Advertisment

Antara Bisnis Dan Pengkhianatan



Antara Bisnis Dan Pengkhianatan

Kalau memilih berbisnis, cepat atau lambat anda harus siap ditipu, ditelikung dan dikhianati. Mau itu oleh orang yang tidak anda kenal, sampai orang yang sudah anda anggap saudara sendiri. Karena "duit iku legi", kata orang Jawa. Uang itu manis.

Saat itu terjadi ya sudah, dijalani saja. Kalau bisa ya perjuangkan hak anda. Atau kalau anda sudah terlalu muak ya suruh saja dia ambil semua. Sekalian.

Allah mboten sare.

Allah tidak tidur.
Baca Juga: 10 Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar

Jatah rejeki anda tidak akan berkurang hanya karena anda dikhianati rekan sendiri.

Doa orang yang terzhalimi itu mustajab.

Tapi bagi saya kok eman kalau cuma doakan jelek, secara hitungan itu rugi. Mending berdoa agar kelak bagaimanapun baiknya kondisi dia yang menzhalimi anda, tetap Allah jadikan kondisi anda jauh lebih baik. Jadi anda selalu unggul.

Anda butuh ketenangan pikiran yang seperti itu, karena saat baru dikhianati awalnya hati akan terasa sangat pedih, tapi biasanya "time will heal", alias lama-lama bisa sembuh sendiri. Hati sudah lapang saat bertemu kembali.

Namun bagi saya, meski kelak hubungan membaik, saya tidak akan pernah sudi menjalin kerjasama yang kedua kalinya meski mendapat tawaran bagaimanapun. Kesalahannya bisa dimaafkan tapi jangan dilupakan. You are forgiven but not forgotten, kata pepatah barat.

Bagaimana kalau tawarannya berprospek besar?

Tetap saja, tolak.

Jatah rejeki anda kan tidak bakal bertambah meski anda bekerja sama dengan orang yang pernah mengkhianati. Jadi buat apa?

Kata bung Hatta, "Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur sulit diperbaiki."

Jangan sampai terperosok dua kali ke lubang yang sama. Oleh pelaku yang sama. Dikerjain dua kali.

Jadi kalau bisa anggap enteng sajalah. Meski itu susah.


Mungkin memang jalan kalian berbeda. Masing-masing punya rute jelajah sendiri selama hidup di dunia, untuk kelak insyaAllah kalian sama-sama masuk surga, dengan dia memandang tempatmu sebagaimana orang memandang bintang yang bercahaya di angkasa.

Tetap sehat.

Tetap semangat.

Demikian artikel ini , Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

daftarkan email anda untuk berlangganan artikel dengan gratis !!!

0 Response to "Antara Bisnis Dan Pengkhianatan "

Posting Komentar