Kisah Nyata Nasib Apes Tukang Ac


Kisah Nyata Nasib Apes Tukang Ac

Akhir pekan paling enak buat bersih-bersih rumah biar suasana rumah tetap bersih dan nyaman. Seperti biasa, setiap 3bulan saatnya AC rumah dicelaning biar tetap dingin dan awet.. Hanya saja kali ini tukang cuci AC langganan sudah pindah, sehingga terpaksa cari yg lain..

Setelah tadi malam pesan layanan cuci AC lewat web, paginya tukang AC datang. Biasanya tukang ac langganan saya langsung menuju unit AC Indoor di kamar, pasang tangga, minta ember dan bongkar casing AC. Sementara tukang AC yg ini agak beda.. dia pasang tangga di unit Outdoor terus langsung colok Manifold Gauge ke katup freon outdoor..

Baca Juga : Kisah Nyata Bapak Tua Penjual Kerupuk 

"Pak..Freon-nya habis nih! Tuh jarumnya nunjukin angka nol.. Kalau cuma dibersihin ga akan dingin Pak.." kata Tukang AC.

Hmmm... bukan cuma predator yg punya naluri, mangsa pun juga punya naluri. Predator bernaluri menerkam, mangsa bernaluri menghindar..

Namun kali ini mangsanya pura-pura bego biar predator senang. "Oh gitu ya Pak... kalau nambah Freon berapa Pak?" tanya saya.

"Cleaningnya 60rb terus isi Freon 350rb Pak.. total saya itung 400rb aja.." jawab tukang AC.

"Kalau gitu dicuci dulu aja Pak.. isi Freonnya nanti.."jawab saya.

"Atau gini aja deh Pak, saya kasih harga khusus 250rb deh Pak.. biar ada hasilnya.. ACnya jadi adem dan nyaman" rayu dia.

"Emang Bapak bawa freon yg cocok dengan AC saya?" mangsa mulai menggeliat.

"Itu ada Pak di motor saya.. tinggal colok beres Pak..!" jawabnya sambil nangkring di atas tangga megangin Manifold Pressure Gauge.

Saya berjalan ke arah motor dia, lalu saya amati sekilas tabungnya. Lah kok ditutupi stiker.. Akhirnya saya kupas, dan tadaaa... rupanya freon yg dia bawa type R410A. Sementara freon AC saya pakai type R32.

FYI: Freon type R32 adalah Freon jenis terbaru yg memiliki efisiensi lebih baik dibanding type freon lainnya.. AC terbaru yg dilengkapi inverter & low watt hampir dipastikan memakai Freon type R32. Selain itu R32 juga ramah lingkungan. Selengkapnya silakan gugling sendiri ya..
Dan, setiap jenis Freon telah disesuaikan dengan spesifikasi mesin sehingga tidak bisa sembarangan gonta-ganti jenis Freon apalagi dioplos!

Sambil tersenyum saya dekati Tukang AC itu kemudian saya amati selang manifold yg dia colok. Rupanya dia sengaja sedikit mencolok selang manifold ke katup freon sehingga tekanan freon tidak terbaca. Saya kencengin tuh selang manifold ke katup dan tadaaaa.... Jarum indikator di manifold pressure gauge langsung bergerak ke angka 130!

Tukang AC melongo.. lalu dengan polosnya bertanya "Bapak paham AC?".

"Saya lahir jebret sudah menghirup udara AC Pak.. kelas 1SD setiap minggu disuruh Bapak saya cuci filter AC..Sudah Pak, sekarang cuci AC saja.. ga usah tambah-tambah freon!" mangsa berubah menjadi predator.

Sambil melepas manifold, dia melakukan gerakan serangan terakhir "Tapi ini selangnya gampang bocor lo Pak!"

Saya ambil air di gayung dicampur sedikit rinso, lalu saya suruh tukang AC itu melumuri sekitar katup & selang AC dengan air sabun. Dan sekali lagi, tukang AC terdiam menatap air sabun hanya membasahi selang dan katup tanpa muncul gelembung sedikitpun.. Artinya tidak ada yg bocor!

Baca Juga : Kisah Nyata Kakek Penjual Bantal 

Dengan wajah masam akhirnya dia pindahkan tangga ke dalam kamar dan mulai mencuci AC seperti order semula..

AC pun kembali dingin dan Tukang AC pulang dengan rejeki yg sesuai dengan jatahnya di hari itu.

Rejeki itu sudah ada takarannya, apapun jika sudah rejekinya akan datang juga kepadamu, begitupun sebaliknya jika kamu mengelabuhi, memaksa agar rejeki itu ada untuk kamu akhirnya malah tidak jadi datang kepadamu karena mungkin ya belum rejekimu. Jadi berusahalah untuk jujur , agar Allah pun memberikan limpahan rejeki. Siapa Menanam pasti mengetam....

Tips untuk para pengguna AC di rumah:
1. Rajin bersihkan filter AC maksimal 2minggu sekali.
2. Cuci AC setiap 3bulan agar kinerja AC tetap maksimal sehingga tidak boros listrik.
3. Kenali spesifikasi AC, terutama jenis freon yg digunakan.
4. Jangan mudah terkecoh menambah Freon.
5. Jikalau harus menambah Freon, pastikan jenis dan tekanan Freon sesuai spesifikasi AC.
6. Jika AC dicuci oleh tukang AC, jangan lupa kawal mereka untuk menghindari hal-hal yg tidak diinginkan.
7. Usahakan set suhu di atas 23°C, dan ruangan tertutup sempurna agar tidak boros listrik dan kompresor tetap awet.

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share
jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!


0 Response to "Kisah Nyata Nasib Apes Tukang Ac"

Posting Komentar