21 Cara Mendidik Anak Nakal agar Patuh dan Menurut


21 Cara Mendidik Anak Nakal agar Patuh dan Menurut

Anak yang  baik tentu akan menjadi dambaan bagi setiap orang tua. Namun tak jarang orang tua memiliki anak yang nakal, orang tua tidak bisa mendidik mereka bahkan membiarkan kenakalan yang mereka lakukan. Berikut ini adalah cara mendidik untuk anak nakal yang bisa diterapkan oleh para orang tua jadi jangan biarkan anak durhaka terhadap orang tuanya. berikut cara mendidik anak nakal :


1. Tidak memberikan predikat nakal pada anak

Sering kali saat anak bertindak tidak sesuai dengan keinginan orang tua, orang tua berkata "DASAR ANAK NAKAL" , stop memberikan predikat tersebut kepada anak. Secara psikologis anak akan merasa bahwa dirinya memang nakal , anak malah kadang merasa bangga jika di sebut sebagai anak nakal. Karena memang pada dasarnya masa kanak-kanak adalah masa dimana masih mencari jati diri, mencari perhatian dari orang tuanya. Jadi anda harus berhati-hati dalam mengatakan predikat kepada anak.

2. Berikan contoh yang baik

Sebagai orang tua kita harus memberikan contoh atau teladan yang baik kepada anak. Karena anak akan meniru apa yang dilakukan orang tua. Jadi jika menyuruh anak melakukan suatu hal berilah contoh terlebih dahulu cara melakukan kebaikan tersebut.

3. Bersikap yang lembut
Walaupun anak kita bandel atau nakal kita tetap harus bersikap lembut kepada anak. Jangan malah kasar, karena keras dilawan keras yang ada hanyalah ke-egoisan orang tualah yang menang, karena yang lebih besar yang lebih tualah yang akan menang.

4. Tetapkan aturan dan beri sanksi yang tegas
Hal ini seharusnya dilakukan orang tua yaitu membuat peraturan dan sangsi , misalnya ketika anak tidak mau membereskan mainannya sangsinya misalnya mainannya akan di bereskan orang tua dan disimpan diatas lemari sehingga ke-esokan harinya jumlah mainannya berkurang, atau sangsi tidak boleh beli mainan lagi.


5. Jadi orang tua yang konsisten
6. Selalu bersikap tenang
7. Gunakan bahasa yang halus
8. Memberikan pendidikan agama
9. Peluk anak setiap hari
10.Pandangan kasih sayang

Baca Juga : Ayah yang Sabar vs Ayah yang disiplin Instan

11.Berikan pujian pada anak
12.Akui kesalahan anak
13.Dengarkan anak berbicara
14.Jangan mengeluh pada anak
15.Terima anak seadanya
16.Jangan terlalu memanjakan buah hati Anda
17.Beri perhatian lebih
18.Berilah hadiah jika sang anak menghasilkan sebuah prestasi
19.Hindari memukul
20.Jadilah sahabatnya
21.Teruslah bersabar

Baca Juga : 8 Cara Menghentikan Tangisan Bayi yang terbukti Berhasil

Bagikan pengalaman dan komentar Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga artikelini  kepada rekan-rekan dan kenalan Anda.

Terima kasih

0 Response to "21 Cara Mendidik Anak Nakal agar Patuh dan Menurut"

Posting Komentar