Modal Bisnis yang Paling Utama itu Bukan Duit


Modal Bisnis yang Paling Utama itu Bukan Duit

Rata-rata pemula masih berpikir, memiliki modal itu untuk sewa tempat, kantor yang keren, gaji beberapa pegawai, sama modal buat stok produk padahal ini tuh langkah terakhir, bukan modal awal. Ingin berjualan, ide bisnis banyak tapi dia sendiri aja gak dikenal orang, produknya aja gak dikenal orang. gimana mau laku? Membuat tempat usaha yang bagus instagramable, tapi gak ada yang tau, siapa yg mau datang? Berapa banyak restoran dengan interior keren namun tetep saja tutup atau Produk yang secara packaging udah keren banget, tapi teryata gak kedengeran lagi kabarnya sampai sekarang.

Modal bisnis yang paling utama itu BUKAN DUIT tapi adalah

1. Berani dulu ACTION, seperti kata Bob Sadino, bisnis yang bagus itu yg dimulai, bukan yg cuma ditanya2in terus, bukan cuma diomongin terus.


2. Punya Ide Bisnisnya, liat ke Marketplace, ngeliat ada ratusan barang yg lagi hot dan trending, kamu bisa menemukan ratusan bahkan ribuan ide bisnis

3. Mengubah Ide Bisnis menjadi Peluang Bisnis dengan
Indetifikasi masalah pelanggan
Apa pun yang kamu rasa ketika menggunakan suatu produk lalu bergumam "ini produk seandainya bisa gini nih, akan jauh lebih baik" nah ini aja bisa jadi peluang bisnis

Identifikasi seberapa besar target marketnya, siapa-siapa yang mampu dan mau (ada pelanggan yang mau dan mampu membayar)

Ada solusi yang tidak bisa ditolak oleh pelanggan, masalah itu muncul karena kompetitor tidak bisa menawarkan solusi untuk masalah tersebut.

4. Teknologi
Modal HP & Kuota, pelajari ngiklan, branding di online, manfaatkan sosial media, fb ads dan adword.

5. Product Knowledege
Tidak menguasai produk yang di jual, cuma asal jual.  Mau jualan suplemen lah misalnya, lah yang jualan suplemen udah ratusan ribu orang, nah tapi kalau dia sendiri gak tau kelebihan produknya itu apa aja dibandingkan kompetitor, ya gimana?, jadi penguasaan produk itu penting, biar kalau customer tanya ini itu, bisa jawab.


6. Jalur Distribusi, rencana mau dijual dimana aja 
offline/online/via telpon?, lalu flow jalurnya gimana, apakah ribet utk pengiriman dari supplier ke dia, lalu dari dia ke customer, apakah ada kendala faktor eksternal, misalnya dari pihak ekspedisi gak bisa kirim barang-barang tertentu jika lintas pulau, ya gimana mau lancar kalau customer mau beli barang tapi jalur distribusinya macet. Barang udah laku tapi belum ready.

7. Dipercaya Supplier dan Customer Base yang loyal
udah tau nanti kalau bikin bisnis ini, siapa yang akan mampu dan mau beli,, banyak pengusaha pemula yg belum punya customer tapi modal dia adalah dipercaya oleh Supplier, banyak supplier yang mau mempercayakan barangnya ke dia, ini aja modal yg sangat penting. Nah gimana caranya biar dapetin loyal Customer?, wah ini udah panjang banget dulu saya bahas, via personal branding, product branding, testimoni, after sales, dll.

8. Baru deh TEMPAT USAHA (ini baru butuh modal), tapi kalau nomor 1 s/d 7 aja belum dilakukan, terus langsung mulai ke nomor 8, ya menurut saya keliru yaa..

Semoga artikel ini bermanfaat
silahkan di share jika artikel ini bermanfaat
jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!


0 Response to "Modal Bisnis yang Paling Utama itu Bukan Duit"

Posting Komentar