Advertisment

Mendidik Anak Sesuai dengan Bakat


Mendidik Anak Sesuai dengan Bakat

Pernahkah Anda mendengar ada pembelajaran yang kadang disebut dengan kurus pernikahan ? Mendengarkan sharing dari pasangan-pasangan yang sudah menikah, tentang berbagai hal yang mungkin terjadi di dalam hidup penikahan. Termasuk di dalamnya, tentang bagaimana mengelola keuangan sebagai suami istri, mengasuh anak, dan lain sebagainya. Semua itu pelajaran yang berharga. Atau apakah Anda sudah pernah mengikutinya ?

 Namun, apakah itu langsung berdampak positif dalam pernikahan atau hanya sebatas tau dan kemudian lupa ? Megikuti kursus pernikahan, adalah proses meningkatkan pengetahuan. Demikian pula membaca berbagai macam buku, atau melihat video di Youtube. Namun pengetahuan saja akan sia-sia , tanpa Anda punya sikap untuk bersedia mempraktekkan apa yang Anda ketahui.


Keahlian hanya akan muncul setelah praktek puluhan, ratusan bahkan ribuan kali. Nah, Mengenali dan menumbuhkembangkan anak sesuai dengan bakatnya, adalah satu dari sekian banyak ilmu yang penting di dunia. Kenapa parenting penting dilakukan dengan mulai mengenali BAKAT (Talents) ?


Jawabannya sederhana saja, dan Anda boleh setuju, atau setuju sekali, Kalau kita tahu bakat anak-anak kita dan bakat kita sendiri, maka kita lebih mudah berkomunikasi dengan mereka. Kalau kita sudah tahu apa yang anak-anak kita bisa lakukan dengan baik, dan di bidang itu, mungkin saja dia menjadi yang terbaik di dunia, bukankah kita lebih mudah memimpin mereka di jalan yang benar, dan membuat perencanaan yang sesuai bagi mereka?


Kalau kita sudah membuat rencana kerja, bukankah soal keuangan yang harus disiapkan juga sudah lebih jelas, akan dikeluarkan untuk apa saja? Itupun jika memang perlu keluar uang, bisa juga mengejar jalur bakat dan prestasi untuk mendapat berbagai beasiswa.

Sekali lagi, saya tidak mengatakan bahwa setelah belajar tentang bagaimana mengenali bakat anak, maka ilmu-ilmu lain itu tidak penting. Justru setelah mengenali bakat anak anda, Anda bisa fokus mempelajari bagian dari berbagai ilmu itu yang sesuai dengan kebutuhan saja, sehingga hemat waktu, hemat biaya, dan hemat tenaga.

Kenali diri Anda, kenali anak Anda, kenali prosesnya, kemudian Praktek, Praktek, dan Praktek. Mentor saya, John C. Maxwell, yang mendapat predikat Leadership Guru nomor 1 di dunia, mengatakan, “Everything that’s worthwhile, is uphill”, yang kalau diterjemahkan, berarti, semua hal yang berharga di dunia ini perlu perjuangan untuk memperolehnya.


Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!
Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!
daftarkan email anda untuk berlangganan artikel dengan gratis !!!


0 Response to "Mendidik Anak Sesuai dengan Bakat"

Posting Komentar