Cara Melacak Perubahan Registry Komputer


Cara Melacak Perubahan Registry Komputer

Registry di windows merupakan sebuah kumpulan basis data yang disusun secara hierarki yang didalamnya terdapat informasi catatan konfigurasi dari sebuah sistem windows, mulai dari konfigurasi perangkat keras, perangkat lunak, asosiasi ekstensi berkas dengan aplikasinya dan preferensi pengguna.

Biasanya kita sering menginstal aplikasi, dan terkadang bukan aplikasi yang sebenarnya kita inginkan bahkan justru malah vrus yang dijalankan. Nah bagaimana kita melihat perubahan registri sebelum maupun sesudah instal aplikasi? Caranya adalah dengan menggunkan aplikasi WhatChanged.

Aplikasi WhatChanged ini berfungsi membandingkan registry sebelum kemudian sesuadah instal aplikasi. WhatChanged bisa melacak dan mengetahui apa saja perubahan yang terjadi pada registry. Sebelumnya kita harus membuat SNAPSHOT dari registry kita saat itu pada STEP#1. Baru setelahnya kita bisa membandingkan apa perbedaannya menggunakan COMPARE di STEP#2.




Akan muncul daftar perubahan registry apa saja yang berhasil dideteksi. Jadi anda akan tahu apakah ada software berbahaya yang telah mengubah registry dan anda bisa memulihkan atau mengembalikan registry bila sudah terlanjur rusak. Cukup mudah bukan?

download Aplikasi WhatChanged 


Aplikasi ini juga cocok untuk kamu yang suka mengulik, mencari data serial number, mencari data SN di registry, atau juga kamu yang suka menganalisis perubahan ketika vrus menjangkiti komputer anda, sehingga anda tahu registry mana saja yang dirubah vrus.

Demikian penjelasan dari saya semoga bermanfaat

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

daftarkan email anda untuk berlangganan artikel dengan gratis !!!

0 Response to "Cara Melacak Perubahan Registry Komputer"

Posting Komentar