8 Cara MenghentikanTangisan Bayi yang Terbukti Berhasil


8 Cara MenghentikanTangisan Bayi yang Terbukti Berhasil

Hai Bunda apakah pernah mengalami si kecil menangis dan susah untuk dihentikan?. Mendengar tangis bayi jelas membuat orangtua bingung, tidak nyaman, dan gelisah. Respon tangisannya dengan cara yang tepat. Agar anak berhenti menangis bunda dapat melakukan dengab cara sebagai berikut:

1. Berikan susu
Hal pertama yang biasanya dilakukan ibu adalah memberikan ASI atau susu setiap bayinya menangis. Hal ini tepat dan cepat meredakan tangisnya. Memberikan susu pada bayi yang menangis biasanya bisa menghentikan tangisan bayi karena mendekatkan anak pada dada ibu bisa membuat anak tenang dan nyaman juga.. Jika bayi Anda menangis sambil mengemut atau menghisap tangannya. berarti Bayi butuh menghisap sesuatu. Bila tidak ada empeng, untuk kondisi darurat biarkan bayi menghisap jari kita untuk menghentikan tangisannya. Namun pastikan jari Anda benar-benar bersih.

2. Kendalikan suhu ruang
Cek tubuh bayi, jangan-jangan ia kepanasan atau kedinginan. Jika ia berkeringat karena suhu ruang terlalu panas, segera ganti bajunya agar ia tidak masuk angin. Lalu kenakan ia pakaian yang tipis dan nyaman. Sedangkan jika bayi Anda kedinginan, tambahkan jaket, celana panjang, selimut, atau kaus kaki pada tubuhnya. Jika Anda menggunakan AC, suhu yang pas adalah  25-26 ÂșC.

3. Goyang bokong
Seorang dokter anak di California, AS, Dr. Robert C Hamilton, memberikan tips menghentikan tangisan bayi dalam 5 detik. Caranya, lipat tangan bayi ke dadanya, lalu pegang kedua tangannya dengan tangan kiri Anda. Dan dengan tangan yang sama, gunakan jempol dan telunjuk Anda membentuk huruf  “0” dengan posisi di bawah dagu bayi. Pegang bokong bayi, condongkan tubuh bayi ke depan 45 derajat agar bayi tidak jatuh. Ayunkan tubuh bayi ke atas dan ke bawah secara perlahan. Lalu diikuti juga dengan menggoyangkan bokongnya ke kanan dan ke kiri secara perlahan juga.Timang-timang atau  Ayunan lembut dapat menenangkan bayi, tetapi ayunan yang paling ampuh untuk meredakan tangisan bayi adalah jiggling, yaitu mengayunkan badan bayi secara lembut sekali dengan gerakan ke kiri dan ke kanan, sehingga kepala bayi terayun seperti gerakan geleng-geleng kepala lembut. Lakukan perlahan, hal ini aman bila tidak dilakukan dengan gerakan kencang.

4. Bedong atau Lilit ‘kepompong’
Membungkus bayi seperti kepompong dengan menggunakan kain lembut atau dikenal dengan membedong ternyata membuat bayi sangat nyaman, seperti berada dalam rahim lagi. Cara ini dapat menghibur bayi yang sedang menangis. Pastikan saja lilitan kain tidak terlalu ketat. Fakta lainnya, bedong juga mampu mengatasi refleks kejut atau moro yang biasa dialami bayi baru lahir. Refleks ini kerap terjadi saat bayi tidur lelap (deep sleepy), sehingga dapat mengganggu tidurnya. Bedong dapat meredakan tangisan bayi karena membuat hangat dan terdekap, serasa seperti masih di dalam rahim. Perhatikan cara membedong yang baik karena bedong yang terlalu kencang tidak baik untuk bayi. Pilihlah bahan kain yang nyaman agar bayi tidak kepanasan.

5. Kenalkan posisi enak
Beberapa ahli menyarankan posisi paling enak buat bayi ketika ia sedang menangis adalah merebahkan bayi di perbatasan lengan dan siku tangan Anda yang ditekuk membentuk sudut. Posisi wajah bayi membelakangi Anda. Untuk membuatnya nyaman dan aman, sangga dada dan perut bayi menggunakan lengan dan telapat tangan Anda. Sementara tangan Anda yang lain menopang bokong bayi. Anda tidak akan butuh waktu lama mendiamkan tangisan si kecil, cukup beberapa menit saja. Posisi enak ini dikenal sebagai teknik Tiger in Tree.


6. Lambaikan dengan tisu kering
Beberapa saat lalu, seorang ayah membuat video dan mengunggahnya ke Youtube tentang trik membuat bayi tidur dengan tisu kering. Ternyata cara tersebut bisa digunakan untuk mendiamkan tangisan bayi juga.  Mudah sekali! Baringkan bayi di kasur, ambil selembar tisu kering. Lambaikan tisu pada mukanya. Lakukan hingga bayi tidak menangis lagi. Biasanya tidak lebih dari 10 lambaian tisu, si kecil sudah tertidur. Pastikan saja tisu yang Anda gunakan adalah tisu yang lembut

7. Membuat suara “Ssshhh”
Membisikkan suara "ssshhh" di dekat telinga bayi yang sedang menangis dapat menenangkannya. Asalkan suara yang Anda keluarkan dimulai dengan sangat lembut dan tenang. Jika bayi Anda menangis dengan suara yang sangat keras, keluarkan suara “ssshhh” sedikit lebih keras. Tujuannya agar si kecil dapat mendengar bisikan Anda. Namun, jangan lupa bisikkan juga, “Berhenti menangis, ya, sayang. Bunda bantu menenangkannya, ya.” Mengapa suara ssshh membuat bayi tenang? membuat suara “sus….”  yang panjang di telinga bayi. Suara ini adalah suara white noise yang ampuh untuk meredakan tangisan bayi. Suara shushing ini mirip dengan suara yang didengar bayi ketika ia masih berada di dalam rahim.

8. Suara emas
Lagu berirama lembut dapat mengubah suasana hati bayi Anda. Jika Anda tidak hapal lagu anak-anak yang berirama lembut, nyanyikan lagu favorit Anda saja. Namun pilih lagu dengan lirik yang positif. Atau buat lagu dan irama lagu sendiri. Jangan ragu untuk bernyanyi.


Bagikan pengalaman dan komentar Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga artikelini  kepada rekan-rekan dan kenalan Anda.

Terima kasih

0 Response to "8 Cara MenghentikanTangisan Bayi yang Terbukti Berhasil"

Posting Komentar