Advertisment

7 Tips Memilih Nama Domain yang Menguntungkan


7 Tips Memilih Nama Domain yang Menguntungkan


Siapapun yang baru pertama kali membeli domain pasti akan merasa kebingungan dalam memilih nama domain yang cocok untuk website anda. Anda mungkin bingung bagaimana cara memilih nama domain yang tepat. Memilih nama domain yang tepat memang sangat penting bagi keberhasilan bisnis karena nama domain website bisa memiliki dampak yang besar, menguntungkan bagi pemiliknya. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan memilih nama domain, pastikan anda memenuhi syarat-syarat ini agar tidak menyesal kemudian hari. Berikut 7 Tips Memilih Nama Domain yang Menguntungkan :

1. Jangan Mengunakan Domain Gratisan

Domain gratisan biasanya sering dicari oleh blogger pemula yang tidak sabar ingin menggunakan domain sendiri namun belum memiliki uang atau memang malas untuk membayar domain berbayar. Domain gratisan tersebut misalnya dari FREENOM contohnya seperti .TK, .GA, .ML, dll. Kekurangannya jika menggunakan domain gratisan adalah website anda kurang mendapat kepercayaan dari pengunjung.

2. Lupakan EMD Pilih Brandable Domain

EMD atau Exact-Match Domain adalah sebuah domain yang menggunakan kata kunci yang ditargetkan untuk mendapatkan ranking di mesin pencari. Misalnya anda ingin menargetkan kata kunci sewa proyektor maka domainnya www.sewa-proyektor-murah.com Exact-Match Domain sudah tidak begitu berpengaruh besar terhadap ranking di mesin pencari, khususnya Google. Exact-Match Domain sangat identik dengan web-web spam dan juga web-web berkualitas rendah. Dari pada EMD mending pilih beandle domain , seperti apa brandle domain kita ambil contoh tokopedia*com nama domain tersebut merupakan nama branding walaupun di depannya ada kata toko sebagai cirikhasnya.

3. Jangan Gunakan Trademark Nama Domain

Menggunakan trademark atau merek dagang milik orang lain pada nama domain dapat beresiko blog kita dituntut oleh pemilik trademark misalnya menggunakan domain: www.rumahikea.com bisa jadi perusahaan ikea tidak terima dan meminta domain anda diserahkan kepada mereka karena menggunakan trademark mereka tanpa izin, lebih parahnya lagi ada perusahaan yang memberikan denda kepada orang yg tanpa izin menggunakan domain dengan nama perusahaan mereka.


4. Pilih ekstensi .COM, .NET atau ccTLD

Mencari nama domain usahakan untuk mencari domain dengan ekstensi .COM. Alasannya karena ekstensi domain ini adalah yang paling populer di internet. ccTLD adalah singkatan dari Country Code Top-Level Domain, sebuah ekstensi domain yang dikhususkan untuk Negara tertentu.

5. Buat nama Domain yang Unik
Nama domain yang unik tentu akan sangat berkesan misal kirimartikel.com nama domain ini unik karena orang pasti mudah mengingat jika ingin mengirim artikel dan membaca artikel tempatnya ya di kirimartikel.com


6. Pastikan mudah Diketik, Diingat dan Diucapkan
Syarat lain selain unik adalah mudah diketik diingat dan diucapkan. beberapa domain susah dalam pengetikan contohnya seperti domain dengan huruf doble doble misal houzz*com susah dalam pengetikan harus mengingat bahwa huruf z nya ada 2 , google eh yang satu ini pengecualian walau huruf o nya ada 2 tapi karena setiap hari dibuka pasti tidak akan lupa pengetikannya.



7. Jangan Gunakan Domain Bekas

Sebenernya tidak masalah kalau kita menggunakan domain yang sudah pernah didaftarkan, cuma kadang-kadang domain tersebut bekas web spam, p0rnografi, virus atau konten-konten buruk lainnya untuk itu anda harus pintar pintar memilih domain jika memang ingin menggunakan domain bekas.

Jika ada pertanyaan kritik dan saran silahkan tulis di bagian komentar !!!

0 Response to "7 Tips Memilih Nama Domain yang Menguntungkan"

Posting Komentar