Advertisment

Tips agar Memiliki Bounce Rate Kecil dan Mendapatkan Traffik Besar


Tips agar Memiliki Bounce Rate Kecil dan Mendapatkan Traffik Besar

Banyak sekali pertanyaan yang masuk mengenai bounce rate, apa itu bounce rate sendiri dan apa penyebabnya jika bounce rate mengalami peningkatan, apakah berpengaruh di search engine?? ataukah hanya sebatas analisa saja dalam google analytics.

Bounce rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan web/blog anda setelah hanya membuka satu halaman saja. Misal, pengunjung tersebut membuka halaman utama web/blog atau halaman tertentu web anda, namun tidak membuka halaman lainnya.

Nah, semakin banyak pengunjung yang hanya membuka satu halaman dan tidak berlanjut ke halaman lainnya, berarti semakin tinggi persentase bounce rate-nya. Artinya, semakin kecil persentase bounce rate berarti semakin bagus web anda. Mengapa demikian?

Sebab, diduga pengunjung tak menemukan apa yang dicarinya. Atau bisa juga karena web anda lambat untuk bisa dibuka. Atau bisa juga karena web anda hanya terdiri dari satu halaman. 🙂 Karena itu, pengunjung lalu mungkin menutup browser, atau menekan tombol “back” pada browser; atau mungkin pengunjung tertarik pada iklan yang ada di blog anda, atau link yang mengarah ke web lain.


Bagaimana bounce rate ini dihitung?
Rumus bounce rate= (jumlah pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman/jumlah total kunjungan) x 100%

Misalkan blog anda dikunjungi 100 ribu pengunjung per bulan. Pengunjung yang hanya mengunjungi satu halaman berjumlah 40.000.

Berarti bounce ratenya adalah = (40.000/100.000) X 100% = 40 %

Tentu anda tak perlu repot menghitung sendiri. Sebab anda bisa gunakan tool seperti Google Analytics

Apa yang perlu dilakukan agar Bounce Rate Kecil ?

Yang perlu anda lakukan intinya adalah berusaha agar pengunjung tak datang hanya dengan membuka satu halaman web. Oleh karena itu, anda bisa:

1.menambahkan page
2.menambah related post
3.menambahkan internal link
4.membuat desain blog/web yang lebih menarik
5.membuat akses blog/web lebih cepat


Faktor yang mempengaruhi bounce rate antara lain:

1. buat konten yang memang di cari sama orang
Banyak orang lain membuat konten hanya untuk mendatangkan traffik saja, namun pas di cari, judul dan konten itu berbeda, hindari hal ini.

2. kecepatan loading webiste
Bukan hanya kalian saja, saya yang berkecimpung dalam dunia website, jika menemukan blog lemot, apa yang akan di lakukan? Naluri manusia internet saja, pasti akan mengeluarkan atau keluar dari halam tersebut, dan memilih blog lain untuk mencari infomasi lainnya.

3. kaya akan gambar
Usahakan jika membuat konten itu kaya juga akan gambar, usahakan gambar nya ini keren dan bagus, walaupun kalian ga bisa buat gambar milik sendiri, bisa ambil dari Pixabay ko, atau situs lainnya, dan jangan lupa cantumkan sumber atau minimal banget jangan ngaku” itu foto milik kita dengan menggunakan Watermark.

4. usahakan UX tampilan website seimbang
Manjankan pengunjung dengan suguhan tampilan website yang bagus, minimal banget ya, itu ada related artikel, biar orang lain juga betah disana

5. membuat deep konten
Membuat deep konten ini memang rada memakan waktu, namun efek dari ini akan panjang, jika kalian ingin melihat deep konten yang sangat berkualitas, usahakan lihat situs tirto,id, disana tulisannya bagus semua, data, fakta, analisis data dan semaunya di bahas dalam satu konten.

6. keberuntungan atau pengalaman
Maksudnya keberutungan adalah pengalaman, pengalaman selama kamu bermain di dunia Web Programming dan SEO itu akan menjadikan modal bounce rate kecil, memang sungguh mustahil, banyak orang kaget dan tak percaya dengan Bounce Rate yang saya miliki, ini memang kenyataan, bounce rate saya hanya 3 persen saja bahkan jauh di bawah itu, jangan berharap lebih jauh jika dirimu tak mengekplorer kemampuan dalam jiwa mu sendiri.

Bagaimana Contoh Bounce rate itu? 
Contoh, pengunjung itu buka halaman paling utama situs/situs (blog) atau halaman spesifik situs anda, namun tidak buka halaman yang lain. Dengan begitu semakin sering pengunjung melakukan itu, artinya bounce rate anda semakin besar persetase nya, dan itu akan kelihatan jelek dimata google.

Bagikan pengalaman dan komentar Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan bagikan juga artikelini  kepada rekan-rekan dan kenalan Anda.

Terima kasih

0 Response to "Tips agar Memiliki Bounce Rate Kecil dan Mendapatkan Traffik Besar"

Posting Komentar