Bingung Membeli Leptop apa Komputer PC ? Mungkin ini Jawabannya



Bingung Membeli Leptop apa Komputer PC ? Mungkin ini Jawabannya

Mungkin anda pernah mengalami kebingungan, saat anda memiliki dua pilihan dalam hidup, Tenang anda hanya butuh shalat istiqoroh... hehehe yang jelas sebelum anda memilih / memutuskan mana pilihan anda sebaiknya anda mengetahui kelebihan dan kekurangan masing masing dari hal yang akan anda pilih.

Biasanya anak kuliahan / mahasiswa dipusingkan oleh pilihan untuk membeli kelengkapan untuk kuliah terutama komputer. Beli leptop atau beli komputer pc ya?? pertannyaan itu sering terlontar dari teman teman mahasiwa kalian bukan? nah agar kalian bisa kasih jawaban berikut beberapa alasan yang bisa kamu berikan agar anda terlihat smart dan lebih pintar dari teman anda.

Kelebihan Komputer PC
1. Lebih Awet Dibandingkan Laptop
Mengapa pc dibilang lebih awet dibanding leptop karena biasanya Pemakaian PC bisa berjam jam bahkan seharian , sedang leptop paling banter dipakai hanya sampai lima sampai enam jam saja selebihnya itu anda akan merasa sayang kalau tidak di beri jeda istirahat, mengapa demikian? karena memang pemakaian PC cenderung diperuntukkan untuk pekerjaan sehari hari dengan rentan waktu kerja yang lama sedang leptop diperuntukkan untuk pekerjaan dengan rentang waktu yang relatif sedikit seperti presentasi, nongrong di cafe sambil internetan, yang waktunya relatif tidak terlalu lama.


2. Lebih Mudah Upgrade Hardware
PC memang cenderung lebih mudah diupgrate karena tinggal buka casing kemudian cabut pasang saja, misalnya menambah RAM anda tinggal buka casing kemudian tancapkan RAM pada slot ram sebelah ram yang sebelumnya cukup mudah sedangkan di leptop anda musti membuka casing bagian belakang yang biasanya di baut dan membukannya harus hati hati.

3. Sirkulasi Udara Lebih Luas
Pada PC biasanya terdapat kipas FAN yang lebih banyak dari pada di leptop jumlahnya pun bisa anda tambah sendiri sesuka hati anda asal masih ada tempatnya. Sedangkan leptop kipas pendinginnya ya cuma itu saja, tidak bisa di tambah hanya bisa anda bersihkan saja atau ganti jika rusak. itulah kelebihan pc, ruangannya pun luas sehingga lebih adem sedangkan leptop semakin slim maka ruangnaya semakin sempit , jadi lebih cepat panas.


4. Tidak Perlu Susah Payah Untuk Membersihkan Heatsink dari Debu
PC memang memiliki kelebihan diantaranya mudah untuk membersihkan perangkat hardwarenya dibandingkan dengan leptop karena posisi leptop yang tertutup casing membuat kita susah untuk membersihkannya sedang pada pc semua bisa kita bongkar dan kita bersihkan kemudian kita pasang kembali dengan mudah.


Kekurangan Komputer PC
1. Daya Listrik Terlalu Banyak
2. Mati Mendadak Jika Listrik Rumah Mati
3. Masih Membutuhkan Perangkat Tambahan Jika Digunakan Untuk Aktivitas Lain
4. Tidak Mudah dibawa-bawa karena bentuknya yang besar dan berat.


Baca Juga : Cara Membuat Hardisk Portable dengan Hardisk Leptop


Kelebihan Leptop
1. Mudah Dibawa
Nah alasan ini cocok untuk mahasiswa karena mahasiswa sifatnya yang suka berpergian, misal ke kos teman, konsultasi dengan dosen, nongkrong di kantin kampus, atau mengerjakan tugas di perpus, leptop adalah pilihan yang tepat karena mudah di bawa, sedang PC tidak mudah di bawa bawa karena bentuknya yang besar berat dan bagiannya terpisah pisah antara komputer pc, monitor, keyboard, mouse.


2. Memiliki Daya Lebih Kecil
Alasan ini juga sangat cocok untuk anak mahasiswa apalagi yang nge-kos karena biasanya kalau memasang pc pemilik kos akan mengenakan biaya listrik tambahan , sedang leptop biasanya dayanya lebih kecil dan bisa di cas di tempat lain selain di kos jadi tidak akan membuat listrik kos menjadi membengkak. Jika listrik mati masih bisa dinyalakan karena menggunakan batere.


3. Spesifikasi Perangkat Lebih Lengkap
Biasanya Leptop lebih lengkap di banding pc mengapa dibilang begitu karena biasanya di leptop sudah ada support untuk wifi / akses internet sedang di PC anda harus menambah sendiri dengan usb wifi misalnya. 


Kekurangan Leptop
1. Lebih Cepat Terasa Panas
2. Kinerjanya Kurang Maksimal Dibandingkan Komputer
3. Kemungkinan Mengupgrade Hardware Susah.
4. Biasanya tidak bisa /Tidak cocok untuk bermain Game yang memiliki graphic yang besar.

Kemudian Bagaimana Perbandingan Harganya???
Harga PC dengan Leptop memang berfariasi sesuai dengan spesifikasi dari masing masing perangkat. Anda bisa melihat daftar harga / perbandingan daftar harga antara pc dengan leptop di toko komputer terdekat , nanti minta aja brosurnya gitu, lihat dan bandingkan kalo buat beli PC dengan spec sekian harganya sekian, kalo leptop spec sekian harganya sekian, nah dari situ sesuaikan dengan bajet anda.


Lalu Belinya dimana????
Jika anda membeli Pc / Leptop pastikan anda membeli di toko komputer yang tepercaya biasanya sudah memiliki nama dan sering ikut di bazar komputer misal di JEC kalo jogja, oh iya rekomendasi untuk jogja saya ada beberapa toko yang mungkin anda bisa jadikan referensi sambangi untuk mencari harga leptop yang cocok disana diantaranya:
-ASC
-ANANDAM
-Alnec
-Computa
-El's
Maaf saya bukan di endors jadi saya tidak akan memberikan review atas toko toko tersebut , kalau dari toko tersebut ada pembaca setia kirim artikel bisa contact kalo mau endors yah hehehhe...

demikian semoga artikel ini bermanfaat.


Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

daftarkan email anda untuk berlangganan artikel dengan gratis !!!



0 Response to "Bingung Membeli Leptop apa Komputer PC ? Mungkin ini Jawabannya"

Posting Komentar