Advertisment

Anda Terlalu Sering Memegang HP saat Bertemu Sahabat, Jangan Jangan Anda .....



Anda Terlalu Sering Memegang HP saat Bertemu Keluarga, Sahabat, Jangan Jangan Anda .....

Phubbing adalah istilah ketika anda sibuk main handphone / hp sehingga mengabaikan orang yang ada di hadapan anda. Kegiatan tersebut ternyata menimbulkan pola penyakit anti sosial. Hentikan perilaku phubbing jika kita sedang berhadapan dengan seseorang / sedang dalam acara pertemuan. 
Stop Phubbing merupakan kampanye anti phubbing yang sedang gencar dilakukan.

6 tahun silam pada bulan Mei 2012 para ahli bahasa, sosiolog, dan budayawan berkumpul di Sidney University membicarakan masalah ini dan Hasil pertemuan tersebut melahirkan satu kata baru dalam tata bahasa Inggris. Kata tersebut adalah phubbing. Phubbing adalah sebuah tindakan seseorang yang sibuk sendiri dengan gadget yang ada di tangannya, sehingga ia tidak perhatian lagi kepada orang yang berada di dekatnya atau lawan bicaranya.


PHUBBING = kependekan dari kata  PHONE dan SNUBB1NG diciptakan oleh Alex Haigh orang Australia. Dalam penelitiannya menemukan fakta yang mengganggu sesama dalam masyarakat dan keluarga saat bertemu.

Ternyata tahun 2019 ini Phubbing ini sudah menjadi fenomena yang sangat umum disekitar kita . Sampai saat ini Bahasa Indonesia belum memiliki kata serapan dari phubbing ini. Padahal kita sendiri sering melakukan kegiatan phubbing ini. Sebagai Contoh misal saat berbicara dengan petugas teller di bank, tangan kita sambil memegang gadget. Ketika menemani anak-anak mengerjakan tugas sekolah, setiap satu menit sekali kita melirik layar handphone melihat apakah ada notifikasi yang masuk. Pada momen makan berdua di restoran dengan istri yang terjadi sekarang hp sering kali menyela obrolan.

Untuk itu mari kita benahi diri sendiri. Tidak berarti kita berhenti mengunakan HP namun setidaknya kurangi phubbing. HORMATI ORANG-ORANG YANG ADA DISEKITAR ANDA, JANGAN SAMPAI ANDA DIKATAKAN TIDAK MEMPUNYAI SOPAN SANTUN OLEH ORANG DISEKITAR ANDA , JANGAN SAMPAI ANDA DIKATAKAN ANTI SOSIAL.


Jangan sampai hp yang kita beli dengan keringat hasil usaha sendiri justru memisahkan kita dengan teman, dengan sahabat, bahkan memisahkan kita dari saudara, orangtua, anak, suami atau istri

Semoga bermanfaat



Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

daftarkan email anda untuk berlangganan artikel dengan gratis !!!

0 Response to "Anda Terlalu Sering Memegang HP saat Bertemu Sahabat, Jangan Jangan Anda ....."

Posting Komentar