Pergaulan Mempengaruhi Perkembangan Psikologi Anak


Pergaulan Mempengaruhi Perkembangan Psikologi Anak

Seandainya kita umpamakan anak kita saat ini atau suatu saat nanti ternyata memiliki sikap atau tingkah laku atau kebiasaan yang kurang cocok dengan kehidupan bermasyarakat. Saya ingin Anda mulai membayangkan satu gelas berisi kopi hitam, dan kita ingin menjadikan gelas ini berisi air yang jernih.

Kalau ini hanya kopi yang mau diganti air, kita bisa tuang semua kopinya sampai kosong, dan kita isi dengan air jernih. Namun karena ini adalah masalah psikologi anak, tidak semua hal bisa dikeluarkan sekaligus.

Kita bisa mengisi gelas berisi kopi dengan tetesan air jernih sedikit demi sedikit. Kita sebagai orang tua bisa mengisi dengan air jernih, namun kalau dari lingkungan ikut mengisi dengan tetesan kopi baru, maka selamanya gelas itu tidak akan bisa jernih.


Tetesan kopi di dunia ini tidak bisa dihindarkan, maka salah satu jalan untuk bisa membuat gelas ini suatu saat akkan jernih adalah dengan menjaga, agar debit tetesan air jernih, lebih besar dari tetesan air kopi. Semakin besar selisihnya, semakin cepat pula menjadi jernih.

Demikianlah saya menggambarkan peranan lingkungan bagi pertumbuhan yang baik bagi seorang anak, jika di sekolah A, teman-teman dan guru mengisi dengan tetesan air kopi, dan di sekolah B, mengisi dengan tetesan air jernih, maka tentu gelas tersebut akan lebih cepat jernih di sekolah B.

Sekali lagi, ada anak yang membutuhkan lingkungan dengan tetesan air kopi, dan ada anak yang membutuhkan lingkungan dengan tetesan air jernih. Bukan masalah sekolah yang bagus dan sekolah yang jelek, tetapi lingkungan mana yang lebih cocok untuk anak-anak kita.


Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!
Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!
daftarkan email anda untuk berlangganan artikel dengan gratis !!!


0 Response to "Pergaulan Mempengaruhi Perkembangan Psikologi Anak"

Posting Komentar