak anda tidak bosan -bosan atau tidak berhenti bermain hp , baru berhenti saat batrai hp habis, ini memang benar kecanduan, setiap hari bermain hp tanpa ada komunikasi dengan teman sebayanya maupun dengan anda. anak menjadi kuper karena hp, menjadi anti sosial sampai diajak bersalaman aja tidak mau. Tips jitu yang dapat mengurangi kecanduan bermain gadget pada anak:

1. Melarang /mencegah anak  memiliki ponsel sebelum berusia 14 tahun. Dan berilah pengertian secara halus kepada anak.

2. Membatasi screen time, sehingga anak mempunyai waktu lebih senggang untuk dihabiskan bersama keluarga nya.

3. Letakkan Televisi atau komputer di ruang keluarga. Sehingga setiap anak bisa menggunakannya, anak tidak akan merasa sendirian dan masih dalam pengawasan anggota keluarga lainnya.

4. Buat peraturan tidak boleh menggunakan gadget di tempat-tempat tertentu. Misalnya di meja makan, di kamar tidur, dan di mobil.

5. Membatasi jam berlaku untuk melihat televisi dan ponsel setiap hari nya. sehingga anak-anak bisa pergi tidur lebih awal dibanding anak lain.

6. Sudah umum bahwa anak akan meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Untuk itu, Para orang tua juga harus menjadi contoh yang baik, letakkan HP dan bermainlah bersama anak.

7. Ajaklah anak untuk bersosialisasi dengan teman sebaya nya. Contohnya ajaklah anak bermain di taman atau sekitar lingkungan rumah

8. Berikanlah mainan alternatif ,yang tidak ada sangkut paut nya dengan dengan gadget. Contohnya bermain Ular tangga,Monopoli,dll

9. Biarkan anak bermain di luar dengan catatan kita sebagai orang tua harus tetap mengawasi nya.

10. Pastikan untuk memberikan pujian pada anak ketika ia berhasil menahan diri untuk tidak bermain game dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan. Contohnya seperti mencium nya ,memberi acungan jempol, atau memberinya hadiah.

11. Ajaklah anak untuk mengenal alam sekitar nya, Contohnya melihat pemandangan sore hari saat di taman.

12. Berikan peraturan mengenai durasi penggunaan gadget pada anak setiap harinya. Misalnya dalam sehari mereka hanya boleh memainkan gadget selama 45 menit setelah selesai membaca buku cerita mereka.

13. Berikan mereka penjelasan dengan perhatian dan penuh kasih sayang mengenai dampak negatif dari penggunaan gadget yang terlalu lama bagi kesehatan mereka. Tidak perlu memarahi mereka,hal ini hanya akan membuat anak mengabaikan perkataan orangtua mereka.

14. Ajak anak untuk bemain bersama. Para orangtua dapat megajak anak mereka untuk menghabiskan waktu bersama dengan memainkan beberapa permainan seperti petak umpet, mewarnai buku gambar, bermain sepeda bersama.

15. Apresiasi setiap perubahan kecil yang dilakukan anak setiap mereka berhasil mengurangi durasi penggunaan gadget mereka. Misalnya dengan membelikan kue kesukaan mereka, atau dengan hal sederhana seperti pelukan dan ciuman penuh cinta. Para orangtua juga dapat memberikan apresiasi berupa kata0kata pujian seperti amazing, wonderful, great job, dan kata pujian lainnya.

16. Ajak anak untuk lebih bersosialisasi kepada teman sebaya mereka. Misalnya dengan mengundang teman mereka untuk makan siang bersama dirumah, dan kemudia mereka bisa menghabiskan waktu bersama dengan membaca buku bersama, bermain lompat tali, bahkan mengerjakan pekerjaan rumah bersama. Perhatian mereka yang pada awalnya sangat besar terhadap gadget dapat menjadi teralihkan karena mereka memiliki prioritas yang lebih penting, dibandingkan bermain dengan gadget mereka.


Bagikan pengalaman dan komentar Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga artikelini  kepada rekan-rekan dan kenalan Anda.

Terima kasih

0 Response to "16 Cara Mengurangi Kecanduan Gadget pada Anak"

Posting Komentar