Advertisment

11 Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu



11 Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu



Saat anda memiliki uang anda pasti akan membeli motor baru namun terkadang kita tidak punya cukup uang untuk membeli motor baru, pengen kredit takut riba, atau tidak mau jatah bulanan berkurang untuk cicil motor. Akhirnya solusinya adalah memakai uang seadanya untuk membeli motor bekas atau seken. Ya hidup selalu ada pilihan, tidak perlu merasa minder atau gengsi membeli motor seken toh yang penting fungsinya untuk sarana transportasi, bukan untuk pamer , riya untuk di bangga banggakan di depan teman teman, untuk apa seperti itu hanya akan menambah dosa saja. Nah berikut 11 Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu.

1. Pilih Tipe Motor yang Akan Dibeli


Sebelum membeli motor bekas atau seken pastikan anda memilih tipe motornya terlebih dahulu ada beberapa pilihan misalnya matic atau gigi? bebek atau kopling untuk laki, trus 2tak atu 4 tak. semua pilihan tersebut terserah anda karena memang itu sesuai kesenangan atau kesukaan anda. Namun yang perlu diperhatikan adalah kelebihan kelebihannya misalnya 2 tak atau 4 tak , kebanyakan akan memilih 4 tak karena alasan irit. Nah kalo soal bebek atau matic ini tergantung kalo cewek kebayakan pasti pilih matic tapi tidak menutup kemungkinan cowok pun suka matik alasannya macam macam, praktis, pengertian sama kaum hawa kan nanti bisa dipinjamkan pacar, dan lain lain. Sesuaikan juga dengan bajet atau dana yang anda miliki, sisakan spare dana untuk perbaikan karena sudah pasti beli motor seken atau bekas itu pasti yang pertama masuk bengkel terlebih dahulu baru nanti ketahuan apa saja yang sekiranya rusak atau harus ada pergantian sparepard.



2. Memilih Penjual yang Benar ,Cari informasi dari tempat yang kredible

Jika anda membeli secara online pastikan penjual adalah penjual yang kredibel artinya memang penjual yang bisa di percaya, jangan melakukan transaksi sebelum anda melihat dan mencoba motor yang dijual tersebut. Biasanya tempat penjul yang kredibel adalah showroom motor namun tidak menutup kemungkinan personal pun bisa anda percayai asal transaksi secara COD dan dilakukan di tempat yang ramai atau aman.

3. Ketahui Harga Pasaran Motor

Agar anda tidak ditipu harga , anda wajib mengetahui harga pasaran dari jenis motor yang anda beli. Jangan sampai anda menyesal karena ternyata harga pasaran justru lebih murah dan anda ternyata dapat harga yang lumayan mahal. Jadi jangan terburu buru membeli pastikan dulu harga pasaran dari motor seken yang akan anda beli. survei dari website jualan online maupun survei ke deler motor seken.

4. Periksa Secara Teliti Kelengkapan Surat Kendaraan

Hal yang sangat penting namun banyak yang meremehkan adalah cek kelengkapan surat, lihat apakah BPKB nya ada STNK nya anda dan benar. Lihat Juga tanggal pajak motornya jangan sampai anda membeli motor yang pajaknya sudah mati, nanti hanya akan menambah pengeluaran lagi untuk membayar denda atas keterlambatan membayar pajak kendaraan.

Baca Juga : Tips Merawat Motor Tua Agar Tidak Sering Mogok

5. Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin

Ini menjadi hal yang penting juga, jangan sampai anda membeli motor bodong alias motor yang no rangkanya saja sudah rusak entah sengaja dirusak atau tidak sengaja yag oasti anda harus cek nomor rangka dan mesin sesuai yang tertulis di STNK. jangan sampai anda lupa cek nomor rangka dan mesin ini karena ini hal yang sangat penting.


6. Cek Keadaan Bodi Motor

Body menjadi penting untuk dilakukan pengecekan karena kadang membeli motor seken itu bisa dapat yang boynya masih mulus, baut baut masih kencang dan lengkap, body lengkap dan orisinil namun ada kalanya dapat yang bodynya baret, kusam, sudah banyak yang pecah ,bautnya pada ilang atau tidak lengkap, ini menjadi poin tambahan saat akan membeli motor seken jangan sampai anda terlalu banyak pengeluran hanya untuk membeli sparepard body motor.

7. Lakukan Pengecekan pada Oli ,Lihat Apakah Ada Kebocoran

Motor yang bagus adalah motor yang di servis rutin tiap bulan saat akan membeli motor bekas, anda boleh saja cek olinya lihat apa olinya baru diganti masih warna baru bening atau malah sudah warna hitam karena terlalu lama tidak diganti? pastikan juga tidak ada kebocoran oli pada block mesin.


8. Cek Fungsi Speedometer/Panel Indikator

Hal yang penting lagi adalah cek fungsi spedometer dan panel panel indikator, termasuk tes klakson lampu depan lampu belakang dan sein. Ini masuk bagian cek kelistrikan apakah masih normal semua atau ada yang mati. Pastikan Sistem Kelistrikan Normal.


Baca Juga : Solusi Honda Beat Mogok Starter Tidak Nyala

9. Hidupkan Mesin, Cek kondisi mesin motor, jalankan / test drive , Rasakan Perpindahan Transmisinya

Hal yang sangat penting saat membeli motor adalah anda harus tes drive atau mencobanya, jangan sampai anda hanya mencoba ditempat tanpa mencoba dijalankan, karena kita sedang beli motor bukan beli kucing dalam karung. Pastikan motor mesinnya halus, kemudian perpindahan transmisinya juga normal, lalu cobalah ngebut agar anda tau seberapa kencang motor bisa jalan, jangan lupa lihat saat pengereman, rem kondisi masih bagus pakem atau sudah berdencit alias bunyi2, jika sudah berdencit itu tandanya rem kampas habis, nanti akan kena biaya lagi saat servis, biaya pergantian kampas rem. pastikan motor tidak macet macet, baik saat berhenti maupun saat berjalan.

10. Periksa Apakah Motor Pernah Mengalami Kecelakaan 

Ini agak agak Susah mengetahui apakah motor pernah mengalami kecelakaan atau tidak ciri cirinya adalah posisi stang masih center dan tidak biring. Coba anda lepas stang dengan kecepatan pelan saja apakah motor bisa jalan lurus ataukah motor agak agak miring, tips ini memang rada beresiko tapi ya memang bagaimana cara mengetahuinya kalau tidak anda coba sendiri rasakan stangnya apakah normal atau pernah jatuh.


11. Bertanya pada ahli
Terkhir, sebaiknya saat membeli anda membawa teman yang tau motor atau paling tidak membawa montir atau tukang servis motor sekalian biar anda dapat saran atau bertanya langsung ke akhlinya. Agar anda tidak salah , katana bagus ternyata saat masuk bengkel ZONK kan jadi tombok banyak , alias rugi banyak. jadi bertanyalah pada ahlinya ahli , intinya inti dan core of the core.


Demikian sedikit tulisan mengenai 11 Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!

0 Response to "11 Tips Membeli Motor Bekas Agar Tidak Tertipu"

Posting Komentar