Apa itu UX dan UI istilah dalam Website Developer


Apa itu UX dan UI istilah dalam Website Developer?

Istilah UX (User Experience) dan UI (User Interface) sangat populer dikalangan website/developer.

Seorang UI bertanggungjawab untuk menata (layout) tampilan sebuah website/aplikasi mobile terlihat rapi, tampilan navigasi jelas dan tidak membingungkan, pemilihan grafik menarik, font (tulisan) nyaman untuk dilihat dan dibaca. Jadi UI fokus pada tampilan atau visual.

Seorang UX lebih lebih luas lagi penglihatannya dari UI, bertanggungjawab agar tampilan atau visual tersebut nyambung dengan sebuah sistem. Dengan begitu banyak orang betah berlama-lama di website Anda, atau banyak orang mengunduh aplikasi mobile anda dan tidak cepat-cepat uninstall, atau banyak orang yang makin banyak membeli produk anda.


Karena kadang tampilan yang bagus, tetapi pengguna/pengunjung bingung harus kemana atau tidak menemukan apa yang mereka mau. Atau saat sudah sampai pada tahap checkout, penggunjung membatalkan untuk membayar/membeli produk tersebut. Padahal tampilannya sudah keren, apa yang salah? Artinya pengunjung memutuskan membeli bukan hanya karena tampilan atau visual saja. Ada hal lain yang perlu dipikirkan. Inilah mengapa kita perlu seorang UX designer. Harus dianalisa hal-hal demikian dan ditemukan solusinya agar tidak berlarut-larut menjadi sebuah masalah. Seorang UX designer diharapkan menjadi Problem Solver.

Pekerjaan seorang UX designer mirip dengan pekerjaan seorang Sistem Analis dalam skala yang lebih kecil. Mereka harus memastikan setiap langkah yang terjadi dalam website/aplikasi berjalan sesuai dengan rencana. Sehingga mereka harus memahami betul bagaimana kebiasaan dan kebutuhan dari pengguna (user).

Apakah bahasa yang digunakan untuk merayu pelanggan sudah tepat, apakah ada tombol yang terlalu berlebihan sehingga pengunjung bingung, apakah warna tertentu membuat pengunjung teringat akan kenangan tertentu, apakah penggunaan gambar membuat pengunjung gagal fokus, apakah tampilan banner diskon cukup menarik pengunjung untuk dengan segera membeli sebuah produk dan lain sebagainya harus diperhatikan secara detail.


UX berbicara tentang sistem, kalau berbicara tentang sistem tentu melibatkan semua keahlian, semua pihak, tidak bisa bergantung pada 1 (satu) orang. Jadi seorang UX Designer pasti bertemu dengan banyak orang dari berbagai keahlian. Oleh karena itu, keahlian berkomunikasi dan berkordinasi juga sangat diperlukan sehingga bisa membuat semuanya menyatu atau terintegrasi.

Berminat untuk menjadi seorang UX Designer?

Berikut ada 30 Checklist untuk seorang UX Designer

emikian penjelasan dari saya semoga bermanfaat

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

Daftarkan email anda untuk berlangganan artikel dengan gratis !!!

2 Responses to "Apa itu UX dan UI istilah dalam Website Developer "