Advertisment

14 Barang yang Wajib Dibawa Saat Touring


14 Barang yang Wajib Dibawa Saat Touring

Hai motomania, motor mania, saya ingin berbagi tips untuk dunia motor kali ini tipsnya mengenai barang apa yang wajib dibawa saat touring, jika kalian ga setuju boleh komen di kolom komentar atau menambahkan barang apa yang seharusnya dibawa komen aja nanti bisa jadi masukan buat kita semua. ok gays lanjut saja.14 Barang yang Wajib Dibawa Saat Touring adalah....


1. Alat Tambal Ban / Flat Tire Repair Kit



Skip aja alat ini kalo tujuan touring anda adalah kota kota besar yang notabene pasti sering menemui tukang tambal ban di pinggir jalan. namun jika touring anda adalah daerah yang spi alias masih hutan belantara maka anda wajib nih membawa alat tambal ban ini. Saya sarankan bagi anda untuk menggunakan ban tubles saja karena jika anda tidak sengaja melindas benda tajam misalnya paku maka ban tubles tidak akan langsung bocor, namun akan mulai kempes saat paku tersebut dicabut. Apabila kamu menggunakan ban biasa, paku bisa langsung merobek hingga ban bagian dalam dan menyebabkan kebocoran. Struktur ban tubeless yang kokoh dan solid membuat ban tubeless tidak akan langsung bocor begitu terkena benda tajam, anda memiliki waktu yang cukup untuk mencari tukang tambal ban setelah mengetahui ban anda terkena paku. Namun itu semua terserah anda suka ban biasa atau pakai ban tubless itu terserah anda saja.

2. Lampu motor Cadangan ,senter , korek api



Terlihat sepele namun sebenarnya sangat penting , anda harus sediakan lampu motor depan cadangan ketika anda  touring malam hari karena jika lampu tiba-tiba mati atau putus akan sangat berbahaya jika anda tidak menggunakan lampu. jangan lupa bawa senter dan korek api karena biasanya alat alat ini sangat bermanfaat sekali untuk penerangan.


3. Sekring motor


Ya namanya juga sparepart motor pasti ada kalanya putus , jadi anda juga perlu membawa sekring motor sebagai cadangan kalo sewaktu waktu sekring motor putus.

4. Busi baru untuk cadangan



Nah ini nih hal yang sangat penting dibawa juga saat turing. Apalagi kondisi motor sudah tua alias uzur biasanya busi akan cepat hitam dan ngupil alias banyak kotorannya. Jadi membawa busi cadangan itu penting. kalo busi mati dan tidak ada percikan api saat dinyalakan maka harus ganti busi baru. kondisi seperti ini yang susah kalo lagi sendiri di tempat dimana tidak ada bengkel motor kan bisa berabe..

Baca Juga : Solusi Honda Beat Mogok Starter Tidak Nyala


5. aki / batray cadangan


memang semua hal yang berkaitan dengan motor tidak perlu kita bawa semua asalkan sebelum touring anda servis dan cek motor terlebih dahulu. aki motor pastikan full dan bisa digunakan dengan baik jika tidak anda harus membawa aki cadangan jika sewaktu waktu aki motor anda tekor.


6. Kunci-kunci standar / tool kit

Kunci-kunci standar sangat penting untuk mempermudah mengatasi kejadian-kejadian tidak terduga misalnya motor macet harus buka busi, mengganti busi ,baut ada yang kendor, mengganti lampu dan sekring. Anda bisa mengatasi masalah tersebut sendirian tanpa perlu bantuan dari bengkel.


7. Jas Hujan




Kondisi cuaca di indonesia memang tidak bisa diprediksi kadang panas dan kadang hujan, jadi hukumnya wajib untuk anda membawa jas hujan jika anda mengabikan hal ini sudah bisa dipastikan anda mengorbankan kesehatan anda.

8. P3K Survival Kit


Kayak Dokter aja bawa p3k ya elah ini penting banget membawa P3K. Karena Kesialan bisa saja terjadi bagi siapa saja, kita udah hati hati eh orang lain nabrak kita. Kotak berisi obat-obatan dan P3K akan sangat berguna untuk perjalanan anda. Selain digunakan untuk diri sendiri tentu saja bisa digunakan untuk menolong orang lain yang mendapat kecelakaan yang kita temui di perjalanan.

9. Cable Ties


Cable ties ini berguna untuk mengikat sesuatu jika memang dalam kondisi darurat.contoh saja kabel ties ini berguna untuk mengikat plat nomor darurat saat baut plat nomor hilang dalam perjalanan.

Baca Juga : Tips Merawat Motor Tua agar tidak Suka Mogok

10. Power Bank


anda memiliki smartphone dengan konsumsi daya batre yang boros Dengan kapasitas daya yang besar, power bank siap menjamin smartphone selalu memiliki daya yang cukup untuk digunakan di kala perjalanan Pastinya, dengan alat ini tidak akan mengalami kesulitan untuk berkomunikasi saat mengikuti touring motor.

11. Pisau Lipat Multifungsi


Pisau lipat multifungsi adalah peralatan yang wajib anda bawa saat touring motor.  pisau lipat ini bukan hanya untuk kebutuhan motor saja, tetapi juga bisa untuk hal hal lain asal tidak digunakan untuk kejahatan saja. Pastikan pisau lipat dalam kondisi masih tajam.


12. Gps / Peta

 Alat Ini penting apalagi buat anda yang tidak hapal jalan , tidak hapal arah, boro boro nama jalan , arah jalan aja bingung apalagi nama jalan. Nah GPS atau Peta itu penting sekarang kalau mau buka GPS kan mudah tinggal buka aja Google Map di HP android anda , sudah tu ketik lokasi asal ketik lokasi tujuan kemudian ikuti petunjuk yang diberikan oleh google map, sampai deh.

13. Minuman 






Membawa minuman sudah menjadi kewajiban saat touring atau perjalanan jauh karena air adalah bagian dari kehidupan. dehidrasi atau kekuarangan cairan dalam tubuh bisa berbahaya apalagi saat anda berkendara, bisa jadi mengganggu konsentrasi berkendara anda. Jadi pastikan anda membawa bekal air minum ataupun makanan yang cukup saat perjalanan anda.




14. Uang Tunai

Jelas kalo ini wajib banget bawa karena kalo ga punya duit nanti mau makan juga susah kalo ga bisa bayar makanan. Kalo habis bensin ga bawa uang juga ga bisa beli bensin, masak iya utang ninggal ktp kan ga lucu juga, dah ini benda penting bgt kalo kamu turing ga bawa uang sepeserpun mending touringnya jalan kaki aja, NGGEMBEL hehehe just kidding...

Demikian sedikit tulisan mengenai 14 Barang yang Wajib Dibawa Saat Touring

Jika artikel ini bermanfaat silahkan di share !!!

Jika ada kritik dan saran silahkan tulis di kolom komentar !!!




0 Response to "14 Barang yang Wajib Dibawa Saat Touring"

Posting Komentar