Advertisment

Sepeda Motor itu Mengantarkannya ke Mekkah


Sepeda Motor itu Mengantarkannya ke Mekkah


Tidak pernah terlintas dalam pikiran bahwa dirinya bisa berangkat umroh. Apalagi umroh itu hadiah dari seorang ulama, Ustadz Adi Hidayat. Berkat sepeda motornya itu, Doni warga Purwokerto, Jawa Tengah didaulat umroh oleh Ustadz Adi Hidayat. 

Kejadiannya pada kajian Ahad pagi (11/11) di Masjid Ar Rahman Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Di penghujung kajian Ustadz Adi memanggil salah seorang jamaah yaitu Doni. 

Dirinya mendengar bahwa Doni rela jauh-jauh dari Purwokerto ke Bandung hanya untuk mendengarkan langsung tausiah Ustadz Adi. 
“Ayo katanya ada yang naik motor dari Purwokerto khusus untuk kajian saya ke sini, mana orangnya?” tanya Ustad kepada jamaah. Tidak berapa lama pun yang bersangkutan mengacungkan tangan. “Saya Ustadz,” teriaknya dari bagian jamaah depan di dalam Masjid. 

Ustadz pun mempersilahkan Doni maju kedepan bahkan duduk di bangkunya untuk berbincang-bincang. “Betul kesini naik motor?,” tanya Ustadz. Benar Ustadz, Doni melanjutkan ceritanya, dari Sabtu siang saya berangkat dari Purwokerto dan Alhamdulillah baru sampai menjelang Isya ke masjid Ar Rahman. 

Tekad kuat ingin menyaksikan langsung tausiah Ustadz semata-mata hanya ingin belajar langsung. “Biasanya hanya lewat Youtube, saya ingin menghadiri langsung kajiannya beliau. Makanya saya belain dari Purwokerto ke Bandung,” ungkapnya. 
Rupanya mengunjungi Ar Rahman hanya untuk mendengarkan langsung kajian Ustadz bukan yang pertama kalinya. Doni mengaku sudah dua kali datang dan yang pertama bersama istrinya. “Dulu pernah bawah istri ikut kajian ke sini, sekarang gak dibawa karena kasihan jauh dan capek,” tuturnya. 

Niat tulus Doni menimba ilmu langsung dari gurunda rupanya dibalas Allah Azza Wa Jalla. Ustadz pun bertanya pada Doni mau apa? Tanpa muluk-muluk dia menjawab mulus. “Ingin didoakan saja agar selamat kembali ke rumah di Purwokerto,” ujar Doni. 
Ustadznya pun melontarkan kembali pertanyaan, terus mau apa lagi?. Doni pun tak berani meminta lebih. Hanya hitungan beberapa detik, akhirnya Ustadz Adi pun langsung menghadiahkan yang terbaik untuk Doni. “Ya karena antum sudah jauh-jauh datang dari Purwokerto, maka saya akan kasih hadiah umroh untuk antum,” kata Ustadz.

Tidak terasa mata Doni pun berkaca-kaca mendengar apa yang baru dilontarkan Ustadz Adi. Pria 26 tahun ini tidak menyangka dirinya mendapatkan hadiah yang luar biasa padahal niatnya murni hanya untuk menuntut ilmu. “Alhamdulillah ya Rabb atas hadiah ini,” ujar bapak anak satu ini. 

Mari jangan bosan untuk menuntut ilmu karena Allah Azza Wa Jalla akan meninggikan derajat mereka yang menuntut ilmu di jalanNya. Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَطْلُبُ فِيْهِ عِلْمًا سَلَكَ اللهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْـجَنَّةِ وَإِنَّ الْـمَلاَئِكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًا لِطَالِبِ الْعِلْمِ وَإِنَّهُ لَيَسْتَغْفِرُ لِلْعَالِـمِ مَنْ فِى السَّمَاءِ وَاْلأَرْضِ حَتَّى الْـحِيْتَانُ فِى الْـمَاءِ وَفَضْلُ الْعَالِـمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ. إِنَّ الْعُلَمَاءَ هُمْ وَرَثَةُ اْلأَنْبِيَاءِ لَـمْ يَرِثُوا دِيْنَارًا وَلاَ دِرْهَمًا وَإِنَّمَا وَرَثُوا الْعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ.

Barangsiapa yang berjalan menuntut ilmu, maka Allah mudahkan jalannya menuju Surga. Sesungguhnya Malaikat akan meletakkan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karena ridha dengan apa yang mereka lakukan. Dan sesungguhnya seorang yang mengajarkan kebaikan akan dimohonkan ampun oleh makhluk yang ada di langit maupun di bumi hingga ikan yang berada di air. Sesungguhnya keutamaan orang ‘alim atas ahli ibadah seperti keutamaan bulan atas seluruh bintang. Sesungguhnya para ulama itu pewaris para Nabi. Dan sesungguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar tidak juga dirham, yang mereka wariskan hanyalah ilmu. Dan barangsiapa yang mengambil ilmu itu, maka sungguh, ia telah mendapatkan bagian yang paling banyak.”

0 Response to "Sepeda Motor itu Mengantarkannya ke Mekkah"

Posting Komentar