Advertisment

Jebakan Riba ini Mungkin Belum Anda Tau


Jebakan Riba ini Mungkin Belum Anda Tau

Riba adalah menetapkan / melebihkan jumlah pinjaman dengan persentase tertentu yang dibebankan kepada si peminjam. Adapun secara bahasa riba sendiri bermakna ziyadah atau tambahan, namun secara arti riba itu bisa diartikan membesar dan tumbuh.

Contoh riba utang-piutang
Misal si A meminjam uang sebesar 10 juta ke si B dengan janji akan dikembalikan dalam waktu 1 tahun. Selepas terjadinya akad, maka si A harus mengembalikan uang si B dengan tambahan bunga 10%. Nah yang dimaksud riba itu uang dari hasil 10 % peminjaman tersebut dan haram untuk dimakan.

Riba dalam utang adalah tambahan atas utang, baik yang disepakati sejak awal ataupun yang ditambahkan sebagai denda atas pelunasan yang tertunda. Riba utang ini bisa terjadi dalam qardh (pinjam/utang-piutang) ataupun selain qardh, seperti jual-beli kredit. Semua bentuk riba dalam utang tergolong riba nasi’ah karena muncul akibat tempo (penundaan).

Contoh riba dalam jual-beli
Misalya si A membeli motor kepada si B secara kredit.Dalam kesepakatan harus lunas dalam waktu 3 tahun pengangsuran dan ternyata si A tidak mampu melunasinya maka si B menetapkan perpanjangan kredit dengan aturan akan dikenai denda 10%. Jadi yang demikian ini juga contoh riba dalam jual-beli.

Riba dalam jual beli terjadi karena pertukaran tidak seimbang di antara barang ribawi yang sejenis (seperti emas 5 gram ditukar dengan emas 5,5 gram). Jenis ini yang disebut sebagai riba fadhl. Riba dalam jual-beli juga terjadi karena pertukaran antar barang ribawi yang tidak kontan, seperti emas ditukar dengan perak secara kredit. Praktek ini digolongkan ke dalam riba nasi’ah atau secara khusus disebut dengan istilah riba yad.

Hati-hati , Jebakan Riba ini Mungkin Belum Anda Tau, Waspadalah !!!
Masih banyak lagi praktik-praktik riba yang beredar dimasyarakat seperti :

bunga tabungan = riba
bunga deposito = riba
asuransi = riba + gharar + maysir (judi)
leasing = riba +gharar +maysir (judi)
kpr = riba
penggadaian = riba
Ojek Online Sistem Virtual Pay = Riba
Gop4y / Gr4bpay/eMoney/e-Cah/T-Cash = Riba + Gharar

Gharar atau taghrir adalah istilah dalam kajian hukum Islam yang berarti keraguan, tipuan, atau tindakan yang bertujuan untuk merugikan orang lain. 

Maisir atau Judi artinya bertaruh, baik dengan uang atau benda. Dapat juga di sebut sebagai suatu perbuatan mencari laba dengan jalan untung-untungan. Yang biasa juga disebut berjudi. Istilah lain yang digunakan dalam al-Quran adalah kata `azlam` yang berarti perjudian

Apakah Riba itu ber-Dosa ?
Begitu dahsyatnya riba itu, sampai disebutkan bahwa dosa menjalankan riba itu setara dengan berzina dengan ibu kandung sendiri. Berzina saja sudah berdosa, apalagi berzinanya dengan ibu kandung sendiri.


الرِّبَا سَبْعُونَ حُوبًا أَيْسَرُهَا أَنْ يَنْكِحَ الرَّجُلُ أُمَّهُ

“Riba itu ada tujuh puluh dosa. Yang paling ringan adalah seperti seseorang menzinai ibu kandungnya sendiri.” (HR. Ibnu Majah, no. 2274. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Dalam riwayat Al-Hakim disebutkan,

الرِبَا ثَلاَثَةٌ وَسَبْعُوْنَ بَابًا أيْسَرُهَا مِثْلُ أَنْ يَنْكِحَ الرُّجُلُ أُمَّهُ وَإِنْ أَرْبَى الرِّبَا عِرْضُ الرَّجُلِ الْمُسْلِمِ
“Riba itu ada 73 pintu (dosa). Yang paling ringan adalah semisal dosa seseorang yang menzinai ibu kandungnya sendiri.” (HR. Al-Hakim, 2: 37. Al-Hakim mengatakan bahwa hadits ini sesuai syarat syaikhain –Bukhari dan Muslim-. Hal ini disepakati oleh Adz-Dzahabi. Al-Bushiri mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih, demikian disebutkan dalam tahqiq Sunan Ibnu Majah oleh Al-Hafizh Abu Thahir)

Dalam Surah Al-Baqarah ayat 275 dan 276 menerangkan tentang larangan memakan harta riba. Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena (tekanan) penyakit gila. Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa jual beli itu sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Barang siapa mendapatkan peringatan dari Tuhannya, lalu dia berhenti, maka apa yang telah diperolehnya dahulu menjadi miliknya, dan urusannya (terserah) kepada Allah. Barang siapa yang mengulangi (mengambil riba), maka mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.

Hadis Nabi, "Satu dirham uang riba yang dimakan oleh seseorang dalam keadaan mengetahui bahwa itu adalah uang riba dosanya lebih besar dari pada berzina sebanyak 36 kali". (HR. Ahmad)

Semoga artikel ini bermanfaat
jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!


0 Response to "Jebakan Riba ini Mungkin Belum Anda Tau"

Posting Komentar