Mengatasi Masalah Printer Tiba-tiba ofline Saat akan Print


Mengatasi Masalah Printer Tiba-tiba ofline Saat akan Print

Disini saya hanya ingin sharing saja masalah yang sangat unik dan mungkin jarang ditemukan oleh teknisi komputer. Ya karena masalah yang biasa pasti sudah hal lumrah dan bisa diselesaikan dengan cara standart alias biasa.

Beda dengan masalah yang aneh, unik serta membutuhkan trobel shooting dalam memecahkan masalahnya. Mungkin bisa jadi anda bisa berubah menjadi megever alias orang yang memberikan solusi walau solusinya sedikit nyleneh.

ok saya menghadapi masalah yang cukup unik yaitu
# Printer Tiba-tiba ofline Saat akan Print

Biasanya kita melakukan test apakah print bisa berjalan dengan normal dengan test print yaitu ke Control Panel\All Control Panel Items\Devices and Printers kemudian klik kanan device printer yang akan kita cek klik printer properties lalu tekan tombol Print test Page.


Namun yang terjadi justru printer malah ofline.
ok suspect pertama printernya mungkin rusak , setelah ditukar dengan printer yang ok hasilnya tetap ofline (belum ketemu errornya dimana)

kedua, cara yang kedua kemungkinan kabel LPT (karena disini saya menggunakan kabel LPT1) untuk printer jenis EPSON TM U220 untuk kasir toko. ternyata setelah ganti kabel yang ok kondisi tetep ofline saat test print.(belum ketemu errornya dimana)

Nah terakhir suspect masalahnya ada pada port LPT yang ada di motherboard komputer / pc kasirnya.
Masalahnya on board lalu bagaimana solusinya??? Solusinya yaitu dengan menambahkan PCI LPT Card yah walaupun seri motherboardnya sepertinya kurang sesuai karena panjang kaki dari PCI Express Parallel LPT itu sedikit lebih pendek sedang slot di matherboardnya lebih panjang namun tetap saya coba dan ternyata bisa.


seperti apa PCI Express Parallel LPT itu?

PCI Express Parallel LPT DB25 25pin Printer Adapter PCIE PCI-E Paralel. Kartu addon untuk menambah slot parallel pada desktop, yang umumnya slot parallel digunakan untuk printer

Spesifikasi :
  • Support Standard Parallel Port (SPP),
  • Enhanced Parallel Port (EPP) & Enhanced CapabilityPort (ECP)
  • Data transfer rate support up to 1.5MB/Sec. (Parallel Port)
  • 1-Lane(x1)PCI-Express with transfer rate 2.5Gb/s Full Duplex channel
  • Compliant whit PCI-Express Revision 1.0a
  • Fully Plug & Play compatible
  • Compatible with Standard 16C550 UART with 16-Byte Transmit-Receive FIFO
  • Fast Data Rates up to 1-MBytes
  • Support Plug and Play SPP, PS2, EPP, ECP Compatible IEEE 1284 Printer Port
  • Fast Data Rates up to 1.5-MByte

Dibukalapak dan tokopedia  PCI Express Parallel LPT Card tersebut dijual dengan harga sekitar 120ribuan lumayan mahal untuk kantong anak kuliahan hehehe.

Nah seperti itulah bentuknya pasangkan ke Slot PCI express kemudian instal drivernya. download driver PCI Express Parallel LPT Card disini.

Instal kemudian cek apakah print sudah bisa digunakan, berdasar pengalaman saya ternyata, bergantinya status saat melakukan perintah print dari online ke ofline itu berari Port LPT pada motherboard kita sudah rusak itu saya buktikan dengan melakukan instal ulang komputer kemudian instal driver tetap gagal, saya hapus driver LPT1 nya kemudian saya update driver lagi dan samakan dengan port yang dipakai dalam prnter tetap gagal berarti ya memang Port LPT pada motherboard kita sudah rusak. 

Demikian artikel dan pengalaman saya ini , Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

daftarkan email anda untuk berlangganan artikel dengan gratis !!!

0 Response to "Mengatasi Masalah Printer Tiba-tiba ofline Saat akan Print"

Posting Komentar