Advertisment

Penting Gak Sih Backup Data ?


Backup Data, Penting Ga Sih?
#backup #onlineStorage #hardisk #hardiskEksternal #flashdisk #GDrive #GoogleDrive


Dalam dunia komputer yang namanya data tentu adalah sebuah hal yang penting karena saking pentingnya kita pasti berusaha agar data tersebut aman, tidak hilang, tidak rusak maupun bisa kita gunakan saat kita butuhkan.

Didalam dunia pekerjaan sebagai teknisi misalnya backup dat sebelum melakukan tindakan atau merubah settingan tentu suatu hal yang penting karena jika kita asal dalam merubah , mengedit data kemudian kita tidak bisa mengembalikan ke keadaan semula pasti akan jadi masalah baru untuk kita.

backup data yaitu sebuah proses membuat data cadangan dengan cara menyalin /copy atau membuat arsip data cadangan sehingga data tersebut dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau kehilangan pada data aslinya.

Baca Juga: Cara Mengatasi BOOTMGR Missing Windows7

Media yang digunakan untuk menyimpan data tentu banyak mulai dari
- Hardisk
- Hardisk eksternal
- Flashdisk
- Maupun Online Storage seperti Dropbox, OneDrive, Google Drive,Cloud

Namun patut anda perhatikan adalah sisi keamanan data yang anda simpan. Jangan sampai data yang anda miliki apalagi itu data rahasia perusahaan malah anda upload ke penyedia online storage dimana disana anda lupa tidak melakukan proteksi baik menggunakan password maupun proteksi akses hanya untuk pribadi saja.

kesalahan dalam hal ini pernah terjadi dimana salah satu agen tiket pernah dengan tidak sengaja menyimpan username password di google drive dampaknya ketika ada oknum saya disini menyebut oknum bukan heker yah... ada oknum yang iseng kemudian login ke website tiket tersebut sebagai administrator maka ia pun bisa dengan leluasa memesan tiket kemudian memferifikasi pembayaran , mengganti harga tiket dengan semaunya sendiri. Siapa yang dirugikan?? tentu saja pemilik / perusahaan tiket tersebut bukan. Jadi sekali lagi disini perlunya pemahaman bagaimana mengamankan data tidak hanya membackup data saja.

Sebenarnya apa saja sih ancaman terhadap data komputer itu???
- Virus , virus dapat merusak data misal virus ransomeware yang mengenkripsi data korbannya.
- File Corrupted / Kerusakan File sehingga file tidak bisa dibuka atau digunakan.
- Data tidak Sengaja Terhapus, hilang dan tidak muncul saat di coba di recovery data.
- Kerusakan dari hardware seperti Hardisk Mati total , Hardisk tidak bisa terbaca lagi, Hardisk rusak
- Data Hilang akibat Pencurian

Saya ingin bercerita terkait "Data Hilang akibat Pencurian" yang dimaksud disini bukan pencurian data semacam h4cking namun memang bener-bener kena maling misalnya laptop anak kuliah udah masuk skripsi karena udah 8 tahun kuliah ga kelar kelar. Dia berangkat kuliah sementara leptopnya ditinggal di kos'an tiba tiba saat anak kuliah tersebut pulang mendapati kos nya sudah berantakan dan ternyata leptopnya hilang padahal di dalam leptop tersebut ada data skripsi beserta dokumen siap cetak untuk skripsi dia. Dia pusing 7 keliling karena dia tidak punya backup data dari skripsi tersebut padahal ia sudah masuk di bab 4 dan tinggal beberapa kali bimbingan saja. sangat disayangkan bukan? Dia mungkin tidak terlalu seberapa sakitnya kehilangan leptopnya tap lebih menyakitkan data yang tersimpan di dalamnya yaitu data skripsinya itu yang menentukan masa depan dia juga hilang.


Tips Agar data komputer Aman :
- Copy dan Paste File anda di flashdisk sebagai cadangan 
- Backup dengan aplikasi packer seperti WINZIP atau WINRAR dan lindungi dengan password
- Simpan file yang sudah di ZIP tersebut di flashdisk
- Upload File berpassword tersebut ke online storage (jangan sampai lupa passwordnya)


Bagaimana pendapat anda? Penting Gak Sih Backup Data ?
Tulis di kolom komentar ya... kalau penting alasannya apa? kalo ga penting juga tulis saja alasannya apa.

Demikian semoga artikel ini bermanfaat

Wassalammualaikum,wr,wb


admin







0 Response to "Penting Gak Sih Backup Data ?"

Posting Komentar