7 Faktor Penyebab Anak Kecanduan Gadget


7 Faktor Penyebab Anak Kecanduan Gadget

Secara ringkas, penyebab anak kecanduan gadget adalah beberapa faktor di bawah ini:

1.Pengasuhan yang kurang tepat
kesibukan orang tua, kurangnya pemahaman tentang dampak negatif gadget, dan teladan yang salah dalam berteknologi. Terkadang orang tua mungkin sudah mengawasi penggunaan gadget secara maksimal di rumah. Namun, lingkungan pergaulan anak akan semakin meluas seiring bertambahnya usia. Pengaruh teman sebaya pun semakin lama akan semakin menguat. Tidak jarang terjadi anak menjadi kecanduan gadget karena mengikuti teman-temannya di sekolah atau teman sepermainannya di lingkungan sekitar rumah. Orang tua perlu mengenali berbagai kebiasaan dalam lingkungan pergaulan anak karena pengaruhnya dapat merembet pada anak kita.

2.Kendali Diri Rendah
Faktor neurosains: efek dopamin yang menyebabkan kesenangan dan kendali diri yang masih rendah
Faktor neurosains kedua yang mempengaruhi kecanduan gadget pada anak adalah karena kendali diri mereka masih dalam masa perkembangan. Anak-anak umumnya hanya peduli pada hal-hal yang mereka anggap menyenangkan atau menguntungkan saat ini. Mereka belum mampu berpikir secara jangka panjang dan menganalisa dampak positif atau negatif yang dapat mereka alami di kemudian hari. Karena itu, mereka cenderung memainkan gadget terus menerus tanpa mampu menentukan batasan untuk diri sendiri tanpa bantuan orang dewasa di sekitar

3.Desain teknologi yang menarik

warna-warni yang cerah, fitur autoplay, notifikasi, dan faktor kejutan. Sadarkah Mama bahwa teknologi yang ada sekarang memang didesain untuk membuat orang kecanduan? Setiap produsen pasti menginginkan pengguna memakai produk mereka selama mungkin. Para pembuat aplikasi dan game paham betul bagaimana cara otak bekerja. Mereka lalu merancang berbagai fitur yang bertujuan untuk membentuk sebuah kebiasaan: agar pengguna memakainya lagi, lagi, dan lagi.


4. Pengaruh lingkungan
Terkadang orang tua mungkin sudah mengawasi penggunaan gadget secara maksimal di rumah. Namun, lingkungan pergaulan anak akan semakin meluas seiring bertambahnya usia. Pengaruh teman sebaya pun semakin lama akan semakin menguat. Tidak jarang terjadi anak menjadi kecanduan gadget karena mengikuti teman-temannya di sekolah atau teman sepermainannya di lingkungan sekitar rumah. Orang tua perlu mengenali berbagai kebiasaan dalam lingkungan pergaulan anak karena pengaruhnya dapat merembet pada anak kita.


5. Kesibukan
Kesibukan orang tua di era modern seakan tak ada habisnya, mulai urusan pribadi, keluarga, rumah tangga, pekerjaan, hingga komunitas. Memang tidak mudah menangani berbagai urusan sambil mendampingi anak. Karena itu, bagi sebagian orang tua, gadget seakan menjadi penyelamat yang dapat diandalkan. Sebagian orang tua dengan sengaja memberikan gadget pada anak agar mereka dapat menyelesaikan berbagai urusan lainnya sementara anak bermain gadget. Sayangnya, hal ini terkadang dilakukan secara kebablasan hingga anak pun akhirnya mengalami kecanduan.

6. Kurangnya ilmu
Meskipun kita kini hidup di era informasi, orang tua banyak yang belum menyadari bahwa anak-anaknya tengah dibesarkan di zaman yang berbeda.  Mereka lalai mengupdate diri dengan beragam informasi seputar pengasuhan anak di era digital, termasuk tentang dampak negatif gadget pada anak. Padahal, ditengarai bahwa beragam permasalahan seperti obesitas, kurang tidur, kurang bahagia, rendahnya kemampuan sosialisasi, dan berbagai gangguan kesehatan fisik dan mental lainnya, disebabkan oleh pemakaian gadget yang berlebihan.

7. Teladan yang salah
Banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa anak-anak banyak belajar dengan cara menirukan situasi di sekitarnya. Jika anak sering melihat orang tua sibuk bermain gadget di rumah, besar kemungkinan anak juga akan tumbuh dengan kebiasaan yang sama.

Penggunaan gadget oleh anak memang tak selalu berefek buruk. Namun, sebagai orang tua dari anak-anak yang lahir di era digital, kita perlu waspada tentang dampak negatif yang dapat disebabkan oleh penggunaan teknologi secara berlebihan. Memberikan teladan yang baik, membatasi waktu bermain gadget, juga memfilter konten yang boleh dilihat adalah beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua untuk mencegah kecanduan gadget pada anak.

Bagikan pengalaman dan komentar Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga artikelini  kepada rekan-rekan dan kenalan Anda.

Terima kasih


0 Response to "7 Faktor Penyebab Anak Kecanduan Gadget"

Posting Komentar