Advertisment

Gerakan 1001 Startup yang Sukses


Gerakan 1001 Startup yang Sukses

Saya share posting dari mba Farilyn sebagai refleksi saya pribadi dan mungkin bisa dipakai bahan refleksi rekan-rekan startup lain juga. Tidak ada maksud menyudutkan pihak tertentu sama sekali. Bahkan misalnya saya golput blame me for this...I don't care, tapi saya tetap akan selalu mendukung pemerintahan yang legal boleh cek background dan karya karya saya. Saya secara pribadi banyak tidak setuju dengan beberapa bagian dari tulisan mba Farilyn tersebut.




Tidak lama berselang setelah gerakan 1000 startup, saya sempat inisiasi 1001startup. Kebetulan namanya mirip, tp tidak ada maksud sama sekali menyaingi 1000 startup. Sama sekali. 1001 artinya banyak/tak terhingga / imajinatif seperti juga "1001 jalan menuju Roma" "1001 malam". Tujuannya apa: saya udah mentoring ratusan startup/hackathon waktu itu dengan berbagai posisi. Saya miris dengan output hasil 'karbitan' ini. Saya ingin nongkrong dengan mereka...duduk di tikar...bicara dari hati ke hati..tidak ada sungkan/batasan/intensi khusus. Berkolaborasi lebih jauh dengan mereka, diluar masa kompetisi/inkubator/penjurian, dsb. Karena emas pun di temukan di dalam batuan yang wujud luarnya buruk rupa. Banyak yg ikut tp kualitasnya ga atau belum mumpuni, terkesan dipaksakan berkompetisi, atau malah sengaja dipaksakan krn bbrp mmg tipikal bounty-hunter, tiap minggu daftar hackathon/inkubator ini itu. Ayolah akui saja kita semua tau siapa aja yg seperti itu. Panggung-panggung kompetisi/inkubator selalu ada nama mereka. Secara ide juga rata-rata masih mentah/kurang berani. Ada yng judulnya berani, lgs menang padahal eksekusinya ampun dah. Walaupun pasti ada juga yg bagus, niatnya tulus, dsb. Tp waktu itu saya keburu dimusihi oleh motor penggerak 1000 startup. Rekan yg berafiliasi dengan kami bahkan sempat di blacklist dari undangan narsum mereka. Sadis, apa salah kami. But its ok. no hard feeling, never did.

Mba Farilyn diatas juga, klo kita telusur di comment, bukan untuk menyudutkan pemerintah menurut saya (khususnya pak Jokowi, yg juga kebetulan capres), ataupun meminta bantuan/support lebih/berlebihan. Garis bawah dia menurut saya adalah: 

(1) jangan mempolitisasi suksesnya gerakan 1000 startup apalagi untuk kepentingan pilpres semata, 

(2) meng-kritisi positif pemerintah bahwa gerakan 1000 startup saja tidak serta merta membuat outputnya bagus/berhasil. 

Menurut cerita dia udah ngalamin macam macam di program2 1000 startup tsb. Bahkan lulus bbrp kali dengan 'nilai baik'. Tp toh banyak lulusan gerakan tersebut melempem. Kenapa? wajar banget sih menurut saya pribadi. Berkaca ke kontes nyanyi dan bakat di tv tv Indonesia yang udah berseri-seri, berkali-kali, bertahun-tahun, puluhan (ratusan) ribu orang pernah di audisi, tapi toh bisa kita lihat hari ini yang sukses jadi musisi/artis cuman segelintir. Sisanya entah kemana.




Ini sepertinya mmg sudah hukum alam. Konon kepompong kupu-kupu, harus berdiam-diri sampai dia mampu develop struktur tubuh yg kuat alami dan berusaha susah-payah kluar dari cangkang kepompong sempit itu untuk bisa menjadi kupu-kupu yang sehat dan indah. Semua ada waktunya semua ada proses natural yg harus dilewati. Klo tangan manusia membantu membuka paksa cangkang kepompong tsb biar kepupu cepat keluar, kupu-kupu tsb akan mati krn masih terlalu banyak lendir yang secara alamiah terdorong/terbuang saat berusaha keluar dari lubang cangkang yang sempit itu. Demikian juga menurut saya sebuah perusahaan / startup. Saya bahkan dulu sempat bercanda: ngapain ikut incubator klo kita sehat. Ibarat bayi, yang masuk inkubator itu yang ketika lahir dalam kondisi kurang sehat/prematur, butuh life support. Sementara banyak bayi lain yang dari mbrojol sampai dewasa ga pernah masuk incubator. Canda saya: startup yang masuk ke incubator itu startup yg sakit, yg mmg butuh bantuan hidup, sementara diluar masih banyak yang sehat. Mungkin itu pemikiran konyol saya saja. Mohon maaf klo ada yang tersinggung dengan canda saya.

Demikian penjelasan dari saya semoga bermanfaat

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

daftarkan email anda untuk berlangganan artikel dengan gratis !!!

0 Response to "Gerakan 1001 Startup yang Sukses"

Posting Komentar