Advertisment

9 Tips Menghadapi Ujian CPNS


9 Tips Menghadapi Ujian CPNS

Pegawai Negeri Sipil (PNS) saat ini menjadi pekerjaan yang banyak diminati dan di idam-idamkan oleh calon mertua di Indonesia. Terbukti dari jumlah pendaftar yang makin meningkat dari tahun ketahunnya. Ditengah tingginya minat masyrakat yang ingin menjadi PNS, tentunya harus diiringi dengan usaha keras untuk mencapai hal tersebut. Namun jagan khawatir, berikut sedikit strategi dan tips yang bisa kalian gunakan menghadapi Ujuan masuk PNS.

Apa itu Computer Assisted Test (CAT)?

CAT merupakan sebuah metode ujian yang di kembangkan oleh pemerintah dimana prosedur ujian sudah berbasis komputerisasi. Dengan CAT, Soal ujian akan di terima secara acak di layar computer masing masing peserta, serta hasil ujian pun akan dapat langsung keluar saat setelah ujian selesai sehingga sangat efisien.

9 Tips Menghadapi Ujian CPNS

Untuk menjadi PNS bukanlah perkara yang mudah, perlua dibarengi persiapan dan usaha yang tekun. Berikut Tips yang bisa Kalian gunakan dalam menghadapi ujian penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS).

1. Berdoa

Doa tentu menjadi factor utama dari sebuah keberhasilan, maka dari itu mintalah pertolongan kepada-Nya agar di berikan kemudahan serta hasil yang terbaik.

2. Mengenal tahapan-tahapan ujian

Ada beberapa tahapan dalam ujian CPNS yang harus dilalui. Secara umumnada 2 seleksi yang harus dilalui yaitu seleksi Kompetensi Bidang (SKB) dan Tes Kompetensi Dasar (TKD).Model dan materi ujian untuk SKB bisa berbeda beda menyesuaikan kebutuhan formasi CPNS yang dibutuhkan. Sedang TKD merupakan seleksi yang harus dilalui dengan criteria kelulusan yang sama untuk setiap pelamarnya. Untuk saat ini TKD sudah dilaksankan menggunakan sitem CAT seperti yang sudah dibahas diatas.

Dalan pelaksanaannya TKD dibagi menjadi 3 jenis kelompok materi, yaitu Tes wawasan kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Baca Juga: 3 Cara Cepat Menjadi PNS

3. Belajar secara Konsisten

Tentunya Do’a harus disertai dengan Usaha yang gigih untuk sebuah hasil yang maksimal. Oleh karena itu, belajarlah secara konsisten agar mampu mengerjakan semua soal nantinya. Tidak perlu lama-lama yang terpenting adalah sebuah konsistensi.


4. Ketenangan saat menghadi ujian

Ketenangan meruapakan salah factor penting yang sangat menetukan. Tenangkan diri saat akan menghadapi ujian, jangan sampai grogi membuat anda melupakan semua hal yang sudah anda pelajari.

5. Latihan CAT

Latihan menggunakan simulasi CAT juga sangat penting agar anda terbiasa saat waktu ujian nanti. And anda dapat mempelajarinya di internet, sebab sudah bnyak situs yang menyediakan fasilitas simulasi CAT secara online.

6. Maksimalkan waktu ujian

Maksimalkan waktu untuk mengerjakan soal ujian. Jangan tergesa gesa keluar, jika memungkinkan untuk memeriksa jawaban anda, periksa siapa tau ada jawaban yang salah dan bisa diperbaiki. Gunakan waktu yang diberikan semaksimal mungkin.

Baca Juga: 10 Alasan ingin Menjadi PNS

7. Prioritaskan soal yang mudah

Jangan berkutat pada 1 soal dalam waktu yang lama, prioritaskan soal soal yang mudah terlebih dahulu untuk diselesaikan, agar tak menyita waktu. Sebab banyak soal yang harus di selesaikan, dan focus tetap terjaga.

8. Doa orang tua

Tentunya doa orang tua untuk anaknya tetaplah yang terbaik, maka dari itu mintalah restu agar Tuhan memberikan kemudah dalam menghadapi ujian nantinya.

9. Kondisi Prima

Tentunya kesehatan tubuh juga harus diperhatikan untuk menghadapi ujian. Dengan kondisi tubuh prima dan dengan persiapan yang sudah dilakukan sehingga bisa menyelesaikan ujian CPNS dalam kondisi terbaik.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan share 
Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan di kolom komentar.

0 Response to "9 Tips Menghadapi Ujian CPNS"

Posting Komentar