Advertisment

Ping Bisa Tapi Tidak Bisa Mengakses Share Folder



Ping Bisa Tapi Tidak Bisa Mengakses Share Folder

Entah ada angin apa tiba tiba komputer di kantor saya menemukan masalah yang menurut saya unik. Mungkin ini jarang terjadi atau jarang ditemui oleh teknisi it biasanya. yaitu Ping Bisa Tapi Tidak Bisa Mengakses Share Folder namun hanya ip tertentu saja. sedang ip yang lain ok ok saja.

saya runut satu satu dari mana proses kejadiannya mulai dari
1. Menginstal ulang PC Client (belum solved)
2. Mengganti switch hub (belum solved)
3. Hingga merunut masalah di server (belum solved) tidak berani instal ulang karena urgent harus dipakai standby online terus sementara untuk pemindahan data ke komputer lain belum memungkinkan karena spec komputer lain kurang sesuai / bukan komputer utk server atau hanya pc biasa takut tidak kuat.


setelah saya cari cari di internet masalah ini memang pernah ditemui oleh sesama teknisi it
di forum kaskus threat tahun 2014 hingga closed thread tahun 2018 berarti 4 tahun threat itu masih ada saja yang berkomentar sampai di tutup pembahasannya.

isi pertanyaannya mirip mirip masalah yang saya hadapi.


Dari jawaban pertanyaan tersebut memang rata rata memberikan runutan /urutan proses sharing folder biasanya, namun sebenarnya bukan disitu masalahnya.

Hal hal yang biasa dilakukan untuk sharing folder ya biasanya
1. klik kanan folder yang akan di share kemudian pindah bagian tab sharing isikan everyone read/write kemudian ok


2. Matikan Firewall
3. Menuju ke bagian Control Panel\Network and Internet\Network and Sharing Center\Advanced sharing settings
kemudian pilih optiom

- Enable file sharing for device that use 40 or 56 bit encription
- turn off password protected sharing

Semua hal diatas sudah dilakukan standart sharing folder yang biasanya masalahnya :

ketika server mengakses client dengan alamat ip misal 192.168.1.12 itu malah mental mbalik ke server lagi, jadi yang tampil di windows folder sharing adalah folder yang di share milik server sendiri. kan aneh? padahal di path atau alamat bagian atas jelas kita mengakses atau menuju ke
\\192.168.1.12

kasus ini cukup aneh karena jarang terjadi, kemudian saya ada ide mungkin di ganti ip bisa. yang benar saja di ganti ip menjadi misal \\192.168.1.19 kemudian di akses dari server lagi dan tralalala bisa... namun yang menjadi keganjalan nomor ip menjadi tidak urut dan itu sedikit mengganggu kenyamanan saya.

mikir kira kira apa lagi ya??? semua yang disarankan di forum kaskus sudah saya jalankan mulai dari mengaktifkan SMB1 dengan membuat regedit di
HKLM\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\LanmanServer\Parametes kemudian membuat DWORD baru bernama SMB1 dengan nilai 1 sudah saya lakukan namun belum juga berhasil.

Baca Juga : Cara Meremote Komputer Orang dari Internet

Sampai mengecek service di komputer server dengan run - services.msc cek servicenya berkaitan dengan network dan LAN, semua sudah saya automatic dan running.  Workstation -running

Sampai saya menemukan cara yang sepertinya tidak terlalu beresiko namun bisa mengatasi masalah tersebut yaitu menukar posisi kabel pada Adapter setting komputer server saya
pertama

NIC1 Unidentified network ---->.untuk LAN
NIC2 Network 3 ---->untuk Internet

saya tukar menjadi

NIC1 Network 3 ---->untuk Internet
NIC2 Unidentified network ---->.untuk LAN

masing masing setting TCP-IPv4 nya di tukar satu sama lainnya kemudian posisi kabelnya juga ditukar, intinya menukar port adapter aja sih...

Sebenarnya anda bisa saja uninstal adapter namun jika anda takut dengan resikonya (ngeles ini padahal saya sendiri juga takut, takut nanti ga bisa connect / instalnya lagi wkwkwkw)
anda bisa dengan cara diatas namun jika anda berani ya uninstal aja caranya :

Klik Device Manager, klik pada Network Adapter, klik pada adapter yang terinstal, klik kanan lalu pilih Uninstall. Network Adapter telah di uninstall, langkah selanjutnya masih pada halaman device manager, klik pda tombol Scan Hardware Changes tunggu instalasi akan dilakukan otomatis.

Jadi kesimpulannya mungkin ada kerusakan pada bagian Network adapter dari PC server. jadi anda harus menukarnya atau menginstal ulang network adapeter tersebut. Padahal saya sebelumnya sudah takut , takut siapa tahu kena v1rus Conflicker, virus yang bisa block ip, mengacaukan ip membuat jaringan LAN menjadi conflict tapi ternyata alhamdulilah bisa teratasi.

Sekian dulu curhatan saya, semoga ada manfaatnya, bagi yang mencari 
Ping Bisa Tapi Tidak Bisa Mengakses Share Folder
Solusi tidak bisa akses share folder
Akses share folder malah mental ke pc sendiri
Cara sharing folder komputer di LAN

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

daftarkan email anda untuk berlangganan artikel dengan gratis !!!

0 Response to "Ping Bisa Tapi Tidak Bisa Mengakses Share Folder"

Posting Komentar