Advertisment

Apakah Otak Bawah Sadar Anda Terformat Servo Hutang?


Apakah Otak Bawah Sadar Anda Terformat Servo Hutang?

Seminggu terakhir ini saya menghitung ada setidaknya 8 orang yang datang ke saya untuk meminjam uang.  Tujuannya pun berbeda, ada yang untuk makan, ada yang untuk bayar sekolah anaknya, ada yang untuk bayar cicilan motor yang nunggak, dsb. Apakah saya meminjami mereka? Tidak..!  Namun, dari 8 orang tersebut cuma satu orang saja yang saya pinjami. Dia adalah penjual roti yang kehabisan modal. 

Mengapa yang lainnya tidak saya pinjami? Sudah jelas karena tujuan mereka pinjam uang hanya untuk KONSUMTIF bukan untuk hal yang produktif. Seseorang yang minjam uang untuk hal yang konsumtif akan berpotensi minjam uang kembali kedepannya jika mereka mengalami keadaan yang kepepet. 


Kok bisa? Karena mereka sudah menjadikan hutang sebagai servo (program otomatis bawah sadar ) dalam perihal keuangannya. Servo hutang ini terbentuk tak lain dari kebiasaan hidupnya yang saat uang habis atau kepepet butuh uang mereka selalu mengupayakan hutang sebagai solusinya. Atau berlaku Rumus :
BUTUH UANG = HUTANG 


Orang yang sudah memiliki servo hutang untuk hal yang KONSUMTIF menurut saya ini adalah penyakit finansial. Penyakit ini akan selalu mengganggu yang menjadikan keuangannya gak pernah beres. 

Bagaimana mengetahui apakah kita punya servo hutang atau tidak? 

Gampang,amati saja saat kepepet butuh uang apa yang pertama kali terbesit di kepala anda? Jika  hutang yang pertama kali terbesit saat itu ya berarti anda memiliki servo hutang. Orang yang memiliki servo hutang atau menjadikan hutang sebagai solusi keuangannya maka dia akan berada pada lingkaran hutang yang tak pernah henti. 


Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

daftarkan email anda untuk berlangganan artikel dengan gratis !!!

0 Response to "Apakah Otak Bawah Sadar Anda Terformat Servo Hutang?"

Posting Komentar