Kisah Nyata Driver Ojek Online Nakal


Kisah Nyata Driver Ojek Online Nakal 

Begitu kata kawan saya yang ex driver ojek online saat menceritakan kelakuan ndablek kolega2nya sesama driver.

Jadi ojek online ini di awal kemunculannya punya sistem iming2 bonus untuk driver yang online (nyalakan hape aja, nunggu orderan). Kalau online dari jam 10 sampai jam 16 dijamin bakal dapat kredit 400rb. Kalau dalam jam itu cuma dapat 200rb dari penumpang, perusahaan bakal ngasih dia sisa 200rb.


Pinternya orang kita, mereka (driver ini) tetap mengonlinekan gadgetnya tapi menyetting sinyal terkunci di 2G. Jadi perusahaan ojek online tetap memantau mereka online, sementara calon penumpang tidak bisa menjangkau gadget mereka karena sinyal kurang kuat. Para driver ini bisa tetap kerja di kantornya tapi dapat gaji juga dari perusahaan ojek online. Satu hari 400rb. Satu bulan 12jt gaji buta berhasil dicuri.

Setelah jalan kurang lebih 8 bulan, kata kawan ini, perusahaan ojek online menyadari pencurian ini. Lantas dirubahlah sistem, kali ini harus mendapat 3 trip di sesi 1 (jam 10 - jam 13) dan 4 trip di sesi 2 (jam 13 - jam 16) dengan penumpang yang tak boleh sama. Mereka mengira sistem ini bisa mengatasi driver yang maling.

Tapi apa apa masih lebih pinter malingnya.

"Sampean tahu Pokemon Go, mas?"

Kawan saya kemudian menjelaskan tentang aplikasi GPS Tracker yang dulu digunakan pemain Pokemon Go untuk 'berjalan secara virtual'. Jadi tinggal klik titik di peta, maka aplikasi ini akan membuat GPS membaca kalau kita benar2 berjalan.

Aplikasi ini yang kemudian digunakan para driver ndablek untuk membuat seolah mereka benar2 melakukan trip. Lha lalu penumpangnya? Ya gampang, tinggal modal hape lain & beli nomer perdana untuk bikin id baru. Bahkan ada yang sampai pakai 4 hape.

Jadinya mereka ini tinggal nongkrong di warkop, order pakai hape #1, terima pakai hape ojek online, pakai GPS Tracker, dapat deh gaji buta.


Kawan saya ini paham tapi ga mau ikut cara itu. "Maling mas. Ga barokah rejekine."

Tapi hebatnya para maling, setiap kawan saya melewati warkop pangkalan, mereka bakal teriak guyon, "Woi ojek goblok lewat."

Goblok karena ga mau kerja ringan ala maling seperti mereka.

Semoga mereka2 ini sewaktu nyangkruk di warkop ga sambil ngerasani pejabat dan aparat yang korup. Nanti kan seperti peribahasa "Maling Teriak Maling" hahahha...

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share
jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!


0 Response to "Kisah Nyata Driver Ojek Online Nakal "

Posting Komentar