Apakah Ads Injection oleh Operator Telekomunikasi, melanggar UU ITE ?


Apakah Ads Injection oleh Operator Telekomunikasi, melanggar UU ITE ?

Apakah Ads Injection oleh Operator Telekomunikasi, melanggar UU Telekomunikasi dan/atau UU ITE? Dari pengalaman saya tidak serta merta perbuatan yang disebut pada setiap pasal tersebut dapat dikenakan hukuman khususnya Operator Telekomunikasi. Kenapa ? Karena Operator Telekomunikasi memiliki Hak memanipulasi trafik dengan menambahkan iklan (Ads Injection). 


Lho kenapa pula demikian? Coba dicermati lagi Perjanjian Kontrak Konsumen dan Provider tersebut yang ditandatangani dan bermaterai oleh kedua pihak, bahkan di cantumkan pada point pertama biasanya, yang berisi kurang lebih demikian bahwa pelanggan/konsumen Bersedia menerima informasi dari Telkom atau Authorized Partner melalui berbagai media termasuk telepon, sms, email dan internet ads / iklan internet. 

Nah, setiap kasus didalam persidangan, akan menguji unsur unsur yang terjadi dan sesuai pasal yang dikenakan tersebut. Jika Pak Onno Purbo sudah mengutip pasal pasal yang dinilai dilanggar Operator, maka disetiap pasal tersebut juga dengan jelas disebutkan bahwa yang dikenakan adalah yang memenuhi unsur tanpa hak atau tidak sah. Terus siapa dan perbuatan apa yang sebenarnya dapat dikenakan unsur tersebut? Ya otomatis orang orang yang memang bukan dari Provider yang tetap dimungkinkan melakukannya dengan teknik teknik hacking (tampering) dst. Jika konsumen atau pelanggan operator merasa tidak setuju dengan perjanjian tersebut, tentu saja masih ada pilihan operator atau Provider lain. Semoga semakin jelas dan tidak menambah keruwetan di media social.


Jika artikel ini bermanfaat silahkan share
jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!
jika anda ingin berlangganan artikel secara gratis ketik email di kolom kemudian submit !!!

0 Response to "Apakah Ads Injection oleh Operator Telekomunikasi, melanggar UU ITE ?"

Posting Komentar